Sebagai pemilik usaha di era digital, Anda membutuhkan sebuah perangkat lunak untuk membantu mengelola catatan keuangan secara sistematis, rapi, dan akurat. Dikenal dengan nama software akuntansi, saat ini hampir semua perusahaan sudah menggunakannya. Mulai dari perusahaan skala kecil, menengah, hingga perusahaan besar mulai beralih menggunakan software untuk menunjang bisnisnya. 

Software akuntansi mendukung aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan pencatatan semua kegiatan keuangan dalam satu periode. Dengan sistem yang otomatis, semua pencatatan dilakukan menyeluruh pada setiap bagian atau divisi sehingga cakupannya sangat luas. Jika perusahaan Anda belum menggunakan software, sekarang adalah saat yang tepat untuk mulai menggunakannya demi kelancaran jalannya sebuah bisnis.

 

Mengenal Software Akuntansi dan Fungsinya

Secara sederhana, software akuntansi adalah sebuah sistem yang dibuat untuk mendukung kegiatan akuntansi dalam perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan semua transaksi keuangan yang terjadi lalu memproses menjadi jurnal sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan utuh. Sistem pada software ini bersifat otomatis dan menggunakan manajemen database untuk pengelolaan data. 

Dengan software akuntansi, Anda dapat menyusun laporan keuangan berupa neraca (balance sheet), laporan laba rugi (profit lost statement), laporan arus kas (cashflow), dan laporan perubahan modal lebih mudah tanpa harus melalui proses perhitungan manual yang akan menyita waktu cukup banyak. 

Software ini bekerja secara realtime sehingga ketika ada transaksi masuk, dapat langsung diperbarui catatannya sehingga tidak perlu menunggu waktu yang lama. Dengan menggunakan software akuntansi, Anda akan terhindar dari kesalahan dalam menghitung laporan keuangan. Selanjutnya, keputusan perusahaan yang berhubungan dengan keuangan dapat diambil dengan cepat dan akurat serta dapat dipertanggung jawabkan.

 

Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik

Memilih software akuntansi terbaik untuk bisnis Anda bisa menjadi tantangan tersendiri. Mengingat banyaknya software di luar sana sehingga Anda mungkin saja bingung untuk memilih mana yang terbaik. Banyak vendor yang menawarkan keunggulan software akuntansi mereka, namun apakah sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda? Berikut ini adalah tips untuk memilih software yang tepat bagi bisnis Anda:

a. Fitur yang Lengkap

Software akuntansi yang Anda pilih setidaknya harus memiliki fitur ini:

  • Faktur berulang yang sesuai dengan tampilan dan tema
  • Melacak pengeluaran sesuai kategori
  • Mengelola inventaris
  • Melakukan rekonsiliasi bank
  • Membuat pesanan pembelian
  • Menghitung dan mengelola pajak secara otomatis
  • Menyimpan bukti pembayaran
  • Mengelola daftar pelanggan dan vendor
  • Mengelola aset
  • Menghasilkan laporan keuangan lengkap, seperti laporan neraca, laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal

Setiap perusahaan tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, namun setidaknya software pilihan Anda memiliki fitur seperti di atas. 

b. Keamanan Data

Saat ini hampir semua software menggunakan cloud base system sehingga keamanan data perusahaan lebih terjamin. Jadi pastikan bahwa software akuntansi yang Anda pilih menggunakan cloud sebagai penyimpanan datanya. Anda dapat menanyakan hal terkait keamanan data perusahan pada vendor sebelum memutuskan memakai software mereka.

c. Kemudahan Penggunaan

Tidak semua orang memiliki latar belakang akuntansi, sehingga pemilihan software dengan bahasa dan tampilan yang sederhana dapat memudahkan penggunanya. Hal ini membantu perusahaan untuk menghemat biaya pelatihan sehingga tujuan bisnis dapat tercapai dalam waktu yang singkat.

d. Perhatikan Harga dan Tambahan Biaya

Semakin lengkap fitur yang ditawarkan oleh software akuntansi tentunya biayanya juga semakin tinggi. Yang perlu diperhatikan adalah adanya biaya tambahan saat Anda sudah menggunakan software untuk bisnis Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu apakah ada biaya tambahan terkait biaya pemeliharaan atau biaya tambahan lainnya pada situs web penyedia layanan. 

e. Dukungan Layanan Purna Jual

Ini adalah hal penting yang tidak boleh terlewatkan karena sebaik apapun software yang Anda pilih, bisa jadi di kemudian hari terjadi kendala atau gangguan. Jika tidak ada pihak vendor yang dihubungi dan diminta batuan saat ada kendala, maka investasi Anda menjadi sia-sia. Anda dapat memeriksa dukungan layanan purna jual dengan menghubungi nomor customer service lalu lihat bagaimana mereka merespon pertanyaan Anda. Semakin ramah dan cepat respon yang diberikan, semakin baik pula layanan yang diberikan kepada Anda.

 

Langkah Memilih Software Akuntansi Terbaik

Menemukan software terbaik untuk bisnis Anda bukanlah hal yang mudah. Anda dapat melakukan langkah berikut sebelum memutuskan untuk menginvestasikan uang pada perangkat lunak tersebut:

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda 
  2. Sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan
  3. Cari review yang positif sebelum memutuskan untuk membeli
  4. Lakukan uji coba gratis atau free trial

Setelah Anda mengetahui tips dan langkah-langkah untuk menemukan software akuntansi terbaik bagi bisnis Anda, kini saatnya menentukan software mana yang akan dipilih. Jurnal adalah salah satu software accounting terbaik dengan fitur yang lengkap dan keamanan data yang terjamin. Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial 14 hari!

Author