Daftar Isi

Pentingnya Informasi Produk dalam Gudang untuk Efisiensi Bisnis

Tayang 01 Jul 2024
Diperbarui 04 Juli 2024

Pengelolaan produk dalam gudang merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga efisiensi bisnis yang optimal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan dan mengelola informasi produk yang terstruktur dan terperinci.

Melalui hal ini, sebuah perusahaan dapat mengoptimalkan proses pengadaan, penyimpanan, dan bahkan distribusi barang.

Simak penjelasan lebih lengkap mengenai peran manajemen produk dalam gudang dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Manajemen Produk dalam Inventory?

Konsep manajemen produk dalam inventory mencakup serangkaian praktik dan prosedur yang dirancang untuk mengelola, mencatat, dan mengontrol semua produk yang tersedia dalam gudang secara efektif.

Pengelolaan produk meliputi kegiatan seperti pengadaan barang, penyimpanan dengan memperhatikan kebutuhan ruang dan kondisi penyimpanan yang sesuai, serta distribusi barang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pelanggan.

Pencatatan yang baik merupakan bagian integral dari manajemen produk, yang mencakup pembuatan dan pemeliharaan catatan terkait informasi produk yang lengkap.

Bagian informasi produk ini dapat dicatat pada setiap transaksi masuk dan keluar barang, persediaan yang tersedia, serta perubahan status barang seperti kerusakan atau kadaluwarsa agar mendapat data yang detail.

Pentingnya Manajemen Produk dalam Gudang

Mengapa ini penting? Informasi produk yang akurat tidak hanya mempermudah identifikasi dan pencarian barang di dalam gudang, tetapi juga memungkinkan perencanaan persediaan yang lebih efektif.

Dengan demikian, pengelolaan produk yang baik dapat mengurangi biaya penyimpanan berlebihan serta menghindari kekurangan stok yang dapat menghambat kelancaran operasional perusahaan.

Selain itu, data produk yang terorganisir dengan baik juga memberikan keunggulan kompetitif karena memungkinkan perusahaan untuk merespons dengan cepat terhadap permintaan pasar dan memenuhi kebutuhan pelanggan secara tepat waktu.

Informasi yang Wajib Dicatat dalam Manajemen Produk

Manajemen produk yang efektif melibatkan pencatatan berbagai informasi penting untuk memastikan produk diidentifikasi, dikelola, dan dipasarkan dengan benar.

Selengkapnya berikut daftar informasi penting dan salah satu contohnya:

  1. Nomor SKU, seperti SKU1234
  2. Deskripsi dan Kategori Produk, seperti Barang elektronik dengan deksripsi “layar 32 inch HD, warna hitam, smart TV”.
  3. Spesifikasi Produk, seperti tinggi, berat, dan komposisi bahan.
  4. Aset gambar.
  5. Informasi garansi.
  6. Informasi untuk pengiriman, seperti dimensi paket, berat pengiriman, dan cara pengemasannya yang ideal.
  7. Informasi barcode, seperti UPC, dan kode EAN.

Pengelompokan Produk yang Efektif

Mengelompokkan produk menurut jenis, harga, tujuan, dan karakteristik lainnya sangat penting untuk pengelolaan produk yang efektif.

Seperti misalkan ketika gudang mengkategorikan produk berdasarkan jenisnya, ini dapat membantu dalam mengatur inventaris besar ke dalam segmen yang dapat dikelola.

Ini juga menyederhanakan manajemen inventaris dengan menyediakan struktur yang jelas untuk penyimpanan dan pengambilan.

Beberapa dampak lainnya yang memberikan hal yang positif, seperti:

  • Tata Kelola yang Rapih: Pekerja dapat menavigasi dan menemukan produk dengan lebih mudah, sehingga dapat memaksimalkan waktu tunggu untuk kepuasan yang lebih tinggi dan berpotensi meningkatkan penjualan.
  • Manajemen Inventaris yang Efisien: Melalui pengaturan produk secara logis, bisnis dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan, mengurangi kesalahan pengambilan, dan mengelola tingkat stok secara efektif.
  • Analisis dan Wawasan Data: Pengelompokan memfasilitasi analisis data penjualan, preferensi pelanggan, dan tren pasar yang bermakna, memungkinkan pengambilan keputusan dan pengembangan strategi yang tepat.

Peran Manajemen Produk dalam Sistem Supply Chain

Perkembangan bisnis dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satu faktor terbesarnya adalah pengelolaan supply chain yang lancar.

Manajemen produk memainkan peran penting dalam mengoptimalkan sistem supply chain bisnis secara keseluruhan dengan menyelaraskan pengembangan dan pengiriman produk dengan permintaan pasar dan kemampuan operasional.

Pada intinya, manajemen produk yang efektif memastikan bahwa produk yang tepat dikembangkan, diproduksi, dan dikirimkan pada waktu dan biaya yang tepat.

Informasi yang tertera pada produk juga menjadi sebuah cara untuk dapat meningkatkan pengelolaan produk yang efektif dalam gudang.

Informasi yang akurat dan penempatan kategorisasi produk di gudang yang efektif dapat membantu mengoptimalkan tingkat inventaris, mengurangi waktu tunggu, dan meningkatkan respons rantai pasokan secara keseluruhan.

Sinkronisasi ini tidak hanya menurunkan biaya operasional namun juga meningkatkan ketangkasan dan fleksibilitas rantai pasokan untuk merespons perubahan permintaan pelanggan atau kondisi pasar secara efisien.

Oleh karena itu, manajer gudang dapat menggunakan Mekari Jurnal, software akuntansi yang telah terintegrasi dengan fitur-fitur SCM, salah satunya adalah manajemen produk.

Melalui fitur ini, Anda dapat mengumpulkan informasi produk secara sentral dalam database Mekari Jurnal.

Data yang tersimpan akan terkelola secara realtime karena telah terintegrasi dengan gudang, mulai dari informasi ketersediaan dan lokasi penyimpanan, untuk memudahkan pekerja Anda bekerja secara efisien.

Daftarkan bisnis Anda sekarang dan dapatkan free trial selama 7 hari sekarang juga!

Konsultasi dengan Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

MIT, “5 supply chain technologies that deliver competitive advantage”.

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal