Apa itu property management system? Property Management System/Software (PMS) adalah perangkat lunak untuk membantu pemilik, manajer properti, dan perusahaan real estate dalam mengelola bisnis properti. Mulai dari tugas harian front-desk, inventaris, informasi barang, penentuan tarif, pengelolaan keuangan, hingga penentuan vendor, PMS terbukti dapat membantu pengelolaan lebih efektif. Biasanya, sistem ini digunakan oleh industri perhotelan, rumah sakit. Namun, penggunaan PMS juga membawa membawa manfaat besar untuk industri lain terkait properti. Selain itu dengan Big Data yang terhubung dengan PMS dan historis seseorang, data ini akan mempermudah pengusaha, apakah calon konsumen ini layak atau tidak kita prospek. KEY TAKEAWAYS: Penggunaan software property management system pada bisnis properti membantu tugas-tugas utama manual menjadi otomatis dalam operasional properti. Riset membuktikan PMS meningkatkan efektivitas dan efisiensi pada sektor penyewaan properti. Otomatisasi sistem oleh PMS mempermudah klien dan meningkatkan reputasi perusahaan. Mekari Jurnal dapat membantu untuk mengelola aset, laporan keuangan, tagihan hingga pembuatan invoice usaha properti. Beragam fitur Mekari Jurnal sudah tersedia untuk memudahkan usaha dan bisnis di bidang properti. Coba Gratis Mekari Jurnal 7 Rekomendasi property management system Beberapa aplikasi dan software ada yang khusus di desain dan di bentuk untuk mengelola usaha properti secara lebih mudah, tapi ada beberapa software yang akan sangat membantu usaha properti meski bukan murni software PMS. 1. Realta BIMASAKTI BIMASAKTI memiliki reputasi yang terjamin dimana sudah lebih dari 25 tahun pengalaman. Aplikasi PMS ini cocok untuk properti perkantoran, industri atau pabrik, gudang, apartemen dan properti lainnya. Aplikasi Realta ini memiliki sistem terintegrasi yang bisa memudahkan dalam manajemen bisnis, dari sistem pembayaran, akuntansi hingga logistik. KelebihanMendukung berbagai jenis manajemen properti.Terdapat sistem terintegrasi untuk kemudahan manajemen secara menyeluruh.Fitur lengkap dari manajemen sewa, pembayaran hingga pengelolaan stok. KekuranganSistem dengan fitur berlimpah yang mungkin tidak cocok bagi usaha kecil dengan dana terbatas. Fitur unggulanRealta mungkin dikenal dalam manajemen bangunan rumah sakit, tetapi cabang mereka sangat banyak dari sistem HRIS hingga properti umum. Paket lengkap bagi yang ingin memiliki sistem yang terpusat untuk manajemen usaha properti yang dimiliki. 2. PendoRent Pendo merupakan solusi manajemen rental properti berbasis cloud yang didesain untuk bisnis berskala kecil hingga menengah. Software yang juga tersedia dalam mobile apps ini memungkinkan pengiriman penawaran hingga perjanjian sewa dalam satu sistem yang praktis. KelebihanData pada website dapat dengan mudah didapat berdasarkan klasifikasi.Mempermudah calon klien mendapatkan informasi komprehensif terkait produk.Mudah digunakan tanpa kemampuan teknikal tertentu. KekuranganVersi mobile apps masih terlihat standar. Fitur unggulanKustomisasi website dengan mudah sesuai kebutuhan. 3. TenantCloud TenantCloud termasuk PMS multifungsi yang bisa menjadi pilihan. Selain memfasilitasi interaksi dengan klien hingga mencapai perjanjian sewa dalam sistem yang modern, TenantCloud juga dapat dimanfaatkan untuk manajemen akuntansi bisnis secara sederhana. KelebihanSinkronisasi catatan transaksi yang memudahkan proses pencatatan keuangan.Komunikasi internal tim dan eksternal dengan penyewa dan pemilik properti lebih mudah.Background checking untuk meningkatkan keamanan. KekuranganBukan produk lokal untuk yang perlu tim support yang cepat. Fitur unggulanIntegrasi dengan sistem ERP Tenant lainnya yang dapat memudahkan alur bisnis secara lebih luas. 4. DoorLoop Tak kalah dari rekomendasi sebelumnya, DoorLoop menjadi salah satu PMS dengan fitur lengkap, mulai dari akuntansi, penyewaan, penagihan sewa, penyaringan penyewa, hingga manajemen pemeliharaan. KelebihanFitur komunikasi memberikan layanan interaksi yang efisien dengan klien.Otomatisasi berbagai aktivitas bisnis melalui manajemen portofolio.API terbuka memungkinkan integrasi dengan aplikasi eksternal. KekuranganKompleksitas sistem membutuhkan kemampuan penggunaan yang terlatih. Fitur unggulanDengan tagline penggunaan teknologi terbaru dan tercanggih, Doorloop menjamin fitur lengkap yang maksimal untuk mengelola bisnis properti. 5. Rentec Direct Rentec Direct memberikan layanan PMS dengan fitur lengkap yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis properti mengelola hingga 5.000 unit properti. KelebihanMenyediakan faktur yang terintegrasi dengan sistem akuntansi untuk pembuatan laporan yang lebih mudah dan praktis.Menyediakan situs web khusus untuk promosi properti secara daring.Menyediakan informasi yang komprehensif untuk background checking, mulai dari catatan kredit hingga kriminal. KekuranganHarga bukan termurah, 45 dollar/bulan/1 unit properti dan bukan lokal app Fitur unggulanStandar keamanan tingkat tinggi, penyimpanan data secara real-time, manajemen pemesanan, perawatan hingga tracking histori penyewaan. 6. Rent Manager Berbasis cloud, Rentec Direct mampu mengelola portofolio perumahan, komersial, asosiasi, manufaktur, hingga hunian jangka pendek untuk berbagai skala bisnis. Software ini juga telah dilengkapi program akuntansi, alat komunikasi, hingga manajemen pemeliharaan. KelebihanMenyediakan faktur yang terintegrasi dengan sistem akuntansi untuk pembuatan laporan yang lebih mudah dan praktis.Menyediakan situs web khusus untuk promosi properti secara daring.Menyediakan informasi yang komprehensif untuk background checking, mulai dari catatan kredit hingga kriminal. KekuranganHarga bukan termurah, 45 dollar/bulan/1 unit properti dan bukan lokal app Fitur unggulanStandar keamanan tingkat tinggi, penyimpanan data secara real-time, manajemen pemesanan, perawatan hingga tracking histori penyewaan. 7. Mekari Jurnal Khusus Mekari Jurnal, bagi Anda yang ingin mengelola manajemen operasional bisnis properti dengan tetap memerlukan produk dan support tim lokal, aplikasi ini bisa menjadi pilihan bijak. Secara umum Mekari Jurnal bukan murni software PMS, tetapi jika dilihat dari pengusaha properti di Indonesia, Mekari Jurnal bisa menjadi solusi alternatif bagi pengusaha yang ingin produk lebih murah dan lokal meski tak selengkap produk luar. Coba Gratis Mekari Jurnal KelebihanMemiliki fitur untuk manajemen keuangan masuk dan keluar bisnis properti.Terintegrasi dengan sistem luar seperti HRIS dan Pajak untuk manajem karyawan dan perpajakanDukungan tim lokal dan harga lebih murah. KekuranganTidak selengkap software PMS murni. Fitur unggulanSistem Mekari Jurnal dapat membantu operasional dan manajemen pembukuan keuangan bisnis properti, manajemen invetaris, stok, invoice hingga perpajakan. Solusi murah dengan dukungan lokal yang memudahkan para pemilik usaha properti. Manfaat software manajemen properti Mengurangi pekerjaan manual, dari pemesanan hingga pembayaran. Mempercepat pencatatan dan pembuatan laporan pembukuan keuangan. Membantu manajemen tagihan dan pembayaran online. Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan online service. Atur jadwal perawatan aset dan barang properti. Membantu regulasi pemerintah. Mempermudah dalam mengumpulkan data pelanggan secara cepat dan terpusat. Tersedia dalam versi aplikasi untuk kemudahan akses. Tips Efisiensi Manajemen Properti Penggunaan property management software mampu meningkatkan kinerja bisnis dan memfasilitasi pelayanan terhadap klien dengan maksimal. Untuk memilih PMS terbaik, Anda bisa mempertimbangkan sejumlah hal berikut: Sesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Lihat fitur yang sesuai dengan jenis usaha properti. Perhatikan fitur penyimpanan data dan keamanan. Kemampuan fitur dan kemudahan software. Pilih support yang mudah dan bisa di andalkan. PMS adalah solusi bagi bisnis properti Software PMS mengotomatiskan dan mengatur berbagai kebutuhan bisnis properti. Fitur yang penting dimiliki oleh PMS sangat membantu usaha untuk bergerak lebih cepat, lebih murah, efisien, teratur dan mudah untuk di kembangkan. Tapi, tidak semua pemilik properti memiliki aset properti yang banyak, dan mungkin saja ada yang merasa tidak perlu semua fitur dan hanya butuh fitur-fitur tertentu. Salah satu kebutuhan utama pengelola bisnis properti adalah software manajemen keuangan, manajemen aset dan dukungan pengembang. Untuk solusi itu, Mekari Jurnal hadir dengan banyak fitur untuk mengelola usaha properti. Lihat semua fitur disini atau coba gratis Mekari Jurnal sekarang.