Ada begitu banyak sekali aplikasi atau program komputer yang memudahkan pekerjaan manusia, termasuk didalamnya bidang akuntansi. Coba saja Anda ketik keyword software atau aplikasi akuntansi di Google, pasti akan muncul berbagai macam software  yang Anda temukan. Dari yang sederhana sampai yang kompleks, dari yang gratis hingga berbayar di mana semuanya dapat digunakan untuk membantu melakukan perhitungan keuangan. Tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri. Oleh karena itu, menjadi tidak heran jika banyak sekali pelaku usaha yang sudah menggunakan software akuntansi untuk membantu mengelola keuangan perusahaan. Bahkan, bukan hanya perusahaan besar saja, kini pelaku UKM juga sudah banyak yang menggunakan software akuntansi.

Ada banyak sekali jenis software akuntansi yang sering digunakan di perusahaan-perusahaan. Software akuntansi dapat digunakan oleh orang yang mengerti akuntansi dan yang baru mengenal akuntansi. Ya hal ini karena sistem penggunaannya yang user friendly menjadikan software ini semakin banyak yang menggunakan. Apakah Anda tahu jenis-jenis software akuntansi yang sering digunakan? Berdasarkan cara pembuatannya, terdapat tiga jenis software akuntansi. Temukan penjelasan lengkap mengenai ketiga jenis software akuntansi tersebut di bawah ini.

Software Akuntansi Paket

Software akuntansi paket adalah software yang sudah terpaket. Maksudnya, software akuntansi yang Anda dapatkan tidak bisa di otak-atik lagi sendiri karena software tersebut sudah merupakan setting-an pabrik yang sudah dipatenkan. Kelebihan dari software ini adalah harganya yang relatif murah. Selain itu, karena sudah di-setting maka penggunaannya juga mudah. Sementara kelemahan dari software ini adalah user atau pengguna harus menyesuaikan kebutuhan dan kegiatan akuntansinya dengan setting-an software. Sehingga ada kalanya beberapa hal tidak dapat dikerjakan menggunakan software ini jika fitur yang dibutuhkan tidak tersedia. Penggunaannya yang mudah dan harganya yang murah membuat jenis software akuntansi ini sering digunakan oleh perusahaan dan pelaku UKM. Alasan lainnya yakni penggunaannya yang relatif stabil.

Software Akuntansi Customize

Berbeda dengan software akuntansi paket, software akuntansi customize ini seperti namanya yaitu bisa dimodifikasi. Artinya software ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Modifikasi dapat dilakukan setelah pembelian tetapi beberapa perusahaan juga ada yang menyediakan layanan modifikasinya pada saat membeli aplikasi tersebut di software house-nya. Adapun keuntungan software ini adalah dapat disesuaikan dengan kebutuhan keuangan Anda tanpa mengorbankan fitur lain yang tidak digunakan. Selain itu penggunaannya juga fleksibel. Namun, kelemahan dari software ini yakni harganya yang lebih mahal dari software paket. Risiko software customize juga lebih besar karena sifatnya yang fleksibel dan dapat dikembangkan sendiri. Selain itu,  harga jual penggunaan kedua (second) juga tidak ada jika pun ada sangat rendah.

Software Akuntansi Paket Custom

Selanjutnya, software akuntansi paket custom merupakan gabungan dari software paket dan customize. Software ini adalah software paket yang memiliki modul standar tetapi dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Misalnya, ada transaksi yang harus di-input tetapi di dalam software tersebut tidak tersedia fiturnya, maka Anda dapat memodifikasinya. Keuntungan menggunakan software ini yaitu harganya lebih terjangkau dibandingkan dari software customize. Stabilitasnya pun lebih baik dan terjaga daripada software customize. Keuntungan lainnya yakni fitur nya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sehingga dapat digunakan secara cepat untuk bekerja.

Seperti yang lainnya, software ini juga memiliki kelemahan. Adapun kelemahan software ini adalah membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, penggunaan keduanya (second) juga sulit karena setiap perusahaan memiliki kebutuhan masing-masing  dan modifikasi sendiri-sendiri.

Itulah 3 jenis software akuntansi yang sering digunakan. Salah satu contoh software akuntansi yang sering digunakan adalah Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi yang aman dan banyak digunakan oleh UKM. Penggunaan Jurnal juga sangat mudah, Anda hanya perlu mengkoneksikan dengan internet. Selain itu, Anda juga tidak perlu men-download atau menginstall di komputer Anda. Dengan menggunakan Jurnal, maka urusan pencatatan, pembukuan hingga pembuatan laporan keuangan dapat dilakukan secara cepat, mudah dan aman. Jurnal juga menyediakan fitur lain yang lengkap untuk mendukung pengelolaan operasional perusahaan seperti pembuatan faktur atau invoice, manajemen persediaan, cash link, dll. Adapun biaya berlangganan perbulannya mulai dari Rp199.000/bulan dan menyediakan free trial selama 14 hari.