Mekari Jurnal
Inventaris berbasis web

Manfaatkan Aplikasi Inventaris Barang Sekolah dan Kantor

Manfaatkan manajemen secara digital dengan sistem berbasis web dari Jurnal. Mengelola barang menjadi mudah, akurat dan lengkap dengan segala data yang diperlukan untuk pencatatan.

Manfaatkan Aplikasi Inventaris Barang Sekolah dan Kantor

Maksimalkan fungsi, ketahui kondisi, hindari depresiasi

Memaksimalkan fungsi aset, menghindari resiko penyusutan aset, mencatat aset baru dan mengurangi pembelian yang tidak perlu di sekolah maupun kantor dengan aplikasi inventaris barang berbasis web.

Maksimalkan fungsi, ketahui kondisi, hindari depresiasi
Ringkas, cepat mencatat aset baru

Ringkas, cepat mencatat aset baru

Catat setiap pembelian aset sekolah maupun kantor dengan sistem data aset yang terotomatisasi. Setiap aset baru yang masuk langsung tercatat secara otomatis ke dalam sistem yang memudahkan dalam audit, monitoring aset, dan melacak lokasi aset.

Audit master asset secara akurat

Audit master asset secara akurat

Ketahui data aset yang dimiliki di sekolah maupun kantor. Mencari nama aset, tipe aset, vendor aset, lokasi aset, maupun departemen atau individu pengguna aset dapat dilakukan dengan cepat dengan hasil akurat tanpa perlu data manual. Pencatatan barang inventaris kini terjamin.

Atur penggunaan aset secara cepat

Atur penggunaan aset secara cepat

Memberikan persetujuan atau approval penggunaan suatu aset sekolah atau kantor ke departemen atau individu semakin mudah dan cepat. Riwayat penggunaan aset dapat memonitor penggunaan aset sekaligus memudahkan bagi staff sekolah maupun kantor dalam melakukan pengajuan penggunaan aset Semua terdata rapi dan aman.

Kelola aset dalam satu transaksi

Kelola aset dalam satu transaksi

Mengelola transaksi aset di sekolah maupun kantor semakin mudah dengan fitur transaksi aset yang mendukung disposal, write off, transfer, change location, depresiasi dan return.

Mudah melacak lokasi aset

Jumlah aset yang tidak sedikit yang dimiliki kantor dan sekolah memerlukan sistem khusus dalam melacak lokasi aset. Dengan melakukan pencatatan inventarisasi secara rutin dengan aplikasi inventaris barang, maka manajemen kantor maupun sekolah dapat mengetahui jumlah dan lokasi seluruh fixed asset.

Otomatisasi pada pemberian identitas aset

Otomatisasi pada pemberian identitas aset

Pemberian identitas pada aset dapat mudah dilakukan dengan fitur barcode sehingga penginputan aset baru, pelacakan aset lama, maupun penjadwalan penyusutan.

Tracking aset

Tracking aset

Pantau aset dengan mudah karena perpindahan, pengurangan, dan penambahan aset di sekolah maupun kantor terpantau dari satu aplikasi.

Terintegrasi dalam satu aplikasi

Terintegrasi dalam satu aplikasi

Integrasi antar fitur dalam aplikasi inventaris barang membantu sekolah dan kantor dalam mengelola aset secara cepat, tepat, dan akurat sehingga efisiensi biaya dan tenaga.

Kerja semakin cepat, produktivitas melaju pesat

Mengelola aset sekolah dan kantor semakin mudah dengan otomatisasi pada aplikasi inventaris barang. Pengelolaan lebih cepat, kontrol aset di mana saja dan kapan saja, dan monitor kondisi aset secara akurat dengan Jurnal.

  • Fitur reporting yang terperinci membantu audit aset
  • Rincian nilai aset per tahun yang terukur
  • Integrasi dengan fitur-fitur Jurnal lainnya
  • Keamanan berstandar untuk inventarisasi barang sekolah dan kantor

Apa itu aplikasi inventaris barang sekolah dan kantor?

Pengertian inventaris menurut KBBI adalah sebuah daftar yang memuat semua barang milik kantor (termasuk sekolah, perusahaan, kapal, dan sebagainya) yang digunakan dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Sementara pengertian inventaris barang sekolah atau kantor adalah segala barang milik sekolah maupun kantor yang dipakai untuk operasional sekolah maupun kantor.

Dan aplikasi inventaris barang sekolah dan kantor adalah sebuah sistem yang dirancang untuk menyelesaikan dan membantu pekerjaan inventaris sekolah dan kantor serta usaha.

Contoh barang inventaris sekolah atau kantor dapat berupa kendaraan bermotor, barang-barang furniture, lemari penyimpanan, alat-alat elektronik, hingga alat tulis.

Salah satu cara dalam mengelola barang inventaris adalah dengan mencatat barang-barang inventaris tersebut. Dengan sistem pencatatan yang rapi, barang inventaris yang berjumlah tidak sedikit tersebut dapat termonitor dengan baik dan dapat membantu saat dibutuhkan untuk pelaporan keuangan, misalnya.

Selain berguna untuk pelaporan, mengelola barang inventaris juga memiliki banyak manfaat lainnya, diantaranya: 

  1. Mengurangi penyusutan inventaris 
  2. Memudahkan pencarian barang 
  3. Dan, meningkatkan produktivitas pekerjaan.

Sistem inventarisasi dan pengelolaan aset di sekolah tentu berbeda dengan pengelolaan aset di perusahaan. Pengelolaan aset kantor tidak dapat disamakan dengan kebutuhan pengelolaan aset di sekolah. Namun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu pengelolaan aset yang efisien dan cepat mengingat banyaknya aset yang dimiliki oleh sekolah dan kantor. Itulah mengapa sebuah software diperlukan agar pengelolaan aset baik di sekolah maupun di kantor memiliki sistem yang efisien. 

Ada beberapa alasan mengapa software barang inventaris sekolah dan software barang inventaris kantor bermanfaat: 

  1. Otomatisasi pada pengelolaan aset sekolah dan kantor 
  2. Monitoring aset di mana saja dan kapan saja dengan aplikasi 
  3. Sistem barcode yang memudahkan dalam penginputan data aset
  4. Tracking letak aset dengan mudah 
  5. Sistem pelaporan yang lengkap
  6. Hemat biaya, tenaga, dan waktu untuk mengelola aset

VemaFats: VemaFATS adalah software Fixed Asset Management & Tracking System yang memiliki opsi cloud server atau local server. Dibangun dengan sistem Web Based yang memudahkan anda dalam aksesibilitas.

Activo: Activo dibuat untuk melakukan solusi layanan lengkap yang mengkhususkan diri dalam menyediakan layanan Manajemen Asset lengkap dari ujung ke ujung untuk perusahaan Besar, Menengah, dan Kecil.

gtAssets: gtAsset aplikasi untuk mempermudah pengelolaan aset tetap (fix asset) seperti gedung, ruang beserta inventaris yang ada di dalamnya. Dilengkapi dengan fitur untuk melakukan pelacakan (tracking) lokasi barang inventaris, merekam sejarah perpindahannya, merekam sejarah perawatan (maintenance history), merekam kondisi barang (rusak, baik), merekam nilai asset (nilai beli) beserta nilai saat ini setelah mengalami penyusutan.

Jurnal by Mekari: Merupakan aplikasi barang inventaris berbasis web yang dirancang khusus bagi bisnis, usaha, sekolah dan kantor. Fitur-fitur aplikasi barang inventaris dari Jurnal menawarkan kemudahan seperti fixed asset management, tracking aset, pelaporan dan monitoring aset.

Selain mengotomatisasikan sistem pengelolaan aset sekolah dan kantor, Jurnal by Mekari juga terintegrasi dengan fitur-fitur software akuntansi terbaik.

Coba sekarang dan manfaatkan fitur aplikasi inventaris ini untuk mengelola sekola dan kantor yang Anda kelola.

Tidak hanya untuk kantor besar dan kantor menengah, kantor usaha kecilpun sudah sepantansnya menggunakan sebauh sistem untuk mendukung kemajuan usaha mereka.

Dan tidak hanya untuk sekolah SMA, SMP, SD atau Universitas negeri saja, tapi hampir seluruh organisasi atau kelompok usaha pendidikan swasta bisa mendapatkan banyak manfaat dari aplikasi ini.

Fitur utama yang bisa membantu pekerjaan manajemen barang invetaris antara lain:

– Memiliki data terintegrasi dengan inventory management
– Fitur rekam data otomatis dan cepat
– Memiliki data detail tentang informasi data barang (warna, ukuran etc)
– Memiliki data lokasi dan tempat
– Ada fitur jenis jenis pengadaan
– Labeling dan kategori barang invetaris
– Dapat diakses kapan saja secara online berbasis web

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-user-response.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2022/06/ic-calendar.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami