Jasa Konsultan Pajak: Layanan, Tarif, dan Tips Memilihnya

Ingin menggunakan jasa konsultan pajak? Apa saja jenis layanan yang ditawarkan? Berapa tarif menyewa jasa konsultan pajak dan bagaimana cara memilih konsultan yang terpercaya? Baca tips yang akan diberikan oleh Blog Mekari Jurnal!

Pajak adalah kenyataan yang tidak bisa dihindari oleh setiap pebisnis.

Sebagai seorang pelaku usaha, tentu harus mematuhi persyaratan bisnis dan kebijakan pemerintah – terutama dalam hal pajak.

Sayangnya, bagi sebagian besar pebisnis, urusan perpajakan mulai dari pelaporan dan pengarsipan pajak bisa menjadi tugas yang membosankan.

Pasalnya saat Anda berurusan dengan angka, tidak ada ruang untuk kesalahan, dan Anda harus memperhitungkannya seakurat mungkin.

Di situlah jasa konsultan pajak bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan Anda.

layanan konsultan pajak

Apa itu Konsultan Pajak?

Konsultan pajak adalah profesional pajak yang membantu klien meminimalkan kewajiban pajak Anda sambil tetap mematuhi hukum dalam situasi keuangan yang kompleks.

Dengan pengetahuan dan pelatihan lanjutan tentang undang-undang perpajakan, konsultan pajak dapat membantu Anda menangani dan mengelola uang dan pajak Anda.

Seorang konsultan pajak biasanya bisa membuka bisnis sendiri atau bekerja untuk perusahaan jasa profesional, seperti perusahaan konsultan pajak khusus.

Tak sedikit juga konsultan pajak yang bekerja di instansi pemerintah, kantor pajak perusahaan dan organisasi nirlaba.

Konsultan pajak dinilai lebih ahli daripada ahli pajak standar sehingga dapat membantu perencanaan pajak, masalah warisan, dan kebutuhan pajak kompleks lainnya.

Sederhananya, jasa konsultan pajak adalah profesional yang berspesialisasi dalam hukum pajak dan konseling terkait keuangan.

Para professional ini berkewajiban memberi nasihat kepada klien tentang restitusi dan berbagai masalah keuangan, misalnya pajak perwalian, warisan, dan pensiun.

Selain pendapatan perorangan, bisnis juga memerlukan serangkaian pengarsipan dan pelaporan pajak.

Faktanya, ketentuan perundang-undangan pajak dalam bisnis lebih rumit daripada aturan seputar penghasilan perorangan.

Alhasil, banyak konsultan pajak membuka layanan yang khusus menangani pajak bisnis.

Untuk tarif jasa konsultan pajak biasanya bervariasi, tergantung pada ruang lingkup pelayanan, keterampilan serta pengalaman konsultan pajak.

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultasi Pajak

Di bagian berikut, kita akan mempelajari mengapa menyewa jasa konsultan pajak sangat menguntungkan untuk perusahaan Anda.

Lebih Banyak Waktu untuk Membuat Strategi Bisnis

Dengan memanfaatkan jasa konsultan pajak, Anda akan dapat lebih fokus menyusun strategi bisnis tanpa mengkhawatirkan urusan administratif perpajakan.

Melakukan bisnis tidak akan lagi membuat frustrasi, fokus manajemen dapat dibagi dua antara pajak dan aspek bisnis lainnya.

Jadi, akan ada lebih banyak waktu bagi Anda untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan, menjajaki peluang baru, hingga memperluas bisnis Anda.

Layanan Bebas Risiko

Keuntungan lain dengan menggunakan jasa konsultan pajak adalah bahwa Anda akan mendapatkan bantuan guna meminimalkan risiko kesalahan dalam perpajakan.

Pasalnya, konsultan pajak bertanggung jawab untuk menyiapkan laporan pengembalian Anda dan memiliki keahlian di bidang pajak, sehingga meminimalkan risiko pajak.

Para profesional ini juga menutupi kemungkinan konsekuensi hukum dengan mengambil tindakan pencegahan dan memberikan bantuan audit.

Meningkatkan Keakuratan Data Perpajakan

Saat mengurus perpajakan bisnis, Anda akan dihadapkan pada banyak akun, transaksi, dan laporan yang berkaitan berbagai pengeluaran dan pendapatan.

Bila dikerjakan sendiri, Anda pasti akan kesulitan untuk melacak banyak data dan dokumen perpajakan sehingga tingkat akurasinya juga rendah.

Oleh karena itu, konsultan pajak akan membantu meningkatkan akurasi penghitungan dan pelaporan pajak Anda sesuai aturan dan ketentuan perpajakan.

Penataan dan Penanganan Dokumen yang Sistematis

Tidak seperti perhitungan pajak sendiri, formalitas dokumen dalam bisnis lebih tinggi, apalagi ketika menyangkut perhitungan pajak.

Konsultan pajak yang berpengetahuan luas secara sistematis mengatur dan melengkapi setiap dokumen yang diperlukan untuk mengurangi stress Anda.

Menghemat Waktu

Mempersiapkan dan mengajukan pajak selalu membutuhkan waktu berjam-jam untuk diselesaikan.

Maka dari itu, menyewa jasa konsultan pajak akan memudahkan Anda untuk menghemat banyak waktu dan memungkinkan Anda untuk mengerjakan kegiatan penting lainnya.

tarif jasa konsultan pajak

Apa saja Jenis-Jenis Layanan Konsultasi Pajak?

Mengingat pentingnya keberadaan jasa konsultan pajak, sekarang layanan ini sudah banyak bermunsulan sehingga Anda lebih mudah menemukannya.

Anda bisa menggunakan jasa ini dalam rangka efisiensi perusahaan dengan memanfaatkan beberapa layanan yang ditawarkan oleh konsultan pajak.

  1. Layanan Kepatuhan Pajak

Bagi Anda yang membutuhkan bantuan dalam mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan kepatuhan pajak, maka Anda bisa memanfaatkan layanan ini.

Melalui layanan ini, konsultan pajak akan membantu Anda dalam proses penghitungan, pembayaran, dan pelaporan pajak agar akurat dan sesuai aturan hukum yang berlaku.

  1. Layanan Perencanaan Pajak

Jenis layanan ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin memaksimalkan keuntungan perusahaan sambil tetap berpayung pada hukum perpajakan.

Dengan layanan ini, Anda juga akan terbantu dalam mengurus dan menyiapkan data yang berhubungan dengan pajak serta melaporkannya sesuai aturan perpajakan.

  1. Pemeriksaan Laporan Pajak

Layanan jasa konsultan pajak ini dapat membantu Anda untuk mengevaluasi data yang berkaitan dengan munculnya beban pajak yang merugikan perusahaan Anda.

Dengan begitu, biaya pajak bisa ditekan tanpa harus menyalahi peraturan dan ketentuan UU tentang perpajakan.

Baca juga: Cara Menghitung Pajak Penghasilan (PPh) Badan Terutang

  1. Pendampingan dan Pemeriksaan

Anda juga bisa memanfaatkan layanan perwakilan atau pendampingan saat pemeriksaan pajak dengan memanfaatkan layanan konsultan pajak yang satu ini.

Terlebih lagi, jika Anda masih tergolong awam tentang permasalahan perpajakan bisnis Anda.

Dengan begitu, konsultan pajak bisa turut membantu serta menyiapkan berbagai data dan dokumen yang dibutuhkan untuk pemeriksaan.

  1. Layanan Konsultasi

Melalui layanan ini, jasa konsultan pajak bisa membantu klien untuk berkonsultasi perihal masalah perpajakannya.

Mereka akan memberikan setiap informasi kepada klien tentang segala peraturan pajak yang terbaru dan memberikan rekomendasi penyelesaian permasalahan tersebut.

  1. Restitusi Pajak

Layanan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengembalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi).

Melalui layanan restitusi pajak, konsultan pajak akan membantu Anda mulai dari menyiapkan data, menyampaikan restitusi, pemeriksaan, hingga penerimaan restitusi.

  1. Penyelesaian Sengketa Pajak

Jenis layanan terakhir yang bisa diberikan oleh jasa konsultan pajak adalah layanan penyelesaian sengketa pajak, seperti pengajuan keberatan pajak, banding, dan lain-lain.

Melalui layanan ini, Anda akan mendapatkan pendampingan konsultan pajak saat ada pemeriksaan terkait pengajuan keberatan pajak atau banding yang Anda lakukan.

tips memilih jasa konsultan pajak

Berapa Tarif Menyewa Jasa Konsultan Pajak?

Tarif jasa konsultan pajak bisa bervariasi tergantung apakah digunakan untuk pribadi atau perusahaan.

Untuk SPT orang pribadi, rentang tarifnya relatif terjangkau, yakni berkisar RP. 300.000 hingga Rp 2.500.000.

Sedangkan untuk SPT perusahaan, Anda bisa menyewa jasa ini dalam jangka waktu bulanan (Rp. 1.000.000 – Rp. 3.000.000) atau tahunan Rp. 3.500.000 – Rp. 5.000.000).

Baca juga: Tarif PPh 21: Berapa Persen Yang Harus Dibayarkan?

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak yang Tepat

Seiring kebutuhan perusahaan terhadap konsultasi pajak yang semakin meningkat, jasa konsultan pajak juga terus bertambah tiap tahunnya.

Lantas, bagaimana cara memilih jasa yang tepat untuk perusahaan Anda? Berikut ini tips-tips dalam memilih layanan konsultan pajak:

  • Pilih layanan konsultan pajak yang sesuai dengan budget dan kebutuhan perusahaan Anda.
  • Pilihlah konsultan pajak yang memandang kliennya sebagai partner.
  • Minta rekomendasi dari pimpinan perusahaan atau rekan yang terpercaya.
  • Periksa status dan reputasi konsultan pajak melalui Sistem Informasi Konsultan Pajak (SiKop).

Mekari Jurnal dapat membantu Anda melakukan perhitungan pajak secara otomatis  sesuai dengan aturan pemerintah di Indonesia.

Melalui fitur aplikasi pajak Jurnal yang terintegrasi dengan mitra resmi DJP yaitu Klikpajak, segala proses pelaporan dari PPN, Pajak Karyawan (PPh 21) dan PPh Final jadi lebih praktis.

Jurnal juga bekerja sama dengan beberapa konsultan keuangan handal yang dapat Anda jadikan tempat berkonsultasi tentang masalah keuangan terkait pajak yang harus dilaporkan.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi tim kami untuk melakukan konsultasi.

Itulah penjelasan terkait jasa konsultan pajak yang perlu Anda ketahui dari sisi pebisnis, mulai dari jenis layanan hingga manfaat yang bisa Ada dapatkan.

Bila Anda sudah merasa kewalahan menangani urusan perpajakan bisnis Anda yang sudah semakin besar dan berkembang, Anda bisa pertimbangkan menggunakan jasa ini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo