IniTempe Meningkatkan Efisiensi Operasional Untuk Produksi Makanan Lokal

Berawal dari kecintaannya pada tempe goreng, Benny Santoso mulai mencoba mendirikan brand iniTempe dengan produksi makanan berbasis tempe. Dimulai dengan produksi sendiri, kini iniTempe sudah memiliki dua gudang dan dapat ditemukan di lebih dari 40 restoran dan toko.

Permasalahan

Pencatatan manual dalam proses produksi tidak dilakukan dengan baik sehingga seringkali stok mendadak habis. Hal ini juga mempengaruhi penjualan hingga rencana bisnis karena jadwal kirim jadi terganggu.

Solusi

Mekari Jurnal sebagai software akuntansi online membantu pencatatan transaksi secara otomatis dan teratur. Dengan integrasi stok pada fitur produk dan inventory, pengelolaan stok menjadi lebih akurat dan proses produksi lebih terencana.

Sektor Industri

Manufaktur

Company Size

Small Enterprise

Lokasi

Bali, Jabodetabek, Bandung, Banjar Baru

Jumlah Cabang

>40

IniTempe berdiri awalnya dari tugas kuliah dan sekarang sudah memasuki tahun kelima. Berawal dari kecintaannya pada tempe goreng yang sering dimakan saat masa kecil, Benny Santoso mulai mencoba mendirikan brand iniTempe dengan produksi makanan berbasis tempe.

Bahan bakunya diambil dari petani tempe di sekitar Jawa Tengah dan Bali. Awalnya diproduksi sendiri dan sekarang sudah memiliki dua gudang. Di Bali sendiri, produk iniTempe dapat ditemukan di lebih dari 40 restoran dan toko. Selain itu iniTempe juga bisa ditemukan di Jabodetabek, Bandung, Balikpapan hingga Banjar Baru.

Perusahaan manufaktur makanan ini juga menjual tidak hanya kepada end customer lewat website dan marketplace, tapi juga langsung ke bisnis. Produknya pun beragam dan unik, Benny dan tim memproduksi kreasi olahan tempe menjadi kue kering seperti coklat, keripik, cookies hingga protein ball.

Sistem pencatatan manual menjadi salah satu isu bagi IniTempe

Untuk bagian back office, Benny merasa sistem pencatatan manual menjadi salah satu penghambat dalam bisnisnya. Pada awalnya, ia mengalami kesulitan untuk menemukan sumber daya yang mengerti akuntansi dan keuangan secara detil. Sumber daya manusianya terbatas untuk menghasilkan laporan keuangan yang bisa diandalkan. Sehingga sulit untuk mengetahui kondisi bisnis terkini.

Salah satu isu utama dari pencatatan manual adalah dalam proses produksi. Tim IniTempe melakukan pengecekan secara manual. Pencatatan pun terkadang tidak dilakukan dengan baik sehingga seringkali stok mendadak habis. Hal ini juga mempengaruhi penjualan hingga rencana bisnis karena jadwal kirim jadi terganggu.

Karena data hasil produksi yang dibuat secara manual terkadang tidak dibuat dengan konsisten, manajemen jadi tidak mengetahui berapa banyak bahan baku yang harus diorder. Order untuk pembelian bahan baku juga dibuat secara mendadak sehingga kurang menghambat proses produksi. Proses produksi IniTempe jadi sering terlambat.

Selain itu manajemen inventori dan pengelolaan antara pusat dan cabang juga cukup krusial. Dengan jumlah distributor mencapai puluhan, setiap bulan dari pihak cabang iniTempe akan mengeluarkan report yang akan difollow up oleh tim untuk proses pembayaran dan cek stok.

Mengetahui kondisi bisnis saat itu juga, karena proses pembuatan laporan keuangan cukup sulit dan lama, sehingga memakan waktu. Sebelumnya masih menggunakan pembukuan manual dengan buku dan kalkulator, sehingga jika ada yang mau diubah harus dihitung ulang satu per satu dan menghabiskan waktu.

 

Transformasi Digital Menjadi Salah Satu Solusi Untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi

Berawal dari menggunakan pembukuan manual, Benny merasa memerlukan bantuan teknologi untuk mempercepat proses bisnisnya. Transformasi digital pun menjadi salah satu jawaban bagi brand lokal yang memproduksi makanan olahan tradisional menjadi modern ini. IniTempe pun mulai mencoba memakai software akuntansi seperti Mekari Jurnal untuk membantu pembukuan jadinya lebih simpel di tahun 2020.

Awalnya, pembukuan di iniTempe dibantu oleh admin B2B yang juga bertugas untuk mengerjakan laporan keuangan. Namun, karena overload dan pembukuan yang dihasilkan cukup lama. Akhirnya, Benny memutuskan untuk menggunakan Mekari Jurnal dan menugaskan 1 orang khusus untuk membantu input Mekari Jurnal.

Dengan begitu, efisiensi secara sumber daya manusia bisa dilakukan, karena Benny tidak perlu merekrut banyak tim untuk melakukan pembukuan, dengan Mekari Jurnal, hanya diperlukan satu orang untuk membantu input. Hal ini mungkin karena segala proses kalkulasi dilakukan oleh sistem.

Hilangkan kompleksitas produksi bisnis Anda dengan Mekari Jurnal

Tingkatkan efisiensi operasional dengan fitur Produk & Inventory dari Mekari Jurnal.

Coba gratis

Kepraktisan Adalah Hal Yang Dirasakan iniTempe Setelah Melakukan Transformasi Digital

Saat menceritakan pengalamannya beralih dari pembukuan manual menjadi menggunakan software akuntansi online, Benny merasa benefit utamanya adalah ke arah kepraktisan dalam hal pemakaian. Kini dengan menggunakan sistem pembukuan online, pencatatan transaksi di iniTempe Bali jadi lebih teratur dan tertata rapi. Sehingga, saat ada data yang dibutuhkan untuk pelaporan ataupun tracking suatu transaksi, dirasakan jauh lebih mudah.

Semenjak menggunakan Mekari Jurnal, pencatatan hasil produksi bisa lebih terpantau. Hasilnya terlihat dengan detil sehingga jadwal produksi lebih rapi mengikuti sistem. Jumlah produk iniTempe yang diproduksi pun dibuat berdasarkan rencana. Tidak ada lagi barang yang tiba-tiba habis dan pengiriman bisa lebih cepat karena barang siap dikirim.

“Kami tidak perlu membuat sistem sendiri. Jadi, kami mengikuti sistem Jurnal, sistem stock in and stock out, payment customer hingga terms of payment mengikuti sistem yang ada di Jurnal. Tanpa sistem Jurnal, akan sulit manage peoplenya. “ tambah Benny, owner iniTempe Bali.

Pembuatan laporan jadi sangat cepat. Tim juga dapat mengetahui tren penjualan dan produk yang paling laku. Hasilnya, pemilik bisnis jadi bisa menggunakan waktu untuk membuat inovasi maupun strategi bisnis.

Saat ini, iniTempe menggunakan paket Starter dan tim Benny kerap menggunakan hampir semua fitur di Jurnal seperti sales, purchase, expense, contact, cash & bank, dan report. Ia juga merasa fitur reminder untuk invoicing sangat membantu untuk payment.

Jika dibandingkan dengan sebelum memakai Mekari Jurnal memang jauh berbeda ya, transaksi lebih teratur dan akurat sehingga meminimalkan terjadinya kesalahan saat pembukuan dibandingkan dengan pencatatan secara manual sebelum pakai sistem.

Benny Santosoowner IniTempe

Peran Mekari Jurnal dalam Proses Bisnis IniTempe

Benny Santoso awalnya mengetahui software ini dari sesama rekan pebisnis yang juga menggunakan solusi pembukuan otomatis. Keduanya merasakan semuanya tercatat dengan otomatis sehingga profitabilitas dan kondisi keuangan dapat terlihat jelas. Inilah beberapa peran sistem akuntansi online Mekari Jurnal yang dirasakan oleh iniTempe:

Membangun sistem dan proses bisnis yang lebih efektif

Proses bisnis bisa berjalan dengan sesuai sistem dan guidelines yang ada di sistem Jurnal. Mulai dari transaksi penjualan dan pembelian, lewat PO, penerimaan pengiriman barang, hingga pembayaran.

Membantu membuat rencana produksi jadi lebih akurat

Jadwal produksi iniTempe jadi lebih tercatat dalam sistem sehingga jumlah barang yang diproduksi tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Jadwal pengiriman pun bisa lebih cepat karena barang sudah selesai diproduksi dengan tepat waktu.

Pengelolaan stok yang efektif

Fitur produk dan inventory membantu pengelolaan stok iniTempe dengan adanya integrasi antara stok di toko dan stok yang ada di Mekari Jurnal. Dengan begitu, tim iniTempe bisa melakukan cross check jika ada mismatch.

Menciptakan efisiensi kerja

Dengan adanya bantuan kalkulasi otomatis dari Jurnal, data yang dihasilkan lebih akurat. Selain itu, efisiensi kerja juga bisa tercapai sehingga meningkatkan produktivitas bagi tim iniTempe.

Efisiensi yang dihasilkan dari kemampuan sistem Jurnal untuk memproses data dari banyak cabang dan terintegrasi dengan berbagai bank adalah kunci simplicity yang menjadi bagian dari transformasi digital IniTempe Bali.

Bisnis manufaktur yang masih menggunakan pembukuan manual dapat mengalami masalah serupa dengan kompleksitas produksi yang dihadapi. Seperti iniTempe, Anda dapat mulai melakukan transformasi digital dengan bantuan Mekari Jurnal.

Dengan delapan fitur unggulan lengkap mulai dari akuntansi hingga perpajakan, Mekari Jurnal memberikan solusi pembukuan terotomasi. Dengan sistem berteknologi cloud, Anda dapat memproses semua transaksi secara real-time. Dapatkan laporan keuangan dalam hitungan menit. Dengan data dan sistem yang handal, Anda akan mengalami kemudahan untuk melakukan pengembangan usaha dan bisnis.

Coba Mekari Jurnal gratis sekarang.

Baca juga studi kasus lainnya

Bundling Software Akunting + Jasa Konsultan Jadi Solusi Bagi PT Permata Berlian Untuk Membangun Bisnis Distribusi

Berbicara tentang kesehatan mulut, mouthwash adalah salah satu produk utama pendamping yang dapat digunakan selain…

KLAR Smile - Jane Radianti

Mekari Jurnal Menjadi One Stop System Untuk KLAR Dalam Mengelola Stok Perapi Gigi (Aligner)

Senyum adalah bagian dari ibadah dan hal yang penting dalam menjalin hubungan baik profesional, maupun…

Eddo Kisan - Head of AccountingAkseleran

Mekari Jurnal Memangkas Waktu Pembuatan Laporan Keuangan Hingga 50% Untuk Akseleran

Berbicara tentang pemasukan pasif, terdapat beberapa cara untuk mendapatkannya, mulai dari investasi saham, reksadana, hingga…

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-user-response.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-calendar.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami