Bagaimana Perkembangan Accounting Software Indonesia

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, accounting software juga menjadi salah satu perangkat yang populer di era digital, termasuk di Indonesia. Dengan pertumbuhan sektor Usaha Kecil Menengah (UKM), accounting software menjadi perangkat idola banyak pelaku bisnis untuk memudahkan pengelolaan keuangan perusahaan.

Berkembangnya software jenis ini di Indonesia ini juga didukung dengan banyaknya anak muda yang semakin terbuka untuk urusan teknologi dalam bisnis. Jika dulu proses akuntansi dilakukan secara manual, saat ini accounting software bisa melakukan proses akuntansi bisnis dengan mudah.

Bahkan tidak jarang para pemilik bisnis, baik UKM maupun perusahaan korporasi, mempercayakan proses akuntansi bisnis kepada accounting software. Hal ini dikarenakan accounting software memiliki hubungan yang erat dengan pemilik bisnis, terutama dalam hal mengembangkan bisnis.

Semua pemilik bisnis pasti tahu bahwa kunci utama agar bisnis tetap lancar adalah dengan mengelola keuangan dengan baik. Manajemen keuangan bukanlah hal yang secara alami bisa dikuasai oleh seorang pebisnis. Melainkan hal yang perlu dipelajari dan membutuhkan kedisiplinan tinggi untuk hal tersebut.

Baca Juga: Ini Alasan UMKM Nasional Perlu Pakai Software Accounting

Beberapa hal yang juga menjadi penyebab bisnis lancar adalah jelasnya laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan adalah salah satu dasar penting untuk mengambil keputusan bisnis selanjutnya. Dari laporan keuangan bisa diketahui apakah bisnis dalam kondisi yang untung ataupun rugi.

Laporan keuangan kemudian menjadi patokan tolak ukur kinerja bisnis selanjutnya. Apakah akan memproduksi produk baru atau memperluas jaringan pasar, semua bisa diambil dengan melihat laporan keuangan. Hal ini yang membuat laporan keuangan perlu disusun sebaik mungkin.

Sebagai pemilik bisnis, menyusun laporan keuangan pasti membutuhkan waktu yang lama. Untungnya, perkembangan accounting software di Indonesia semakin pesat. Dengan demikian, proses penyusunan laporan keuangan bisa dikerjakan dengan mudah. Penting untuk para pebisnis mengetahui cara kerja accounting software.

Berencana Menggunakan Software Akuntansi? Berikut Tips Memilihnya!

Di era digital ini, accounting software telah berkembang dengan banyak fitur yang sesuai dengan kebutuhan akuntansi perusahaan. Beberapa perkembangan fitur tersebut bisa dibandingkan jauh lebih baik dari metode akuntansi secara manual seperti sebelumnya. Terutama pada bagian pengolahan data.

Pada proses akuntansi secara manual, pencatatan dilakukan dengan cara yang manual pula. Misalnya penggunaan buku catatan atau menggunakan Microsoft Excel. Penggunaan cara manual ini memerlukan banyak sekali catatan karena banyak transaksi yang harus dicatat dengan cermat. Akan sangat menyulitkan jika data ada yang hilang.

Accounting software menyediakan solusi untuk tetap mencatat ratusan transaksi dalam satu tempat. Pengolahan data pada accounting software telah diatur sedemikian rupa agar data tetap aman dan tidak hilang begitu saja. Sehingga pada saat pembuatan laporan keuangan, accounting software bisa mengelola data transaksi tersebut dengan baik dan akurat.

Pembuatan laporan keuangan juga salah satu keuntungan accounting software saat ini. Perhitungan secara manual bisa sangat merepotkan dan rawan terjadi kesalahan yang berakibat fatal. Accounting software mempersingkat proses perhitungan dan juga memberikan hasil yang lebih akurat dibanding dengan cara manual.

Baca Juga: Pembukuan Cepat, Akurat, dan Simple dengan Online Accounting Software

Tentunya hal lain yang membuat accounting software Indonesia semakin berkembang adalah integrasi dengan cloud system. Dengan adanya cloud system dalam accounting software, membuat data yang disimpan lebih aman serta bisa diakses kapanpun dan dimanapun selama terdapat koneksi internet yang memadai.

Cloud system juga mempermudah proses akuntansi untuk bisnis yang menggunakan accounting software karena Anda tidak perlu membangun infrastruktur sendiri. Cloud system sudah mengatur infrastruktur aplikasi dan Anda hanya tinggal menikmati fitur-fitur yang telah disediakan.

Salah satu accounting software Indonesia yang patut Anda perhitungkan adalah Jurnal by Mekari. Software akuntansi online ini mampu mengatasi persoalan pencatatan keuangan perusahaan.

Selain menyediakan fitur laporan keuangan untuk membantu proses pencatatan keuangan, Jurnal by Mekari juga dilengkapi dengan berbagai fitur lain untuk mendukung proses bisnis seperti inventori, pembuatan invoice, rekonsiliasi pembayaran, konsolidasi keuangan, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang berlangganan Jurnal pada periode Agustus 2020 ini, Anda akan mendapat gratis berlangganan maksimal 2 bulan dan diskon hingga 25%. Tak hanya itu, dilengkapi juga dengan 4 kali free training dan free 8 users login.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan menekan banner berikut ini.

CTA promo agustus 2020


PUBLISHED19 Aug 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: