Dalam menjalankan bisnis, pasti ada saatnya Anda merasa penuh semangat, dan ada juga saatnya merasa malas. Rasa malas datang bukan hanya bagi karyawan, sebagai pengusaha Anda pun pasti pernah mengalami rasa malas. Perasaan ini biasanya akan datang ketika Anda mulai bosan menjalani kegiatan yang itu-itu saja. Hal ini tentu dapat menghambat Anda dalam meraih kesuksesan, khususnya dalam bisnis.

 

Faktor yang memengaruhi rasa malas pun akan berbeda-beda setiap orang. Rasa malas seorang pengusaha biasanya datang ketika mereka mengalami semangat yang menggebu-gebu, dan mengalami kegagalan di tengah perjalanan. Dalam hal ini, banyak pengusaha yang akhirnya menyerah dan gagal menjalankan bisnisnya. Padahal, dengan kegagalan tersebut, pengusaha dapat mengambil pelajaran di dalamnya. Lalu untuk menghindari kegagalan bisnis, bagaimana caranya mengatasi rasa malas tersebut?

 

Buat Tujuan yang Jelas

 

Banyak orang yang melakukan kegiatan tanpa tahu apa tujuan yang sebenarnya ingin dicapai. Misalnya, sebagai seorang pengusaha, Anda menjalankan bisnis untuk mengejar keuntungan, atau Anda mempromosikan bisnis agar semua orang tahu produk Anda. Itu adalah tujuan yang jelas. Jika tidak memiliki tujuan yang jelas, Anda juga tidak memiliki alasan kenapa Anda melakukan semua kegiatan tersebut. Alasan kuat inilah yang bisa menjadi motivasi bagi Anda dalam menjalankan aktivitas untuk mencapai tujuan Anda.

 

Kerjakan Tugas Mulai Pagi Hari

 

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berpikir dan mencari ide, karena pagi hari, otak dan tubuh kita masih fresh setelah istirahat di malam hari. Jadi, untuk menghindari rasa malas, Anda dapat mulai melakukan kebiasaan bangun pagi dan jangan pernah menunda pekerjaan hingga siang hari. Menunda pekerjaan hanya dapat membuat beban pekerjaan semakin menumpuk sehingga membuat Anda menjadi malas bekerja.

Miliki Energi Positif

 

Dengan memiliki energi positif, Anda akan merasa tertantang sehingga akan terpacu untuk terus maju dan tidak berdiam diri untuk bermalas-malasan. Energi positif ini bisa datang dari psikologi Anda sendiri, di mana jika mental dan cara berpikir Anda positif, maka energi Anda akan meningkat. Dan cobalah bergaul dengan orang yang positif, dengan begitu energi Anda akan ikut positif juga.

 

Berikan Reward and Punishment

Hal terakhir yang bisa dilakukan ketika malas datang, Anda harus menyiapkan reward dan punishment bagi diri Anda sendiri. Dengan adanya reward dan punishment, Anda akan memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan yang telah Anda tentukan. Misalnya, Anda ingin mengerjakan seluruh pekerjaan yang terasa sulit di pagi hari. Oleh karena itu, Anda harus datang pagi ke kantor. Jika Anda berhasil datang pagi dan menyelesaikan seluruh tugas, Anda bisa menyiapkan reward bagi diri Anda sendiri. Sedangkan, jika Anda tidak berhasil datang pagi dan tidak berhasil menyelesaikan tugas, Anda harus menerima hukuman yang telah disiapkan. Tentukan reward dan punishment sesuai dengan apa yang Anda suka. Misalnya Anda suka kopi, jadi jika berhasil, Anda boleh minum kopi di hari itu, dan jika gagal, Anda tidak boleh meminum kopi seharian.

 

Itulah 4 cara mengatasi rasa malas yang tiba-tiba datang. Lebih cepat Anda mengatasi rasa malas, semakin cepat pula Anda menghindari risiko kegagalan dalam bisnis.

Author