#MoveOn dari sistem manual dengan Mekari Jurnal 360! #MoveOn dari sistem manual dengan Mekari Jurnal 360! Coba sekarang
Coba sekarang
×
Mekari Jurnal
#MoveOn dari sistem manual dengan Mekari Jurnal 360! Coba sekarang
Coba sekarang
WMS Software

Aplikasi warehouse management system

Solusi efektif untuk optimalisasi gudang tempat penyimpanan, mulai dari proses pengambilan, penyimpanan, hingga pengiriman barang yang lebih efisien dengan fitur aplikasi WMS terpercaya di Indonesia.

aplikasi akuntansi perusahaan ritel & manufaktur
Daftar isi

Apa itu aplikasi warehouse management system (WMS)?

Aplikasi Warehouse Management System (WMS) adalah perangkat lunak untuk mengatur, memantau, dan mengoptimalkan proses operasional gudang dari proses penerimaan barang, penempatan dan pengiriman stok.

Sistem ini memberikan kemudahan bagi pengelola untuk memantau tempat penyimpanan dengan informasi dan data warehouse terbaru.

Apa saja manfaat software WMS?

Ada banyak manfaat dari penggunaan software WMS bagi bisnis dan perusahaan, dengan semakin cepatnya bisnis bergerak, maka pengelolaan tempat penyimpanan juga semakin berat dan membutuhkan aplikasi yang terpusat.

Manfaat penggunaan warehouse management system:

  • Mengelola data tempat penyimpanan yang dimiliki
  • Mengelola pencatatan stok yang masuk
  • Mengelola pencatatan stok yang keluar
  • Mengecek sisa stok yang tersedia
  • Pelacakan lokasi barang
  • Perawatan tempat penyimpanan
  • Memberikan notifikasi dan pemberitahuan
  • Memangkas waktu operasi dan mempercepat proses pencatatan
  • Efisiensi waktu, tenaga dan biaya operasional di gudang
  • Memeriksa kinerja melalui dahboard laporan dan hasil analisis
  • Manajemen penempatan ruang untuk melebarkan bisnis
  • Memberikan kepuasan pelanggan dengan pelayan yang cepat
  • Memelihara semua aset yang berada lingkungan gudang

Lalu, apa saja contoh rekomendasi aplikasi WMS yang bisa kita gunakan? Berikut pilihannya:

10 Aplikasi warehouse management system pilihan untuk perusahaan

1. Fitur WMS Mekari Jurnal

Manajemen inventori dan gudang - Mekari Jurnal

Mekari Jurnal memiliki fitur manajemen WMS berbasis cloud, sistem ini bergerak dalam mengelola inventori dan warehouse yang membantu perusahaan mengontrol gudang dan stok barang secara terstruktur, cepat dan efisien.

Fitur integrasi yang lengkap dengan sistem keuangan yang mumpuni, fitur WMS software Indonesia ini sangat cocok untuk UKM hingga perusahaan menengah dan enterprise yang membutuhkan platform terpusat dan real-time.

Fitur utama:

  • Manajemen inventori terintegrasi: Mencatat stok secara real-time (barang masuk dan keluar).
  • Pelacakan persediaan & HPP: Menghitung nilai persediaan untuk memudahkan perhitungan harga pokok penjualan (HPP).
  • Integrasi dengan akuntansi & pajak: Setiap transaksi gudang langsung tercatat dalam laporan keuangan.
  • Laporan realtime & komprehensif: Dapat diakses kapan saja melalui dashboard online.
Kelebihan
  • Ideal bagi usaha kecil dan menengah yang ingin solusi all-in-one.
  • Antarmuka berbahasa Indonesia yang mudah dioperasikan.
  • Layanan dukungan lokal.
  • Memiliki paket yang beragam sesuai kebutuhan.
  • Sistem lengkap dari manajemen keuangan, gudang, stok barang, invoicing hingga integrasi perpajakan.
Kekurangan
  • Fitur khusus WMS tidak sekomprehensif solusi global untuk gudang kompleks.
  • Kustomisasi mendalam mungkin memerlukan bantuan tim Mekari.

Untuk menggunakan sistem pemgelolaan warehouse dari fitur Mekari Jurnal ini, Anda bisa manfaatkan coba gratis disini

2. SAP Extended Warehouse Management (EWM)

Selanjutnya ada program SAP EWM berasal dari pengembang SAP jerman, yang merupakan bagian dari ekosistem SAP Supply Chain Management.

Software ini memiliki fitur unggulan seperti manajemen gudang dan integrasi penuh dengan modul SAP lainnya (SAP ERP, SAP TM), cocok untuk perusahaan menengah hingga besar.

SAP EWM memiliki sistem modern yang fleksibel yang dapat mengelola banyak stok dengan jaminan kestabilan juga kemanan data berkat dukungan cloud. Sistem SAP EWM memudahkan urusan logistik supply chain dan proses distribusi dengan sistem monitoring yang mudah.

Fitur utama:

  • Task & resource management: Memaksimalkan penempatan barang (space utilisation) dan rute pengambilan barang.
  • Manajemen pekerja: Memantau produktivitas karyawan secara detail.
  • Yard management: Mengelola lalu lintas kendaraan di area bongkar/muat barang.
Kelebihan
  • Sangat komprehensif untuk operasional gudang berskala internasional.
  • Terintegrasi baik dengan seluruh rangkaian produk SAP.
Kekurangan
  • Investasi awal tinggi dan proses implementasi yang tidak mudah.
  • Bisa membutuhkan konsultan SAP dan tim IT yang cukup berpengalaman.

3. Oracle Warehouse Management

Produk dari pengembang Amerika ini sudah cukup terkenal, aplikasi pergudangan Oracle WMS menawarkan solusi berbasis cloud dengan fungsionalitas hingga tingkat enterprise, mendukung manajemen stok di banyak gudang, pemenuhan pesanan, dan integrasi untuk prediksi permintaan.

Fokus untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin mendapatkan solusi dari pemenuhan kebutuhan barang untuk ecommerce dan retail.

Fitur utama:

  • Dukungan untuk banyak jenis tempat dan ruang: Rubah tempat apapun menjadi warehouse yang handal
  • 3D warehouse visualization: Visualisasi interaktif untuk mengetahui posisi dan tata letak gudang.
  • Dukungan mobile RF devices: Mempercepat pencatatan pengambilan barang dengan teknologi barcode/QR code.
  • Integrasi otomatisasi & robotik: Dapat terhubung dengan AGV (Automated Guided Vehicles).
Kelebihan
  • Sangat komprehensif untuk operasional gudang berskala internasional.
  • Terintegrasi baik dengan seluruh rangkaian produk SAP.
Kekurangan
  • Investasi awal tinggi dan proses implementasi yang tidak mudah.
  • Bisa membutuhkan konsultan SAP dan tim IT yang cukup berpengalaman.

4. Infor WMS

Infor WMS menawarkan beragam fitur untuk dukungan pengeloaan gudang, mencakup pengelolaan gudang. Cocok untuk industri ritel, manufaktur, 3PL, dan distribusi, dengan antarmuka modern dan dashboard analitik.

Ada beberapa hal menarik dari Infor, yaitu mereka menawarkan 99% order accuracy at bin level, atau proses penyiapan (picking) dan pemenuhan pesanan (order fulfillment) di tingkat lokasi penyimpanan berhasil dengan akurasi sebesar 99%.

Fitur utama:

  • Labor management & 3D visual warehouse: Memantau performa staf gudang secara detail.
  • Slotting optimization: Penempatan barang dinamis sesuai frekuensi permintaan.
  • Cross-docking: Memindahkan barang langsung dari inbound ke outbound jika diperlukan.
  • 3PL biling: Tingkatkan perhitungan biaya, proses penagihan, dan penerbitan faktur pada level pelanggan dengan alur kerja yang disesuaikan untuk setiap akun.
Kelebihan
  • Fitur WMS komprehensif dan fleksibel untuk berbagai jenis bisnis.
  • Dapat diintegrasikan dengan modul Infor lain (ERP, EAM, SCM).
  • AI-driven WMS.
Kekurangan
  • Konsultan lokal di Indonesia mungkin masih terbatas.
  • Biaya lisensi dan implementasi tergolong tinggi.

5. Manhattan Associates WMS

Manhattan Active Warehouse Management atau Manhattan Associates dikenal sebagai spesialis supply chain dan omnichannel. WMS mereka populer di kalangan ritel berskala besar dan pusat distribusi global.

Sistem berbasis cloud yang di desain untuk operasioanl yang real-time dengan dukungan otomatisasi yang cerdas.

Manhattan Active Warehouse Management mengelola alur kerja secara baik di seluruh area mulai dari tenaga kerja, robotik, dan transportasi, sehingga memaksimalkan efisiensi dan meminimalkan risiko segala kesalahan dalam proses manajemen tempat penyimpanan.

Fitur utama:

  • Warehouse execution system (WES): Menggabungkan WMS dengan robotik dan conveyor.
  • Omnichannel handling: Optimalkan pesanan online dan offline dalam satu gudang.
  • Predictive analytics: Memberikan perkiraan data untuk penjadwalan dan alokasi sumber daya.
Kelebihan
  • Reputasi kuat di sektor ritel dan 3PL.
  • Fitur canggih untuk gudang berskala besar dan kompleks.
Kekurangan
  • Biaya premium, implementasi bisa memakan waktu lama.
  • Memerlukan tim IT khusus untuk pemeliharaan.

Catatan: 3PL (Third-Party Logistics) adalah sebuah layanan logistik yang disediakan oleh pihak ketiga (penyedia jasa) untuk membantu perusahaan mengelola berbagai aspek keperluan dalam rantai pasok atau supply chain, seperti pergudangan, distribusi, pengiriman, hingga manajemen inventaris.

6. Körber WMS

HighJump WMS telah diakuisisi oleh Körber dan menjadi bagian dari Körber Supply Chain. Sistem terkemuka ini menawarkan sistem modular (WMS, TMS, MES) dengan fleksibilitas tinggi.

Körber WMS menawarkan manajemen semua proses dari inventaris, sumber daya di area gudang yang membuat distribusi lebih efisien dan meningkatkan kinerja bisnis.

Fitur utama:

  • Adaptive Architecture: Bisa disesuaikan dengan proses gudang yang spesifik.
  • Integrasi Mulus: Terhubung dengan ERP, e-commerce, hingga marketplace.
  • Voice-enabling & RFID: Mendukung picking berbasis suara (voice picking).
Kelebihan
  • Sistem modular yang dapat diperluas sesuai kebutuhan.
  • Cocok untuk investasi jangka panjang di rantai pasok.
  • Dukungan integrasi WMS, ERP dan MHE atau material handling equipment.
Kekurangan
  • Dukungan dan dokumentasi di Indonesia masih belum sepopuler SAP/Oracle.
  • Bisa terlalu kompleks untuk usaha kecil.

7. Odoo WMS

Odoo merupakan platform ERP open-source dengan modul WMS yang terintegrasi. Fleksibilitas dan dukungan komunitas global menjadikannya pilihan populer bagi beragam bisnis.

Sistem inventory Odoo dapat membantu dalam mengurangi kekurangan stok, mempercepat operasional, optimisasi rute juga mempermudah dalam monitoring dengan aplikasi.

Fitur utama:

  • Open-Source Flexibility: Dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan spesifik, versi gratis tersedia.
  • End-to-End ERP: Terintegrasi dengan akuntansi, penjualan, e-commerce Odoo.
  • Real-Time Inventory: Pelacakan stok, batch, dan serial number secara langsung.
Kelebihan
  • Biaya relatif terjangkau, terutama versi Community.
  • Cocok untuk UKM yang memerlukan solusi modular.
Kekurangan
  • Versi Community terbatas untuk gudang berskala besar atau kompleks.
  • Butuh tim teknis untuk kustomisasi mendalam.

8. Zoho Inventory

Zoho Inventory adalah aplikasi manajemen stok berbasis cloud untuk bisnis kecil hingga menengah. Bukan WMS murni, namun memadai untuk pergudangan sederhana.

Bagi Anda yang sudah menggunakan layanan Zoho, fitur yang ada di area inventory ini bisa menjadi pilihan praktis.

Fitur utama:

  • Batch & serial tracking: Mengelola stok berdasarkan batch atau nomor seri.
  • Multiple warehouse management: Mendukung beberapa lokasi gudang.
  • E-commerce integration: Terhubung langsung dengan Shopify, Amazon, eBay.
Kelebihan
  • Antarmuka sederhana dan mudah dikustomisasi.
  • Harga bersaing, ada opsi gratis untuk jumlah transaksi terbatas.
Kekurangan
  • Kurang mendalam untuk optimasi gudang kompleks (tata-letak, dsb.).
  • Tidak cocok untuk bisnis dengan proses gudang yang sangat rumit.

9. Fishbowl Inventory

Fishbowl Inventory terintegrasi dengan QuickBooks untuk menyelaraskan data akuntansi dan pergudangan. Cocok bagi bisnis yang menginginkan sinkronisasi langsung dengan pembukuan.

Mirip seperti Zoho, jika QuickBooks sudah Anda gunakan, penambahan sistem Fishbowl akan mempermudah integrasi sistem bisnis Anda secara terpusat.

Fitur utama:

  • Integrasi QuickBooks: Transaksi gudang otomatis tercatat di pembukuan.
  • Barcode & asset tracking: Memantau barang di beberapa lokasi penyimpanan.
  • Modul manufacturing & work orders: Menangani proses produksi yang cukup sederhana.
Kelebihan
  • Mudah diimplementasikan bagi pengguna ekosistem QuickBooks.
  • Tersedia versi on-premise dan cloud. Dapat memilih untuk mengelola dan menempatkan software di server internalnya (on-premise) atau memanfaatkan layanan berbasis internet (cloud) sesuai kebutuhan.
Kekurangan
  • Fitur WMS terbatas jika dibandingkan dengan solusi enterprise lainnya.
  • Konsultan di pasar Asia (terutama Indonesia) masih terbatas.

10. Extensiv 3PL Warehouse Manager

Ini adalah produk yang unik dimana Extensiv 3PL Warehouse Manager dirancang khusus bagi penyedia jasa logistik pihak ketiga (3PL).

Aplikasi ini membantu mengelola gudang atau warehouse untuk berbagai klien secara bersamaan, termasuk fitur pemantauan stok, billing, dan pelaporan yang bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan tiap pelanggan.

Fitur utama:

  • Client portal: Memberikan akses kepada klien untuk memantau stok dan status pesanan secara real-time.
  • Billing management: Menghitung biaya penyimpanan, handling, dan pengiriman secara otomatis, disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Multi-Channel fulfillment: Mampu menangani pesanan dari berbagai wilayah penjualan dan memprosesnya secara efisien.
  • Reporting & analytics: Menyediakan laporan kinerja gudang, tagihan klien, dan data historis untuk analisis lebih lanjut.
Kelebihan
  • Dirancang khusus untuk model bisnis 3PL dengan kemampuan multi-tenant.
  • Fleksibilitas penagihan dan pelacakan layanan untuk setiap klien.
  • Membantu meningkatkan transparansi dan kepercayaan klien melalui client portal.
Kekurangan
  • Kurang cocok untuk perusahaan yang hanya mengelola gudang internal.
  • Biaya implementasi bervariasi dan bisa menjadi tinggi jika menangani volume gudang yang besar.

Fitur yang ada dalam Software WMS

Untuk mempermudah dalam menentukan aplikasi WMS mana yang terbaik, berikut beberapa fitur yang harus ada dalam sistem WMS, diantaranya:

  1. Sistem cloud atau online: Akses dimana saja dan dimana saja dengan data terkini
  2. Manajemen lokasi tempat penyimpanan: Data akses untuk berbagai tempat berbeda
  3. Pencatatan barang: Fitur untuk mengelola setiap barang yang masuk dan keluar
  4. Manajemen penempatan barang: Efisiensi ruang untuk mendapatkan efisiensi terbaik
  5. Dashboard laporan: Sistem yang memudahkan pembacaan laporan dan kondisi bisnis secara cepat dan real-time.
  6. Integrasi sistem: Sebuah fitur untuk menggabungkan beragam sistem yang memudahkan alur kerja dalam manajemen bisnis.
  7. Sistem otomasi dan peemberitahuan: Fitur wajib dimana setiap pengelola mendapatkan informasi penting dan terupdate untuk segala data yang terkait pergerakan barang dalam proses yang terjadi.

Itulah beberapa rekomendasi software WMS yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengelola bisnis dan perusahaan yang Anda kelola. Sudah ada yang menarik untuk Anda coba?

Untuk mendapatkan aplikasi WMS terbaik, pastikan Anda sudah memiliki catatan akan kebutuhan bisnis yang dikelola, sesuaikan dengan skala bisnis, perhatikan juga dukungan dari vendor software, cek integrasi dan layanan cloud yang sekarang sudah wajib dimiliki.

Gunakan Mekari Jurnal berikut selagi ada coba gratis, dapatkan disini.

WhatsApp Hubungi Kami