Jurnal Enterpreneur

Cermat Memilih Fitur dalam Software Akuntansi untuk Bisnis Berkembang

Manajemen keuangan merupakan praktik yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang salah kaprah dan menganggap bahwa manajemen keuangan hanya dibutuhkan oleh perusahaan atau bisnis saja. Padahal, setiap orang harus memiliki cara untuk mengatur cash flow masing-masing, agar keuangannya stabil. Salah satu cara terbaik untuk melakukan pengelolaan keuangan adalah dengan memiliki software akuntansi.

Di tengah era disrupsi teknologi ini, kita dimanjakan dengan berbagai inovasi yang mempermudah aktivitas kita. Adanya berbagai software untuk mengelola akuntansi telah membawa dampak yang masif dalam dunia bisnis, maupun masyarakat luas. Dengan adanya software ini, penghitungan cash flow menjadi lebih efisien, pembukuan tertata dengan rapi, dan penafsiran serta analisa keuangan juga menjadi jauh lebih mudah.

Manfaat dari software akuntansi dapat dengan mudah kita nikmati. Saat ini, berbagai aplikasi untuk manajemen keuangan tersebar secara gratis maupun berbayar. Tentunya, setiap jenis software atau aplikasi memiliki keunggulannya masing-masing. Kita perlu memerhatikan fitur yang kita perlukan dalam memilih software untuk mengelola akuntansi yang cocok dengan kebutuhan bisnis. 

Memilih software akuntansi yang cocok dengan kebutuhan membutuhkan pertimbangan yang matang. Tidak mudah memilih satu jenis software diantara banyaknya software yang beredar. Terlebih lagi, apabila kita memutuskan untuk membeli software untuk mengelola akuntansi. Kesalahan dalam pemilihan software yang berbayar akan berujung pada kerugian.

Baca juga: Masa Depan Teknologi Pembayaran untuk Sektor UMKM

 

Fokus Bisnis, Dana, dan Keamanan Software Akuntansi

Dalam memilih software, para eksekutif perusahaan selalu mengedepankan fitur yang tepat untuk kebutuhan bisnis. Setiap jenis bisnis membutuhkan software pengelola akuntansi yang berbeda-beda. Berangkat dari hal tersebut, langkah pertama yang harus diambil oleh para pelaku bisnis atau pimpinan perusahaan adalah mencocokan fitur software dengan fokus bisnis mereka.

Ambil contoh, perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Jenis bisnis yang menjadikan service sebagai ujung tombak bisnisnya mungkin tidak memerlukan software yang memiliki fitur pengelolaan stok barang yang biasanya sangat dibutuhkan untuk jenis bisnis retail atau perdagangan.

Setelah cocok dengan fitur dari software, hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh para pemimpin perusahaan atau pelaku bisnis adalah masalah dana. Budget yang diperlukan untuk membeli software akuntansi merupakan sebuah investasi yang harus menguntungkan. Penting bagi para pelaku bisnis untuk menyesuaikan anggaran untuk pembelian software yang sesuai. Faktor fitur yang tepat tetap menjadi fokus utama di bagian bujet untuk software, karena perusahaan harus menghindari pembelian software yang terlampau mahal namun banyak fitur yang tidak terlalu dibutuhkan.

Keamanan juga menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya saat melakukan pemilihan software untuk akuntansi. Mengapa demikian? Tentunya, kita ingin menghindari kebocoran data internal yang penting kepada pihak lain, karena data tersebut bisa disalahgunakan. Jaminan kerahasiaan data merupakan hal yang wajib dipenuhi oleh software untuk perusahaan.

Baca juga: Nikmati Fitur Pembukuan Lengkap dengan Jurnal

 

Integrasi Software dan User-friendly

Kemudahan yang ditawarkan teknologi tidak hanya terbatas pada efisiensi waktu, tetapi juga integrasi yang dapat membuat pekerjaan menjadi jauh lebih ringan lagi. Sebuah software akuntansi dengan kapabilitas dapat diintegrasikan dengan software lain dalam sistem perusahaan seperti software untuk payroll dan perpajakan tentunya menjadi prioritas bagi para pemimpin bisnis.

Faktor terakhir yang patut diperhitungkan saat memilih software adalah masalah antarmuka dari software tersebut. Kecanggihan software akan sia-sia apabila sulit digunakan. Apabila sistem antarmuka pengguna dari sebuah aplikasi mudah digunakan, tentunya tidak akan menimbulkan masalah bagi perusahaan.

 

Beberapa faktor di atas merupakan fitur yang harus diperhatikan ketika memilih software akuntansi. Untuk mempermudah para eksekutif perusahaan memilih software terbaik, Jurnal dapat menjadi pilihan yang tepat. Berbagai fitur dari Jurnal memiliki manfaat yang lengkap untuk memenuhi setiap kebutuhan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Daftar sekarang juga dan dapatkan masa percobaan gratis selama 14 hari.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo