Mengenal Kartu Nama Bisnis dan Fungsinya

Business card dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah kartu nama bisnis. Seringkali kartu bisnis ini disebut dengan istilah kartu nama.

Tentu saja kartu nama merupakan hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Benda ini bukanlah merupakan benda asing dan bisa dijumpai di mana saja. Banyak orang dan perusahaan yang memiliki kartu nama.

kartu nama

Bahkan bisnis mulai dari bisnis kecil hingga bisnis menengah juga dilengkapi dengan adanya kartu nama. Sebuah kartu nama menunjukkan adanya informasi mengenai individu dan mengenai suatu kelompok atau bahkan mengenai suatu perusahaan.

Pada sebuah kartu nama termuat informasi bisnis mengenai individu atau kelompok atau perusahaan tertentu.

Business card atau kartu bisnis biasa diberikan kepada pihak lain sebagai tanda perkenalan yang umumnya bersifat formal atau semi formal. Dengan adanya kartu nama ini maka seseorang diharapkan agar dapat mengingat nama individu atau perusahaan yang tercantum pada kartu nama tersebut.

Informasi mengenai perusahaan atau mungkin perusahaan dan profesional bisa Anda dapatkan melalui kartu nama.

Memang pada sebuah kartu nama biasanya terdapat informasi mengenai nama pemberi dan perusahaan tempatnya bekerja. Di kartu nama tercantum pula alamat atau nomer kontak yang bisa dihubungi sewaktu-waktu. Jika kartu nama yang Anda terima merupakan kartu nama perusahaan maka pada kartu tersebut tertera nama perusahaan beserta logonya.

Selain itu sudah tentu tertera pula alamat dan nomer telepon perusahaan yang bisa dihuungi serta situs atau website dan alamat email perusahaan. Bahkan sekarang ini pada kartu nama bisa saja tertera nama akun media sosial perusahaan.

Jika ditinjau secara lebih jelas maka bisa dilihat bahwa kartu bisnis pada zaman dahulu identik dengan warna latar putih yang dilengkapi dengan teks berwarna hitam.

Kartu bisnis atau kartu nama yang seperti ini tampaknya merupakan jenis kartu nama tradisional yang mungkin saja masih digunakan oleh beberapa individu atau perusahaan.

Di masa sekarang ini tampaknya desain kartu nama mengalami perkembangan. Jika sebelumnya kartu nama hanya berwarnakan hitam dan putih maka sekarang ini kartu nama tampil dengan warna yang bervarian.

Kemajuan teknologi di zaman ini cenderung mendorong terjadinya perubahan desain dan gaya pada sebuah business card.

Bahkan business card saat ini memiliki desain visual yang mencolok dan sangat indah untuk dipandang.

Fungsi & Manfaat Kartu Bisnis

Jika mendengar istilah kartu nama atau kartu bisnis maka hal pertama yang terbesit di pikiran kita selalu informasi mengenai pemberi kartu nama.

Walaupun bentuk dan ukurannya kecil namun sebuah kartu nama memiliki berbagai informasi yang dibutuhkan. Kartu nama memang sekarnag ini sudah bukan merupakan hal yang trend lagi. Bahkan kartu nama dianggap ketinggalan zaman.

Namun tetap saja sebuah kartu nama atau kartu bisnis memiliki fungsi yang sangat penting terutama dalam dunia bisnis. Oleh karena itu sampai dengan sekarang ini masih banyak orang dan perusahaan yang menggunakan kartu nama.

Umumnya seseorang akan mengenalkan bisnis atau usaha yang sedang dijalani dengan memberikan kartu nama pada konsumen atau orang lain.

Pemberian kartu nama atau business card kepada konsumen dan kepada orang lain diharapkan agar orang atau pihak yang menerima kartu dapat mengetahui informasi mengenai berbagai hal yang menyangkut individu atau perusahaan pemberi kartu nama. Melalui kartu nama maka Anda bisa mengetahui alamat individu atau perusahaan.

Selain itu Anda juga bisa mengetahui nomer telepon individu atau perusahaan tersebut sehingga Anda bisa menghubunginya kapan saja. Anda juga bisa menghubunginya melalui email yang tertulis di kartu nama.

Bahkan Anda bisa mendapatkan informasi lebih jauh mengenai perusahaan pemberi kartu nama dengan membuka situs website perusahaan yang nama situnya tertera pada kartu nama.

Jika ingin melihat berbagi foto kegiatannya maka Anda bisa melihat akun Instagram perusahaan dengan nama akun yang tertera pada kartu nama. Atau mungkin anda juga bisa melihat akun Facebook perusahaan dengan melihat nama akunnya di kartu nama yang diberikan pada Anda.

Dengan demikian maka Anda bisa melndapatkan berbagai macam informasi mengenai sebuah perusahaan hanya dengan melihat identitas yang terdapat pada kartu nama atau kartu bisnis.

Sebuah kartu bisnis juga bisa bermanfaat sebagai suatu profesional branding yang bersifat eksklusif. Dengan adanya kartu nama maka nilai profesionalitas Anda akan semakin meningkat. Demikian pula dengan perusahaan yang memiliki kartu nama akan menjadi lebih dipercaya oleh para konsumen sehingga konsumen tidak akan meragukan kualitas perusahaan.

Unsur Kartu Bisnis

Pada sebuah kartu bisnis tentu terdapat informasi berupa alamat dan nomer telepon serta alamat atau nomer lainnya yang sekiranya bisa menghubungkan Anda dengan pemberi kartu nama. Terlebih lagi jika pemberi kartu nama itu adalah sebuah perusahaan yang menjual produknya.

Sebuah kartu nama atau kartu bisnis yang menjelaskan diri secara singkat dan jelas tentu di dalamnya terdapat profil diri.

Profil diri berarti informasi mengenai diri mengenai pemilik kartu nama sehingga klien atau konsumen bisa dengan lebih mudah mencari info dan kebenaran tentang pemilik kartu nama.

Selain itu sebuah kartu bisnis mengandung unsur profesionalitas yang akan membuat konsumen dan klien akan semakin percaya pada pemilik kartu nama. Kartu nama memang melambangkan profesionalitas seseorang atau perusahaan sehingga dapat menambah nilai orang atau perusahaan tersebut.

Hal lain yang perlu diperhatikan pada sebuah kartu nama adalah desain pada kartu nama. Sebuah kartu nama akan semakin meyakinkan bila desain kartu bersifat eksklusif.

Desain kartu nama sudah seharusnya dibuat menarik dan bahkan sebisa mungkin menjadi ciri dari sebuah perusahaan. Jika pada kartu nama terdapat gambar atau latar belakang bermotif maka sebaiknya gambar dan motif disesuaikan dengan bidang usaha dari perusahaan.

Selain itu warna kartu nama juga bisa dibuat mencolok agar bisa diingat.

Secara keseluruhan penggunaan business card bisa dipandang cukup penting untuk mempermudah menjalankan bisnis serta perusahaan. Demikian juga dalam perusahaan dibutuhkan sistem yang mempermudah pengaturan data karyawan secara efektif dan efisien.

Oleh sebab itu untuk mendukung hal tersebut sebaiknya gunakan saja produk yang sesuai, misalnya melalui produk JojoTimes.

Dimana penggunaan produk ini bisa memberikan banyak manfaat mulai dari data karyawan yang terorganisir dengan sistematis hingga penelusuran bakat serta kebutuhan karyawan yang mudah diakses kapan saja oleh perusahaan.

Tentu saja beberapa manfaat tersebut tidak lepas dari adanya berbagai macam fitur pada JojoTimes. Mulai dari fitur Leave Management, Real Time Leave Approval, Shift / Flexible Work Hour Setup, Attendance Fraud Detection, Attendance Offline Mode, dan masih banyak lagi.

Semua ini menjadi alasan supaya tidak perlu ragu untuk melangkah. Mari segera coba gratis produk JojoTimes di perusahaan Anda. Lihat sendiri bagaimana produk ini mempermudah langkah kerja tim HRD dalam pengaturan karyawan perusahaan yang optimal.

Selain Kartu Bisnis, Ini yang Wajib Dimiliki Oleh Perusahaan

Sebuah sistem bisnis seperti aplikasi akuntansi dengan fitur utama laporan keuangan yang memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis.

Dengan beraga fitur istimewa, seperti adanya fitur aplikasi invoice untuk pembuatan faktur dan perhitungan pajak, bisnis menjadi semakin mudah.

Coba Jurnal selama 14 hari, gratis trial!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo