Mekari Jurnal
Daftar Isi
11 min read

8 Strategi Efektif dalam Melakukan Ekspansi Bisnis

Tayang 03 Jun 2019
Diperbarui 11 Oktober 2023

Jika perusahaan Anda sudah berjalan dengan cukup stabil, maka langkah yang bisa ditempuh selanjutnya adalah melakukan ekspansi bisnis. Ekspansi bisnis adalah aktivitas memperbesar atau memperluas bisnis dengan menciptakan pasar baru, memperluas fasilitas, menambah sumber daya manusia dan lain sebagainya.

Ekspansi juga bisa dilakukan sebagai peningkatan aktivitas ekonomi di dalam bisnis Anda, yang nantinya akan berwujud pada peningkatan kekuatan bisnis, peningkatan keuntungan, akses teknologi serta munculnya pelanggan baru dan lain sebagainya.

Dengan berbagai keuntungan ini tentu saja ekspansi menjadi tujuan yang diharapkan oleh hampir setiap pelaku bisnis baik itu di perusahaan besar maupun kecil.

Namun untuk mencapai titik tersebut bukanlah hal yang mudah.

Berbagai upaya dan perjuangan harus dilakukan agar proses perluasan tersebut tidak berhenti di tengah jalan.

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Strategi atau Langkah dalam Melakukan Ekspansi Bisnis

Dalam upaya melakukan ekspansi bisnis setidaknya diperlukan strategi yang tepat untuk diaplikasikan, dan berikut 8 diantaranya yang bisa Anda lakukan.

Buat Rencana yang Matang

8 Strategi Efektif dalam Melakukan Ekspansi Bisnis

Sebelum memutuskan untuk melakukan ekspansi bisnis, buatlah perencanaan sematang mungkin.

Ini akan membantu Anda agar tidak kehilangan kontrol atas bisnis sebelumnya. Selain itu, rencana yang matang juga dapat mempermudah Anda dalam mengarahkan kemana bisnis baru tersebut akan dibawa nantinya.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan rencana ini, tentu yang paling utama yaitu Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi bisnis Anda saat ini.

Biasanya, bisnis yang sudah siap melakukan ekspansi adalah bisnis yang memiliki penjualan yang lancar, konsumen yang signifikan serta memiliki pasar yang cukup luas.

Perkuatlah bisnis utama dahulu agar bisa menjadi tumpuan untuk rencana berikutnya.

Setelah memahami apa yang terjadi pada internal bisnis, selanjutnya Anda bisa belajar hal-hal baru yang bermanfaat untuk mengoptimalkan bisnis Anda nantinya.

Ciptakan rencana mengenai model bisnis selanjutnya, modal yang digunakan, serta langkah-langkah yang akan ditempuh untuk pengembangannya.

Beberapa hal penting yang harus direncanakan adalah:

  • Bisnis sudah siap untuk di ekspansi karena penjualan lancar dan pelanggan tetap sudah signifikan jumlahnya.
  • Dalam kurun waktu kurang lebih lima tahun ke depan, bisnis sudah harus memiliki produk sendiri dengan brand sendiri dan dapat diproduksi sendiri.
  • Target pasar sudah sangat luas dan permintaan sangat besar, sehingga perlu menghadirkan pasar baru untuk menampung penjualan.
  • Karyawan baru dibutuhkan agar segala bentuk kegiatan operasional dapat berjalan secara berkesinambungan, dan proses penjualan pun menjadi lebih cepat dan efektif.

Setelah mengetahui beberapa hal penting di atas, langkah selanjutnya adalah menyusun rencana untuk melakukan ekspansi.

  • Meningkatkan inventaris produk agar mampu melayani permintaan pasar yang semakin besar jumlahnya.
  • Membuat variasi produk agar pelanggan memiliki banyak pilihan produk yang dapat dibeli.
  • Menambah gudang yang baru untuk menampung produk yang semakin banyak.
  • Membuka toko fisik/offline atau toko online yang bertujuan untuk memperluas pasar.
  • Menambah jumlah karyawan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penjualan produk serta mendukung berbagai macam kegiatan operasional lainnya.
  • Memperluas target wilayah penjualan, misalnya dari yang selama ini hanya fokus di Jabodetabek, nantinya akan mencakup seluruh Pulau Jawa, atau Jawa dan Sumatera, Dan lain sebagainya.

Menambahkan Produk dan Layanan Terbaru

Bisnis Anda mungkin sudah memiliki produk dan layanan andalan yang mempunyai konsumen dengan jumlah yang signifikan.

Namun tidak ada salahnya jika Anda menambahkan produk dan layanan baru yang berbeda dari sebelumnya.

Cara ini bisa ditempuh dengan memberikan bisnis Anda wajah baru dengan beralih kepada lini yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Ini merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk ekspansi bisnis.

Tentu hal ini dapat Anda lakukan tanpa meninggalkan bisnis yang telah ada sebelumnya.

Akan tetapi, untuk mewujudkan hal ini tidaklah sederhana. Dibutuhkan analisis dan riset pasar secara menyeluruh untuk mengetahui produk dan layanan seperti apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen.

Dan jika ini memang hal baru bagi bisnis Anda, maka buatlah perhitungan dan strategi untuk mengetahui apakah bisnis Anda mampu untuk memasarkannya dan akhirnya mendapat keuntungan.

Menentukan model bisnis

Saat melakukan ekspansi, model bisnis tidak akan pernah sama seperti model bisnis yang sebelumnya. Di dalam tahapan yang panjang, akan dibutuhkan standard operating procedures (SOP) yang baru.

Dan apabila Anda memiliki karyawan baru, maka aktivitas bisnis juga akan berubah secara perlahan. Selain itu, metode penjualan juga akan berubah.

Pentingnya menentukan model bisnis akan membantu Anda dalam menentukan standar atau metode yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan operasional bisnis.

Selain itu, apabila Anda menentukan target pasar yang baru dan telah memiliki jenis produk baru yang lebih variatif, maka Anda juga harus menentukan metode apa yang akan digunakan mencakup target pasar, mendapatkan engagement, hingga melakukan penjualan ke pasar tersebut.

Menyiapkan modal yang dibutuhkan

Selama melakukan proses ekspansi, modal usaha tentu saja akan dibutuhkan. Misalnya untuk menggaji karyawan, menyewa atau membangun gudang baru, membangun toko fisik, membeli toko online, hingga membangun pabrik produksi sendiri.

Anda bisa saja menggunakan profit dari penjualan sebagai modalnya.

Namun, ada kemungkinan bahwa cash flow bisnis Anda akan terganggu untuk menjalani kegiatan operasional bisnis saat ini sebelum dilakukannya ekspansi.

Promosi Secara Aktif

8 Strategi Efektif dalam Melakukan Ekspansi Bisnis

Bisa saja dengan adanya ekspansi bisnis ini, produk yang dikeluarkan bisa sama baiknya atau mungkin lebih baik jika dibandingkan dengan produk di bisnis sebelumnya.

Namun, tidak akan ada yang mengetahui hal tersebut jika Anda tidak menunjukkannya kepada konsumen.

Anda harus menjelaskan mengapa produk tersebut menjadi yang terbaik, serta ajaklah konsumen untuk menggunakannya.

Hal ini bisa diwujudkan dengan melakukan promosi.

Promosi dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau bahkan perusahaan Anda secara keseluruhan.

Tidak masalah jika Anda sudah mulai melakukan promosi sebelum bisnis baru Anda benar-benar terbentuk secara fisik.

Lakukan promosi sekecil apapun secara aktif dan terus-menerus agar konsumen mengenal Anda sedari awal sehingga konsumen dan akan lebih nyaman bertransaksi.

Anda bisa membagikan bocoran-bocoran secara berkala mengenai promosi apa saja yang nantinya akan diadakan.

Mencari Target Pasar Baru

8 Strategi Efektif dalam Melakukan Ekspansi Bisnis

Sesuai dengan pengertian yang telah dijelaskan, salah satu kriteria ekspansi bisnis adalah penciptaan pasar baru.

Jika bisnis Anda menciptakan produk serta layanan yang berbeda dengan bisnis sebelumnya, tentu saja diperlukan target konsumen yang berbeda dan sesuai dengan produk tersebut.

Namun pencarian target pasar baru ini bukan berarti Anda tidak bisa mencari target pasar untuk produk yang sebelumnya.

Apabila Anda berkeyakinan untuk melakukan ekspansi bisnis, Anda tetap bisa membawa produk lama untuk dipasarkan di daerah yang berbeda.

Strategi ekspansi ini memang ditujukan untuk mencari kemungkinan target konsumen lain yang tepat untuk produk serta layanan Anda.

Membuka Cabang

Jika Anda sudah melihat perkembangan pada bisnis utama, pertimbangkan membuka cabang baru untuk memperluas jangkauan terhadap konsumen.

Anda dapat memilih untuk membuka cabang baru di daerah yang sama atau berbeda.

Cabang yang berada di daerah yang sama biasanya digunakan untuk membantu bisnis Anda melayani konsumen yang mungkin tidak bisa dilayani oleh cabang utama.

Jika tujuannya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, bisa dengan membuka cabang di daerah lain dimana persaingan terhadap produk tersebut tidak terlalu ketat, serta untuk mencapai konsumen baru di daerah yang berbeda.

Mengaplikasikan Sistem Penjualan Baru

8 Strategi Efektif dalam Melakukan Ekspansi Bisnis

Di era serba digital ini ada beragam pilihan penjualan selain hanya mengandalkan toko fisik. Orang berbondong-bondong merubah metode konsumsinya dengan berbelanja melalui toko-toko online.

Kegiatan membeli di dunia online lebih sederhana. Dengan bermodalkan paket internet, konsumen dapat berseluncur dari satu toko ke toko lainnya untuk mendapatkan produk dan layanan yang diinginkan.

Selain itu, harga yang ditawarkan cukup bervariasi, bahkan lebih murah. Tidak mengherankan jika sebagian besar konsumen akan lebih memilih berbelanja secara online.

Untuk memperluas bisnis Anda dan agar tidak semakin tertinggal , aplikasikan sistem penjualan baru untuk produk dan layanan Anda. Bisa dengan memanfaatkan media sosial atau membuka toko online di berbagai market place yang tersedia.

Kerja Sama Saling Menguntungkan

Strategi lainnya yang bisa ditempuh untuk memperluas bisnis adalah dengan melakukan kerja sama dengan berbagai mitra, baik perusahaan komplemen atau bahkan pesaing Anda.

Tentu saja kerja sama ini harus saling menguntungkan. Jangan buang-buang waktu bernegosiasi dengan mitra yang tidak sejalan dengan tujuan bisnis Anda.

Sebuah kerja sama yang baik akan melakukan identifikasi yang jelas dan menciptakan solusi yang berguna untuk kepentingan keduanya.

Bahkan ketika itu dengan pesaing bisnis Anda sendiri.

Gabungkan ide untuk memperluas pasar dengan menciptakan produk terbaru baik untuk pasar yang sama, pasar yang berbeda atau bahkan pasar yang lebih luas.

Membeli Perusahaan Pesaing

8 Strategi Efektif dalam Melakukan Ekspansi Bisnis

Selain dengan metode kerja sama, ekspansi bisnis bisa langsung dilakukan dengan membeli perusahaan pesaing. Ini biasanya dilakukan apabila pesaing sedang dalam masa sulit.

Pembelian ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni merger ataupun akuisisi. Menurut Brealey, Myers dan Marcus (1999), merger adalah penggabungan dua perusahaan menjadi satu.

Dimana perusahaan yang melakukan merger akan membeli semua aset dan liabilitas perusahaan yang di-merger.

Akibatnya perusahaan yang me-merger setidaknya memiliki 50% saham dan perusahaan yang di-merger harus berhenti beroperasi.

Bisa juga dengan mengakuisisi atau pengambil-alihan secara langsung sebuah perusahaan dengan membeli saham atau aset mayoritas perusahaan tersebut.

Di sini perusahaan yang dibeli tetap ada, hanya pemegang sahamnya saja yang berbeda.

Tips Melakukan Ekspansi Bisnis ke Pasar Global

Bagi Anda yang berencana akan melakukan ekspansi ke pasar global, berikut ini ada 5 tips yang dapat menjadi pertimbangan untuk memaksimalkan keberhasilan bisnis Anda di pasar global atau luar negeri. Kelima poin tersebut diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Pentingnya memeriksa neraca keuangan bisnis

Memperluas bisnis secara geografis merupakan urusan yang mahal, karena Anda harus menyewa kantor baru, membangun SDM, menjalankan kampanye pemasaran untuk menyebarkan kesadaran merk, dan masih banyak lagi.

Anda harus mengetahui berapa banyak modal yang dibutuhkan sebelum terjun dan memasuki pasar asing.

Untuk mengetahui biaya ekspansi global, hal tersebut tergantung pada sifat bisnis Anda dan lingkungan hukum, peraturan, serta budaya negara target.

Selama proses uji tuntas, selanjutnya Anda harus memeriksa neraca dan laporan arus kas untuk menentukan apakah Anda berada dalam posisi untuk menangani semua biaya yang terlibat dalam inisiatif global tersebut.

  • Mengetahui pasar baru

Pasar asing dapat sepenuhnya berbeda dari pasar di Indonesia. Bahkan secara regional, perilaku pasar dan konsumen bisa jadi berbeda secara drastis.

Selain itu, mungkin ada hambatan bahasa dan budaya, kepatuhan pajak atau persaingan ketat dari merk lokal. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui pasar baru sebelum memulai bisnis disana.

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan tentang pasar baru, antara lain apakah produk atau layanan akan dijual di negara yang ditargetkan, pemain lokal mana yang akan memberi Anda persaingan ketat, bagaimana Anda dapat menemukan mitra atau tim yang tepat, dan masih banyak lagi.

Semakin baik pemahaman Anda tentang target pasar, maka Anda akan semakin sedikit mengalami gesekan dalam membangun merk atau brand Anda.

  • Membuat rencana bisnis yang solid

Membuat rencana bisnis yang solid bertujuan untuk memberikan arahan pada bisnis Anda di negara asing.

Rencana bisnis yang ditulis dengan sempurna mencakup potret bisnis, tinjauan bisnis, rencana operasi, analisis pasar, analisis persaingan, rencana keuangan, serta proyeksi bisnis.

Kesalahan yang umum terjadi di antara bisnis adalah mengadopsi rencana bisnis negara asal untuk pasar luar negeri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan perubahan berdasarkan permintaan pasar lokal.

  • Membuat rencana pemasaran yang lebih agresif

Pemasaran merupakan suatu keharusan untuk menyebarkan informasi tentang suatu produk atau layanan. Tanpa memiliki rencana pemasaran yang agresif, Anda akan kesulitan untuk mencapai keberhasilan dalam usaha asing.

Baik pemasaran konten, pemasaran media sosial, pemasaran inbound atau jenis pemasaran lainnya, Anda perlu menyesuaikan strategi dengan pasar lokal.

Selain itu, Anda juga harus mencoba memahami budaya lokal atau menyewa ahli budaya setempat untuk menghindari kesalahan budaya dalam melakukan kampanye pemasaran.

  • Memiliki rencana meningkatkan modal

Meluncurkan bisnis di negara asing merupakan sesuatu upaya yang mahal. Pengeluaran kantor, gaji karyawan, dan berbagai pengeluaran bisnis lainnya dapat mengeringkan modal dengan cepat.

Oleh karena itu, Anda mungkin perlu mengumpulkan uang untuk menjalankan mesin pertumbuhan.

Anda membutuhkan modal kerja yang cukup untuk bertahan dalam kurun waktu 6 hingga 12 bulan, tergantung pada bisnisnya.

Dengan kedelapan strategi ini, perusahaan Anda diharapkan tidak lupa untuk mewujudkan fokus ekspansi yang sebenarnya.

Yakni usaha konkret untuk menciptakan tenaga kerja, mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan daya saing, serta mengakselerasi fungsi intermediasi perbankan komersial.

Dan satu hal lagi yang selalu ditekankan sedari awal adalah untuk tidak kehilangan kontrol pada bisnis yang sebelumnya.

Untuk permasalahan ini, upaya pengelolaan keuangan bisnis bisa menjadi jalan keluarnya. Untuk melakukannya tidaklah sulit, terlebih karena banyaknya teknologi yang akan mempermudah proses pengelolaannya.

Salah satu yang mampu dan handal untuk membantu pengelolaan keuangan bisnis Anda adalah software akuntansi dari Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan lengkap seperti, neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Jurnal sebagai aplikasi keuangan online juga akan membantu Anda dalam pembuatan faktur atau pembukuan stok barang dengan desain yang profesional.

Cek layanan lengkap lainnya dan dapatkan percobaan gratis selama 14 harinya hanya di sini.

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal