Mekari Jurnal
Daftar Isi

Aplikasi Jurnal Permudah Manajemen Stok Barang

Tayang 18 Apr 2023
Diperbarui 16 Oktober 2023

Pelajari bagaimana aplikasi stok barang dari Jurnal dapat membantu Anda dalam melakukan manajemen persediaan agar operasional bisnis dapat berjalan lebih lancar!

Sumber daya merupakan inti dari sebuah bisnis, baik itu sumber daya manusia maupun sumber daya dalam bentuk barang mentah yang menjadi bahan dasar produk maupun produk itu sendiri.

Stok atau persediaan barang dapat diartikan sebagai sumber daya produksi yang disimpan di dalam gudang berupa barang-barang mentah, barang setengah jadi, maupun barang jadi siap jual yang akan digunakan atau dijual di kemudian hari oleh perusahaan.

Manajemen persediaan barang menjadi penting untuk diterapkan suatu bisnis, karena memiliki berbagai fungsi seperti:

  • Mencegah kemungkinan keterlambatan pengiriman bahan baku atau bahan yang dibutuhkan dalam membuat suatu produk.
  • Mencegah adanya kesalahan pengiriman produk kepada pembeli sehingga dapat meminimalisir tingkat retur barang yang dapat merugikan bisnis.
  • Mengantisipasi kelangkaan bahan baku dalam proses produksi perusahaan/bisnis.

Menerapkan manajemen stok barang merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis untuk mencegah kemungkinan menurunnya profit penjualan karena kehilangan kepercayaan pelanggan, kehilangan bahan baku maupun produk, dan tidak memahami kebutuhan pasar yang dapat merugikan bisnis Anda.

Bagaimana peran aplikasi Jurnal dalam mengelola stok barang?

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana teknologi dapat membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang khususnya pada hal yang berkaitan dengan manajemen persediaan barang?

Jawabannya adalah dengan memanfaatkan aplikasi manajemen stok barang.

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan stok barang masuk dan keluar khususnya pada aplikasi manajemen stok barang di Mekari Jurnal, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

Mendapatkan pemberitahuan dan kalkulasi persediaan barang secara langsung

Dengan fitur notifikasi pada aplikasi jurnal stok barang, Anda akan langsung mendapatkan update informasi mengenai kalkulasi persediaan barang yang ada.

Anda juga bisa tahu harga jual rata-rata dari setiap barang dan juga pemberitahuan mengenai stok mana saja yang kosong.

Bukan hanya kalkulasi persediaan barang pada satu tempat saja, tapi Anda juga dapat mengetahui kalkulasi persediaan barang secara langsung dari lebih dari satu tempat penyimpanan.

Melacak penjualan produk terbanyak

Keuntungan kedua yang bisa didapatkan bila menggunakan aplikasi jurnal stok barang adalah Anda dapat melacak penjualan terbanyak dari setiap produk secara otomatis.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memahami kinerja setiap produk dan memahami kebutuhan pasar saat ini.

Selain itu Anda juga dapat melakukan penggabungan produk dari unit-unit yang berbeda, sehingga semua jenis produk dari berbagai unit tetap bisa Anda lacak penjualannya.

Data dari observasi nilai kinerja produk ini dapat Anda gunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam membuat rencana bisnis kedepannya.

Seberapa Penting Menerapkan Manajemen Stok Barang Pada Bisnis?

Mempermudah stock opname

Stock opname adalah kegiatan memeriksa persediaan barang yang keluar dan masuk dalam satu periode penjualan.

Tujuan dari stock opname juga untuk mengetahui kebenaran catatan dalam pembukuan perusahaan, yang mana termasuk salah satu fungsi untuk sistem pengendalian intern (SPI).

Bagi Anda yang memiliki arus keluar-masuk barang yang cepat, kegiatan stock opname pasti akan sangat merepotkan apalagi jika dilakukan secara manual.

Risiko kesalahan hitung pada stock opname pun juga akan mempengaruhi pembukuan penjualan yang dimana juga akan mempengaruhi keuntungan Anda.

Jangan sampai pembukuan perusahaan yang kurang teratur mempengaruhi keuntungan Anda.

Dengan aplikasi manajemen stok barang, Anda bisa melakukan stok opname dengan mudah dan praktis.

Arus keluar-masuk barang juga dapat dipantau dengan mudah.

Baca juga: Cara Mengelola Stok Barang di Gudang, Ini Tipsnya!

Mengimpor data persediaan dalam jumlah besar

Bila berhubungan dengan data, maka kesulitan yang sering dihadapi seorang pengusaha adalah melakukan perpindahan atau mengimpor data.

Apalagi bila bisnis Anda sudah cukup besar dengan banyak kategorisasi barang dan bahan produksi, maka pengelolaan data khususnya mengimpor data persediaan dalam jumlah yang relatif besar akan memakan waktu lebih banyak serta tidak efisien.

Dengan Jurnal, Anda dapat melakukan impor data persediaan barang ke dalam spreadsheet yang sudah disediakan dengan lebih cepat dan efisien.

Bukan hanya template spreadsheet yang sudah tersedia, Anda juga bisa menggunakan template spreadsheet perusahaan Anda sendiri.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan fitur stok manajemen pada software akuntansi online Mekari Jurnal.

Jurnal dapat mempermudah Anda dalam pengelolaan ketersediaan barang yang anda jual dan memberikan banyak keuntungan.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi hubungi kami untuk mencoba demo gratis aplikasi stok barang Jurnal secara langsung.

Nah, itu dia fungsi, manfaat aplikasi Jurnal untuk permudah manajemen stok pada bisnis sehingga dapat menentukan strategi bisnis terbaik.

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda yang memerlukannya. Jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal