Mengenal Bisnis Database, Cara Memulai dan Mendapatkan Untung

Apa itu bisnis databse? Mengapa bisnis database menguntungkan? Sebab, bisnis ini hanya mengumpulkan data personal masyarakat dari berbagai sumber tanpa biaya apapun. Kemudian data tersebut dijual kepada pihak yang memerlukannya.

Apa Itu Bisnis Database?

Berbicara mengenai perkembangan bisnis, ada satu jenis bisnis lagi yang ingin redaksi Jurnal sampaikan, yakni bisnis database.

Namun, kamu sudah tahu apa itu bisnis database? Bisnis database adalah bisnis yang dilakukan oleh orang-orang yang mengumpulkan data (kontak hp, nomor whatsapp, pin BBM, dan sejenisnya) dari banyak supplier, penyedia, produsen, perusahaan untuk diperjualbelikan. Produk utama bisnis database di sini adalah data.

Contoh lain adalah bisnis database yang berasal dari aplikasi bisnis smartphone yang digemari dan dipakai penggunanya. Data diperoleh saat pengguna mendaftar aplikasi yang umumnya gratis tersebut. Seperti data nomor telpon, email, status pekerjaan, alamat, atau lainnya.

Data ini akan dijual kembali kepada perusahaan yang membutuhkannya. Umumnya data dijual kepada perusahaan yang akan dan ingin berpromosi lebih dekat kepada calon konsumennya.

Bisnis data juga dilakukan oleh perusahaan jasa survei. Mereka akan menyebarkan survei, baik dengan cara online atau offline, kepada masyarakat. Survei yang dilakukan tergantung dari keinginan kliennya.

Misalnya suatu perusahaan survei mendapatkan klien dari perusahaan kecap yang ingin mengetahui dan mengukur tingkat kepuasan atau kelemahan produknya, merek lain yang disuka atau tidak disuka konsumen, atau popularitas produknya.

Cara sederhana bisnis data yang seringkali tidak disadari adalah bisnis pulsa, baik online atau offline. Pebisnis pulsa ini sangat berpeluang melakukan bisnis data di balik bisnis utamanya.

Sudah barang tentu dia akan memperoleh nomor telpon dari setiap konsumen yang ingin membeli pulsa. Data yang dimiliki penjual pulsa bisa dijual kepada pihak-pihak yang memerlukannya.

Di atas sekadar contoh bisnis data, dari level perusahaan hingga pedagang kecil.

Baru Mulai Bisnis? Pakai Aplikasi Pembukuan Keuangan Yuk!

Keuntungan Menjalani Bisnis Database

Bisnis database adalah sebuah bisnis yang sangat populer. Popularitas disebabkan perolehan keuntungannya. Keuntungan ini dapat dilihat dari banyak aspek seperti dijelaskan di bawah ini:

  • Bisnis yang Mudah Dijalani

Keuntungan yang pertama adalah bahwa bisnis ini mudah sekali untuk dijalankan. Hanya dengan cara bermain sosial media, dan iklan melalui internet saja. Tidak perlu proses produksi, tidak perlu membuka toko dan tidak perlu membayar karyawan.

Tanpa perlu banyak proses di atas maka dengan mudahnya semua orang bisa menjalankan bisnis online menjual database. Dengan hanya perlu meluangkan sedikit waktu, maka sukses bersama dengan berjualan database sudah bisa tergambarkan dengan jelas.

  • Modal Sekali untuk Seumur Hidup

Satu kelebihan yang di miliki bisnis ini yang tidak ada di bisnis lain adalah bahwa pembelian produk dilakukan hanya sekali seumur hidup. Apa maksud dari sekali seumur hidup dalam bisnis ini? Jadi para pebisnis database hanya perlu membeli sebuah file berharga sekitar Rp350.000 hingga Rp500.000 saja.

Dan selebihnya file tersebut dapat dijual dengan harga yang sama dengan pembelian ataupun dengan harga yang lebih tinggi. Jadi modal yang dikeluarkan cukup sekali dan berlaku sampai dengan seumur hidup.

Tidak perlu sering berbelanja produk, tanpa mengkhawatirkan stok ketersediaan barang. Berbisnis dengan menjual database hanya cukup satu kali mengeluarkan modal.

  • Prospek Bagus

Bisnis adalah lapangan pekerjaan yang sangat menjanjikan keuntungan kepada setiap pelakuanya. Dunia bisnis juga terus berkembang dan melahirkan para pebisnis baru di setiap waktu. Sebagai contoh untuk dunia bisnis online, seperti menjalankan sebuah online shop, menjadi reseller atau menjadi dropshipper.

Dan dari semua pekerjaan tersebut pasti membutuhkan supplier, pemasok barang, atau produsen tangan pertama. Di mana mereka akan mampu untuk memberikan harga jual produk yang jauh lebih murah. Dan di sinilah prospek bisnis berjualan database menjadi begitu menggiurkan.

Semua pelaku bisnis online memerlukan data tersebut. Maka terbukalah kesempatan mendapatkan untung sebanyak-banyaknya dengan bisnis database.

  • Bisa Dijual di Berbagai Channel

Penjualan data melalui banyak channel mulai dari blog, facebook, instagram, BBM, hingga WhatsApp. Di era digital seperti sekarang, banyak channel ‘gratisan’ yang dimanfaatkan untuk menjual database supplier.

Pemanfaatan seluruh media sosial dan media chatting di atas demi memaksimalkan penjualan database supplier dan meraih keuntungan hingga jutaan rupiah.

Kekurangan Bisnis Database

Kelebihan bisnis ini memang menggiurkan. Kamu bisa memperoleh keuntungan besar dari bisnis ini. Namun di samping kelebihan, bisnis ini juga memiliki kekurangan.

  • Bisnis Ilegal

Disebut bisnis ilegal karena data pribadi masyarakat yang seharusnya tidak dikonsumsi secara umum justru dijualbelikan tanpa persetujuan pemilik data. Dalam aturannya, jual beli data pribadi masyarakat melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dalam Undang-Undang ITE disebutkan, setiap orang yang dilanggar haknya dapat mengajukan gugatan atas kerugian yang ditimbulkan berdasarkan UU ITE dan perubahannya.

Selain itu penggunaan data pribadi masyarakat secara ilegal, yang belakangan ini digunakan oleh jasa keuangan fintech, juga sudah dilarang oleh Otoritas Jasa Keuangan melalui Surat Edaran OJK Nomor 14/SEOJK.07/2014.

  • Validitas Data

Selain ilegal, kekurangan bisnis ini adalah menjaga validitas data. Perlu kamu ketahui, bisnis model ini didasarkan oleh kepercayaan. Jika data yang kamu jualbelikan cukup valid, klien akan menjadi pelangganmu. Namun jika data yang kamu jual tidak valid, tidak akan lagi pembeli yang datang kepadamu.

Meski tidak membutuhkan banyak dana yang keluar dari kantong, kamu harus menjaga validitas data yang kamu miliki. Jika data yang kamu miliki ribuan, maka kamu harus menjaga ribuan data tersebut tetap valid.

Menjaga data agar selalu valid bukanlah hal yang mudah. Terlebih masyarakat saat ini merupakan masyarakat yang sudah peduli dengan kerahasiaan datanya.

Jika masyarakat mengetahui data pribadinya menjadi konsumsi pihak yang tidak bertanggung jawab, tindakan yang paling mudah adalah memperbarui datanya. Tentu pembaruan data ini membuat data yang kamu miliki tidak lagi valid.

Cara Jual Database agar Cepat Laku

Sudah membahas mengenai garis besar bisnis database, kemudian kelebihan dan kekurangan bisnis database.

Selanjutnya, akan dibahas mengenai cara jual database agar cepat laku. Berikut tips menjual database agar cepat laku di pasaran.

  • Menentukan Harga

Harga adalah penentu dari sebuah bisnis yang dijalankan oleh para pebisnis. Biasanya, ada harga ada rupa dari produk yang dijualnya. Maka dari itu, awalnya tentukan harga dari produk yang hendak Anda jual.

Sebaiknya, Anda melabeli harga produk sesuai dengan modal atau lebih dari itu. Jika sudah banyak peminatnya maka Anda bisa menaikkan harga jualnya.

  • Membuat Grup

Setelah menentukan harga jual, Anda bisa mulai membuat grup untuk menampung para member yang baru.

Biasanya Anda bisa memanfaatkan WhatsApp atau Facebook. Kedua jenis media sosial ini terbilang cukup mudah. Setelah membuat grup, Anda bisa menyajikan berbagai informasi tentang produk Anda. Informasinya bisa berupa foto, video, atau aneka tulisan menarik.

  • Buat Timeline

Timeline diperlukan dalam penjualan database ini. Timeline harus jelas dan lengkap agar mudah dipahami dan menarik. Contohnya, berilah testimoni, foto produk, dan lain sebagainya.

  • Promosi

Setelah mempersiapkan segalanya, Anda bisa mulai untuk melakukan promosi. Meski terbilang cukup sulit, Anda bisa melakukan promosi yang menarik dengan memasang iklan di berbagai media sosial. Usahakan Anda selalu melakukan promosi setiap hari dan upload foto yang banyak dengan menyertakan hashtag.

Bagaimana, mudah bukan menjalankan dan menjual bisnis database Anda? Anda bisa memulai bisnis ini dan menargetkan keuntungan yang hendak Anda capai setiap melakukan penjualan database Anda.

Dari situlah Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan dan keuntungan yang lumayan dari bisnis database Anda.

Sekarang, tinggal Anda yang memilih hendak menjalankan bisnis database mulai sekarang atau tidak. Karena, setiap bisnis intinya terletak pada niat dan minat yang kuat untuk menjalankannya.

Barulah, mempersiapkan modal yang sekiranya cukup untuk menjalankan bisnis tersebut. Itulah cara kerja bisnis database yang bisa Anda terapkan untuk memulai bisnis tersebut.

Atur Database Jadi Mudah dengan Jurnal.id

Kata siapa mengatur database sulit? Dengan banyaknya fitur aplikasi perkantoran di app Jurnal by Mekari semua jadi mudah. Jurnal.id adalah sebuah software akuntansi online berbasis cloud untuk mengatur sistem pembukuan yang lebih baik bagi pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dapat diakses di mana pun dan kapan pun.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo