Outing Kantor : Definisi, Manfaat dan Rekomendasi

Jika Anda memiliki sebuah bisnis, Anda tentu tahu bahwa karyawan telah melewati hari-hari yang penat dengan beban yang telah dikerjakan. Jika tidak segera diatasi dapat menimbulkan kejenuhan bahkan kehilangan semangat karyawan Anda. Hal ini dapat menyebabkan penurunan aktivitas dalam bisnis. Lalu, bagaimana caranya agar kejenuhan para karyawan di perusahaan Anda dicegah? Anda dapat melakukan Outing Kantor.

Apa itu Outing Kantor?

Outing kantor adalah perjalanan yang dilakukan untuk kesenangan yang biasanya hanya berlangsung sehari sampai tiga hari. Outing merupakan sebuah bentuk peduli Anda terhadap karyawan agar dapat kembali bersemangat dalam bekerja serta membuat karyawan Anda kompak serta saling mengenal satu sama lain. Akan tetapi, dalam outing Anda juga harus tahu bahwa perencanaan kegiatan harus jelas dan tidak hanya sekedar kekompakkan saja. Anda dapat saja menyertakan kegiatan outbond maupun gathering dalam outing kantor Anda.

Perbedaan Outing, Outbound dan Gathering

  • Outing

Kegiatan yang diadakan oleh perusahaan yang bersifat menyenangkan seperti rekreasi di alam terbuka. Outing dilaksanakan dengan acara bebas atau hanya permainan ringan yang tidak berat secara fisik, pikiran dan emosional.

  • Outbound

Kegiatan edukatif yang diselenggarakan perusahaan di alam terbuka. Jenis permainan yang membutuhkan fisik, pikiran dan emosional seperti permainan strategi, brain games, fun games, ice breaking maupun team building. Dalam outbound, karyawan Anda akan dilatih untuk meningkatkan komunikasi, empati, teamwork serta kesabaran.

  • Gathering

Kegiatan yang diadakan oleh perusahaan dalam suatu lokasi tertentu baik di dalam maupun luar ruangan. Kegiatan tersebut sekedar rekreasi atau hiburan dengan tujuan mempererat tali silaturahmi, keakraban serta kekeluargaan.

Manfaat Outing Kantor

  • Mengenalkan Satu Individu dengan Individu Lain

Outing kantor dapat menjadi cara strategis untuk wadah team-building antar karyawan di bisnis Anda. Baik dalam permainan ringan maupun saat beristirahat, karyawan dapat menjalin komunikasi lebih baik serta saling mengenal satu sama lain.

  • Mengistirahatkan Fisik, Pikiran dan Emosi

Setelah hari-hari bekerja yang dilalui oleh karyawan, kini saatnya outing membuat karyawan istirahat sejenak agar dapat lebih produktif dan mengembalikan aktivitas.

  • Bentuk Kepedulian Perusahaan

Saat outing, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda peduli dengan karyawan dengan memberikan kesempatan untuk saling berdiskusi mengenai lingkungan pekerjaan ataupun masalah yang ada. Ketika karyawan sudah merasa saling mengenal, akan lebih mudah untuk mereka membuka diri dan mengeluarkan keluh kesah selama bekerja. Akan tetapi, ini jangan terlalu dipaksakan jika kondisi belum memungkinkan.

Baca juga : 5 Alasan Kenapa Anda dan Tim Harus Meeting di Luar Kantor

Rekomendasi Tempat Outing Kantor di Jakarta

1. Pulau Seribu

Pulau seribu merupakan destinasi yang sering dipilih perusahaan untuk outing para karyawan. Dari sekian banyak pulau, setiap pulaunya bisa disesuaikan dengan tema outing kantor perusahaan. Berikut beberapa rekomendasinya.

  • Pulau Alam Kotok

Pulau yang begitu natural ditonjolkan dari vegetasi yang belum terjamah tangan manusia. Bahkan, pulau ini dipakai sebagai tempat konservasi elang bondol, maskot provinsi DKI Jakarta. Pulau Alam Kodok bisa dicapai dalam 90 menit dari Ancol serta berkapasitas sampai 100 orang.

  • Pulau Macan

Pulau Macan terdiri atas dua pulau, yakni Macan Besar dan Macan Kecil yang dipisahkan pantai indah. Kegiatan-kegiatan yang dapat perusahaan Anda lakukan disini mencakup snorkeling, kayaking, hingga diving. Terdapat cottage sebagai tempat bermalam di Pulau Macan.

  • Pulau Pantara

Pulau kesayangan para penyelam karena wisata baharinya yang memukau dan masih alami. Selain itu, pulau ini juga cocok dipakai sebagai lokasi outing dengan kapasitas sampai 150 orang. Ada penginapan berupa cottage sebanyak 57 buah.

2. Bumi Perkemahan Ragunan

Bumi perkemahan ragunan merupakan salah satu tempat outdoor yang terletak di Jl. RM. Harsono No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, RT.9/RW.4, Kota Jakarta Selatan. Selain cukup luas, bumi perkemahan ragunan juga menyediakan aula dari tipe kecil sampai besar tidak hanya itu fasilitas penunjang juga disediakan misalnya adanya mushola, parkir, MCK dan lain-lain. Tentu, ini menjadi pilihan tempat outing kantor bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan. Paket outbound di Bumi Perkemahan Ragunan di patok sekitar harga 290k -350k/orang.

3. Pandora Experience Escape Room

Sebuah wahana permainan penuh misteri yang menuntut keberanian, kemampuan bekerja sama, keahlian menyusun strategi dan keterampilan dalam pemecahan masalah. Pandora Express Escape Room dapat menjadi ide outing kantor yang menarik untuk dilakukan. Terdapat tema cerita seperti Jack The Ripper, Bermuda Triangle dan The Flying Dutchman. Kapasitas setiap cerita antara 2-14 orang selama 120 menit.

4. Dunia Fantasi

Salah satu program di Dunia Fantasi untuk outing kantor yaitu Amazing Race yang berbasis teknologi web app. Beragam misi dapat dituntaskan dengan mengeksplor area Dunia Fantasi. Meskipun seru, para peserta amazing race di Dufan harus cermat menghitung waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap misi karena kriteria pemenang ditentukan dari kelompok yang tercepat menuntaskan misi. Tentu, ini akan menjadi outing yang menarik untuk perusahaan Anda.

5. Kampung Main Cipulir

Jika Anda ingin mengadakan outing dengan biaya yang hemat maka lokasi ini pilihannya. Permainan seperti flying fox, kolam renang, lapangan futsal, berkuda, trampolin, shooting target dan paintball, ATV dapat dilakukan oleh karyawan dalam perusahaan Anda. Selain itu, juga terdapat paket murah outbound dengan harga 25.000-35.000.

Dengan mengetahui pengertian, manfaat serta rekomendasi outing di Jakarta, Anda dapat merealisasikan outing kantor untuk perusahaan Anda. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya outing yang akan dikeluarkan. Dengan bantuan software aplikasi Jurnal. Anda dapat memiliki laporan keuangan otomatis dan fitur keuangan bisnis Anda dengan lengkap sehingga Anda dapat memperhitungkan biaya untuk outing kantor Anda. Selain itu, Jurnal juga sudah melakukan rekonsiliasi dengan berbagai bank sehingga memudahkan pembayaran perusahaan. Untuk informasi lebih lengkapnya, klik di sini.


PUBLISHED10 Mar 2020
Septina Muslimah
Septina Muslimah

SHARE THIS ARTICLE: