Jurnal Enterpreneur

Big 4 Accounting, Siapa Saja Dan Bagaimana Sejarahnya

Dunia akuntansi tentu saja sudah pernah mendengar mengenai Big 4 Accounting, empat perusahaan akuntansi terbesar di dunia. Sebagai perusahaan besar yang cukup ternama, tentu saja ada banyak akuntan yang tertarik untuk bergabung di dalamnya.

Namun, bagi yang awam dengan dunia akuntansi bisa jadi kesulitan mengenali mana saja perusahaan yang termasuk ke dalam empat perusahaan tersebut. Maka dari itu, ada baiknya mencoba untuk melihat penjelasan dan informasi berikut mengenai empat perusahaan besar dunia di bidang akuntansi ini.

accounting-worker

Perusahaan Yang Termasuk Dalam Big 4 Accounting

Mungkin banyak yang penasaran, siapa saja yang bergabung di dalam Big 4 Accounting, dan bagaimana awal mula perusahaan tersebut terbentuk. Hal ini cukup menarik untuk diikuti, mengingat bahwa perusahaan yang bergabung di dalamnya memang terkenal sebagai perusahaan besar kelas dunia. Sehingga banyak yang menggunakan jasanya sekaligus banyak juga yang tertarik untuk bergabung di dalamnya.

Adapun Big 4 Accounting ini terdiri dari empat perusahaan akuntansi ternama di dunia meliputi PricewaterhouseCoopers (PwC), Deloitte Touche Tohmatsu (Deloitte), Ernst & Young (E&Y) dan Klynveld Peat Marwick Goerdeler (KPMG).

Sebagai perusahaan akuntansi yang cukup besar, tentunya keempat perusahaan ini juga menyediakan beberapa layanan jasa lainnya termasuk di bidang asuransi, konsultasi manajemen, penasihat akuntansi perusahaan, perpajakan, aktuaria hingga layanan hukum dan keuangan pada perusahaan.

Oleh sebab itu tidak heran jika ada banyak yang memutuskan untuk menggunakan jasa dan layanan yang diberikan oleh perusahaan kelas kakap tersebut. Satu hal lagi yang menarik untuk diketahui, sebenarnya perusahaan ini bukan perusahaan individu yang berdiri sendiri. Melainkan merupakan jaringan yang saling terkait dan memberikan layanan profesional kepada banyak perusahaan di seluruh dunia.

Salah satunya yang beroperasi di Indonesia yaitu Ernst & Young Indonesia. Sebagai perusahaan akuntansi yang cukup besar dan ternama di tanah air, ada banyak perusahaan yang menggantungkan audit dan konsultasi keuangannya pada perusahaan tersebut.

Dengan sistem yang matang serta kredibilitas yang tinggi dari para personel perusahaan Ernst & Young Indonesia, tentunya membantu memberikan hasil yang memuaskan para penggunanya.

Hal Menarik Pada Tiap Perusahaan

Tentu saja keberhasilan dan kesuksesan sebuah perusahaan tidak jauh dari sistem yang digunakan serta pendukung dari aktivitas kerja setiap harinya. Demikian juga jika berbicara terkait dengan empat perusahaan ternama dunia itu tadi.

Sebagai perusahaan berskala internasional dengan banyak inti bisnis di dalamnya, tentu saja sistem yang dibangun oleh perusahaan tersebut cukup matang dan maksimal. Sehingga tidak heran jika banyak perusahaan besar dunia yang bergantung pada layanan jasa dari keempat perusahaan akunting tersebut. Adapun beberapa sistem yang sudah dikembangkan cukup baik pada Big 4 Accounting seperti yang tertera berikut ini.

Strategi Layanan Konsultasi

Big 4 Accounting terkenal dengan strategi layanan konsultasi keuangan perusahaan yang cukup menarik dan menjanjikan. Maka dari itu tidak heran jika banyak perusahaan besar di dunia yang menyerahkan strategi manajemen keuangannya pada jasa layanan perusahaan tersebut.

Dengan memberikan masukan dan langkah terbaik untuk perusahaan yang dilayani, maka otomatis dapat membantu pengelolaan keuangan perusahaan yang lebih maksimal. Sehingga perusahaan yang menggunakan jasanya dapat memperoleh sistem keuangan yang lebih baik dengan keuntungan maksimal dan potensi kerugian yang lebih minim.

Strategi Manajemen Risiko Perusahaan

Big 4 Accounting juga menerapkan strategi layanan manajemen risiko perusahaan. Hal ini merupakan hal yang cukup penting bagi banyak perusahaan untuk dapat memetakan keuangannya dengan baik. Dengan manajemen resiko, maka perusahaan dapat memutuskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Sehingga hal ini dapat membantu menjaga sistem keuangan yang lebih stabil. Maka dari itu layanan manajemen risiko merupakan salah satu layanan yang menarik perhatian bagi banyak perusahaan kelas kakap dunia.

Strategi Sistem Akuntansi Perusahaan

Layanan lainnya yang juga dikedepankan dari Big 4 Accounting yaitu strategi sistem akuntansi yang optimal untuk perusahaan. Misalnya melalui penggunaan accounting software yang tepat untuk mengatur dan melaporkan seluruh transaksi keuangan perusahaan.

Dengan sistem yang baik dan optimal, tentu akan lebih mudah melakukan pemantauan terhadap kondisi keuangan perusahaan. Tidak hanya itu saja, namun hal ini membantu langkah akuntansi perusahaan yang lebih cepat dan efektif.

Tips Menjadi Karyawan di Big 4 Accounting

Tentu saja bagi banyak lulusan akuntan akan merasa bangga jika dapat bergabung di salah satu dari Big 4 Accounting tersebut. Sebagai perusahaan akuntansi besar dan ternama, tentu saja ada banyak keistimewaan bagi para pekerja yang berhasil menjadi bagian di dalamnya.

Demikian juga tidak menutup kemungkinan untuk para lulusan akuntan muda di Indonesia. Tidak ada salahnya memiliki mimpi untuk menjadi bagian dari perusahaan internasional tersebut. Bila tertarik untuk bergabung di dalamnya, sebaiknya pastikan untuk menyimak tips berikut ini agar berhasil.

Memiliki Pengetahuan Dan Keahlian Yang Memadai

Salah satu hal penting yang akan membuat dilirik oleh perusahaan besar adalah pengetahuan serta keahlian yang memadai. Contohnya jika ingin diterima pada Ernst & Young Indonesia, maka memiliki keahlian dan pengetahuan yang sesuai dengan layanan bisnis perusahaan tersebut.

Sebisa mungkin pastikan untuk memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai. Lulusan universitas ternama bisa menjadi nilai tambah, apalagi jika memiliki nilai yang baik. Tentunya dengan bekal keahlian yang sesuai, kesempatan untuk diterima akan makin besar.

Portfolio Menarik

Membuat portfolio yang tepat merupakan hal yang penting, sehingga sebaiknya jangan sampai disepelekan. Pastikan memuat seluruh informasi penting pada halaman portfolio yang dibuat, terutama terkait dengan posisi yang diinginkan pada perusahaan tersebut.

Cantumkan latar belakang pendidikan yang sesuai, serta informasikan keahlian tertentu sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan membangun portofolio yang baik dan berkompetensi, tentunya dapat membantu untuk meningkatkan nilai di depan perusahaan impian.

Memiliki Rasa Percaya Diri

Meskipun terlihat sederhana namun rupanya rasa percaya diri yang tepat juga mampu membantu untuk memperoleh posisi pada perusahaan yang baik. Oleh karena itu saat menghadapi sesi interview di perusahaan yang diinginkan, tunjukkan rasa percaya diri akan kesanggupan untuk menjalankan pekerjaan di perusahaan tersebut.

Dengan demikian tentu perusahaan akan tertarik untuk merekrut dan menjadikan bagian di dalamnya. Namun tentu saja hindari percaya diri yang terlalu tinggi, sesuaikan dengan situasi dan kondisi agar dapat memperoleh nilai positif untuk dapat diterima.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai Big 4 Accounting, mulai dari informasi sejarah, nama perusahaan yang bergabung, hingga tips untuk dapat menjadi salah satu karyawannya. Pastinya melalui informasi yang disediakan pada artikel ini dapat membantu para akuntan muda yang ingin menjadi bagian dari perusahaan kelas dunia tersebut.

Dengan pemahaman dan informasi memadai ini, pastinya sedikit banyak akan memberikan pencerahan tentang perusahaan-perusahaan besar tersebut serta apa yang menarik tentangnya.

Kategori : Accounting

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo