Peluang Usaha Pertanian dengan Laba Menggiurkan

Usaha pertanian saat ini menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup diminati banyak orang mengingat tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya. Tidak hanya di pedesaan saja, kini petani modern sudah banyak ditemukan di kota-kota besar.

Zaman sekarang, syarat bertani tidak membutuhkan lahan yang besar. Karena pada prakteknya sudah banyak inovasi teknologi yang diterapkan pada bidang pertanian. Hanya dengan luas tanah beberapa meter saja, Anda sudah bisa menjadi petani pemula. 

Jika dulu pertanian selalu identik dengan tempat yang panas, kotor, dan bau, namun kini usaha di bidang pertanian sudah banyak mengalami perubahan. Sebuat saja istilah hortikultura, terrarium, hidroponik, adalah contoh metode pertanian modern yang praktis dan tidak membutuhkan lahan banyak. 

Banyak alasan yang membuat seseorang akhirnya mengelola usaha yang berkaitan dengan pertanian. Selain tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, Anda sebagai pengelola bisnis juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan. 

Hasil dari usaha bidang pertanian adalah kebutuhan pangan yang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia. Keadaan ini yang sebenarnya perlu dimanfaatkan untuk mengelola pertanian secara modern. Sehingga menghasilkan peluang usaha yang berkelanjutan dan begitu luar biasa prospek keberhasilannya.

Tidak sedikit orang yang menjadikan usaha pertanian adalah salah satu pekerjaan sampingan yang bisa menambah penghasilan. Namun, banyak juga yang akhirnya memutuskan untuk menjadikan pertanian sebagai pekerjaan utama. 

5 Hal Sederhana yang Dapat Dilakukan Usaha Kecil Anda

7 Ide Peluang Usaha Pertanian yang Menguntungkan

Bisnis pertanian tidak selalu tentang menanam padi di sawah. Berikut ini adalah contoh peluang usaha pertanian dengan laba yang menggiurkan.

Budidaya Tanaman Hias

Tidak hanya tentang pemenuhan kebutuhan pokok, usaha di bidang pertanian juga berhubungan dengan tanaman hias yang kerap digunakan untuk dekorasi rumah. Koleksi tanaman hias banyak dilakukan oleh kaum perempuan dalam rangka menciptakan lingkungan rumah yang sejuk, asri, dan indah dipandang. 

Peluang untuk menjual tanaman hias yang bisa tumbuh di dalam rumah juga meningkat pesat karena keberadaan tanaman ini terbukti mampu menurunkan tingkat stress. Beberapa jenis tanaman yang cukup banyak dicari adalah gelomban cinta, monstera, kaktus, dan succulent. 

Untuk menjalankan usaha ini memang Anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan pasar. Untuk mendapatkan konsumen lebih cepat pada saat pertama kali menjalankan usaha jualan tanaman hias, Anda disarankan agar memilih jenis tanaman yang banyak diminati masyarakat.

Usaha Tanaman Hidroponik

Pencarian lahan tanam yang cukup sulit, menjadikan sistem hidroponik sebagai solusi bercocok tanam dengan lahan terbatas. Terutama di kota besar yang kesulitan menemukan media tanam berupa tanah, hidroponik mengusung konsep bercocok tanam menggunakan media air.

Tidak semua orang bisa bercocok tanam dengan dengan metode hidroponik. Namun, pada dasarnya usaha ini dapat dilakukan dengan cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan botol bekas, gelas, atau toples plastik sebagai media tanamnya. Saat ini juga sudah ada yang menjual paket usaha hidroponik lengkap dengan panduan penggunaannya. 

Sayuran hasil tanam hidroponik saat ini cukup banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan  tanaman hidroponik hemat air untuk mencuci dan aman karena tidak menggunakan pestisida. Serta lebih higienis karena tidak menyentuh tanah dan tidak mudah terserang hama.

Jual Beli Bibit Tanaman Online

Menjual bibit tanaman online adalah salah satu contoh bisnis pertanian yang dapat dimulai dengan modal sangat kecil. Bibit tanaman yang cukup banyak digemari masyarakat adalah sayur dan buah karena lebih mudah cara untuk tumbuh. Contohnya adalah bibit kangkung, bayam, tomat, wortel, semangka, dan jambu.

Biasanya bibit tanaman ini dijual dalam bentuk kemasan kecil yang berisi biji-bijian kecil dengan berat tertentu. Anda bisa memasarkannya melalui internet, misalnya dengan menjual lewat marketplace karena bibit tanaman lebih mudah untuk dikirim ke luar kota. 

Ditambah lagi, saat ini banyak toko online yang memberikan kesempatan untuk menjadi reseller. Anda dapat membuka toko online sendiri untuk melakukan penjualan. Dengan begitu, usaha pemasaran bisa lebih mudah.

Jual Alat Pertanian

Mendukung tren gaya hidup masyarakat yang menyukai aktivitas berkebun, Anda bisa memulai usaha menjual alat pertanian. Mulai dari pot-pot tanaman, media tanam tanah atau sekam, sekop, cangkul dan beberapa alat berkebun lain adalah contoh usaha dengan modal kecil. 

Peluang yang bisa diambil dari usaha ini adalah pembelian yang berkelanjutan. Artinya, satu orang bisa melakukan pembelian berkali-kali terhadap kebutuhan alat-alat pertanian. Tidak hanya itu, paket bibit tanaman dan alat pertanian ini bisa dijual dengan dengan packaging yang menarik sebagai paket bingkisan yang laris manis. 

Pembuatan Pupuk 

Berjualan pupuk adalah salah satu peluang usaha yang tidak pernah sepi konsumen. Baik di perkotaan maupun pedesaan, permintaan akan pupuk selalu tinggi. Apalagi jika masuk musim tanam, toko penjual pupuk akan laris manis diserbu oleh petani yang akan mulai bercocok tanam. 

Pupuk tidak hanya digunakan untuk menyuburkan tanaman padi, atau buah dan sayur saja. Kini, hampir semua jenis tanaman membutuhkan pupuk termasuk tanaman hias. Tidak hanya pupuk, beberapa jenis vitamin untuk obat juga mulai banyak penggemarnya. 

Usaha Tanaman Rempah

Masih sedikit yang mengambil peluang budidaya tanaman obat dan rempah saat ini. Oleh karena itu, Anda bisa memulainya lebih dulu. Tanaman obat dan rempah memiliki pasar tersendiri karena akan diolah menjadi obat alternatif atau herbal.

Tanaman ini lebih mudah dijual dan dipasarkan terlebih lagi jika Anda sudah mengerti pasarnya. Tanaman seperti jahe, lengkuas, kencur, jeruk purut memiliki permintaan yang stabil dan terus meningkat di pasar tradisional. 

Jika Anda lebih jeli memperhatikan, peluang usaha di bidang ini memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan budidaya sayur atau buah. Keuntungannya juga tidak kalah menggiurkan. 

Penjualan Sayur Buah Organik

Bercocok tanam sayur dan buah organik termasuk dalam kategori usaha dengan modal yang kecil. Hal ini karena Anda tidak memerlukan pengadaan perlengkapan pertanian khusus seperti obat hama atau pupuk buatan.

Sayur dan buah organik juga memiliki permintaan yang cukup tinggi di pasar. Harga jual buah dan sayurnya juga selalu lebih tinggi dibandingkan yang konvensional. Dengan iming-iming bebas pestisida, sayur dan buah yang dijual akan mendapatkan pelanggan yang cukup banyak

 Apalagi jika menawarkan produk yang lebih segar dan murah dibanding yang dijual di pasar atau supermarket. Sistem pengiriman langsung dari rumah juga biasanya menguntungkan pelanggan karena mereka tak perlu meluangkan waktu untuk bepergian ke penjual.

 

Mengelola Laba Usaha Pertanian dengan Software Akuntansi

Dalam mengelola usaha pertanian zaman sekarang, Anda pasti membutuhkan bantuan software akuntansi online. Keberadaan software akuntansi ini akan membantu Anda untuk mengelola keuangan bisnis hingga laba usaha. Sehingga tidak ada lagi masalah yang muncul karena  perhitungan keuangan bisnis. 

Jurnal by Mekari adalah salah satu software akuntansi online yang patut dicoba untuk mendukung pengelolaan usaha pertanian Anda. Bukan tanpa alasan, itu karena Jurnal memiliki beragam fitur yang mampu membantu Anda mengelola dan menganalisa penjualan.

Misalnya saja, Anda dapat memanfaatkan fitur laporan penjualan, penagihan penjualan, pengiriman penjualan, hingga fitur pengelompokkan penjualan melalui penggunaan tag. 

Jurnal juga punya fitur laporan persediaan untuk memantau sisa stok produk pada formulir transaksi penjualan per tanggal terjadinya transaksi. Anda juga dapat mengelompokkan produk berdasarkan kategori tertentu untuk memudahkan Anda mencocokkan antara jumlah stok barang yang ada di gudang dan total penjualan yang terjadi. Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal.


PUBLISHED20 Oct 2020
Lavinda
Lavinda


Kategori : Bisnis