Pembukuan Usaha

Pembukuan Usaha dan Toko Sederhana

Pembukuan usaha perusahaan membutuhkan sebuah sistem yang cepat, mudah dan akurat, Jurnal menjawab kebutuhan ini dengan fitur istimewa untuk memudahkan pembukuan toko sederhana hingga perusahaan dan bisnis.

Pembukuan Usaha dan Toko Sederhana

Manajemen Daftar Akun

Kelola daftar akun atau CoA dalam satu kemudahan. Analisa data dari pelacakan dan perbandingan informasi pembukuan usaha toko, koperasi bahkan perusahaan yang dikelola dengan sistem yang terstruktur dan sistematis untuk menghasilkan laporan pembukuan yang mudah dipahami.

Manajemen Daftar Akun
Buku Besar Pembukuan

Buku Besar Pembukuan

Buku besar untuk laporan pembukuan toko, koperasi, apalagi usaha perusahaan memang sangat diperlukan. Semua rincian transaksi harus tercatat dengan baik dan tersusun dengan rapi. Program pembukuan usaha Jurnal membantu Anda mengelola data dan laparan pembukuan lebih akurat dan cepat.

Laporan Neraca Saldo

Laporan Neraca Saldo

Laporan neraca saldo keuangan dari setiap transaksi atau perdagangan secara otomatis dapat Anda dapatkan dari fitur Jurnal. Dengan pengecekan otomatis membuat data debit dan kredit menjadi aman dan terjaga.

Laporan Pencatatan Jurnal

Laporan Pencatatan Jurnal

Laporan pencatatan Jurnal (jurnal pencatatan) mencatat segala bentuk pembukuan perusahaan dari segi pemasukan, pengeluaran dan lainnya. Semua berjalan tanpa manual dan lebih lengkap.

Pengelolaan Bukti Transaksi

Pengelolaan Bukti Transaksi

Pembukuan usaha, pembukuan toko dan perusahaan perlu untuk selalu memiliki bukti transaksi. Jurnal menyertakan fitur lampiran transaksi digital yang dapat dikelola, dilacak dengan cepat, mudah dan tersimpan dengan baik.

Solusi Pembukuan Usaha untuk Toko dan Perusahaan

Pekerjaan pembukuan usaha adalah hal penting dan harus dikerjakan dengan benar. Jurnal dengan segala fitur pembukuan yang ada didalamnya menjadi solusi untuk kebutuhan para pengusaha untuk menjaga bisnis selalu produktif dan terkendali.

Mudah di operasikan

Mudah di operasikan

Dirancang secara profesional untuk mendapatkan sistem dengan tampilan dan alur kerja yang sangat mudah dikerjakan.

Pembukuan akurat dan rinci

Pembukuan akurat dan rinci

Pembukuan usaha tersimpan secara otomatis dengan minim resiko dari human error dan mendapatkan laporan yang akurat.

Otomasi seluruh proses pembukuan

Otomasi seluruh proses pembukuan

Fitur utama pembukuan untuk usaha yang semakin cepat dan akurat dimana pengusaha bisa fokus kepada pengembangan bisnis.

Pembukuan Online Digital

Pembukuan online dan digital adalah solusi untuk memaksimalkan sebuah bisnis usaha, toko bahkan perusahaan. Tidak ada lagi masalah rumitnya pembukuan manual yang lama, saatnya pembukuan usaha otomatis yang mudah dan efisien menyelesaikan masalah Anda.

  • Fitur tag memberikan laporan yang lebih rinci
  • Rincian nilai aset setiap per tahun yang terukur
  • Sistem multifungsi terintegrasi dengan fitur lain Jurnal
  • Jaminan kemanan untuk data aset inventaris kantor dan bisnis

Apa itu pembukuan usaha?

Pembukuan usaha adalah suatu kegiatan pencatatan transaksi keuangan usaha atau bisnis yang berfungsi untuk mengontrol transaksi yang telah dilakukan.

Pembukuan bisa membuat keuangan jadi lebih teratur dan bisa dipertanggung jawabkan. Pembukuan keuangan dilakukan secara berkala dan nantinya akan direkap dalam periode tertentu, misalnya bulanan dan tahunan.

pembukuan menjadi suatu hal yang penting supaya keuangan bisa terkontrol dengan baik. selain itu, pembukuan juga memiliki banyak manfaat lain yang menjadikannya penting untuk dibuat oleh pengelola bisnis. Secara umum, pembukuan bisnis bisa memberikan manfaat dari segi waktu, biaya, dan perhitungan.

  • Pemisah Aset Bisnis dan Pribadi
  • Referensi Pengambilan Keputusan
  • Menyajikan Laporan Keuangan
  • Data Perhitungan dan Pelaporan Pajak

Dalam membuat pembukuan usaha, toko dan perusahaan, terdapat beberapa jenis pembukuan yang harus disediakan.

Pertama adalah pembukuan kas masuk yang berfungsi untuk mencatat semua pemasukan yang telah diterima.

Kedua adalah pembukuan kas keluar yang berfungsi untuk mencatat semua biaya yang telah dikeluarkan seperti biaya operasional.

Ketiga adalah buku arus kas yang nantinya digunakan untuk mencatat semua transaksi yang telah dilakukan, baik pengeluaran maupun pemasukan.

Empat, buku khusus pencatatan barang yang berfungsi untuk mencatat semua jenis barang toko yang tersedia. Atau dengan kata lain, buku ini digunakan untuk mencatat stok barang yang masuk dan keluar.

Berikut yang kelima adalah buku inventaris yang bisa Anda gunakan untuk mencatat properti apa saja yang dimiliki oleh toko.

Buku inventaris pada pembukuan toko bisa membantu Anda untuk menghindari tindak kecurangan pihak karyawan yang merusak atau mencuri properti.

Selanjutnya adalah buku laba rugi yang tentunya digunakan untuk mencatat semua keuntungan maupun kerugian yang dialami toko.

Terakhir yang ketujuh adalah laporan keuangan yang berfungsi untuk mencatat pembukuan yang telah disebutkan sebelumnya secara detail dan menyeluruh. Laporan keuangan sangat penting untuk dibu

Pembukuan keuangan usaha terdiri dari beberapa tahap. Jika masih mengalami kebingungan, Anda bisa mencoba beberapa tahap berikut untuk membuat pembukuan usaha:

Membuat Catatan Pengeluaran: Tahap pertama dalam membuat pembukuan adalah mencatat semua informasi terkait pengeluaran dana. Dengan mencatat pengeluaran, Anda bisa mengetahui seberapa besar modal yang telah dikeluarkan dan menetapkan target pengembaliannya.

Membuat Catatan Pemasukan: Setelah mencatat pengeluaran, langkah selanjutnya adalah mencatat pemasukan yang telah diterima. Contoh pemasukan yang harus dicatat terdiri dari hasil penjualan, dan piutang yang telah dilunasi. Pencatatan pemasukan dan pengeluaran harus dilakukan secara berkelanjutan supaya bisa lebih mudah saat membuat pembukuan bulanan.

Membuat Buku Kas Utama: Buat buku kas utama yang isinya berkaitan tentang semua transaksi yang telah dilakukan. Berbeda dengan kedua catatan sebelumnya, buku kas utama ini mencakup semua transaksi, mulai dari pengeluaran dan pemasukan. Anda bisa melihat transaksi apa saja yang telah dilakukan selama periode tertentu dan laba ruginya. Buku kas utama bisa membantu Anda untuk menyiapkan anggaran untuk pengeluaran yang tidak terduga di kemudian hari.

Membuat Buku Stok Barang: Dalam membuat pembukuan, Anda juga perlu mencatat semua informasi terkait barang-barang perusahaan. Dalam buku stok barang ini, Anda bisa mencatat barang apa saja yang masuk ataupun keluar dan berapa jumlahnya.

Buku stok barang juga termasuk pembukuan yang penting, karena dapat membantu Anda menyusun manajemen gudang yang optimal. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui jenis barang apa saja yang paling laris, meminimalisir kecurangan dan mengontrol ketersediaan barang.

Membuat Buku Inventaris: Buku inventaris sebenarnya tidak jauh berbeda dengan buku stok barang, karena sama-sama menjadi catatan mengenai barang. Akan tetapi, buku inventaris dikhususkan untuk mencatat semua jenis barang atau aset berharga milik usaha. Sebagai contoh, di buku inventaris ini Anda bisa mencatat jumlah lemari, alat kebersihan, ataupun barang lainnya yang telah dibeli.

Dengan kata lain, buku inventaris menjadi catatan belanja bisnis, perusahaan dan bisnis. Buku inventaris berfungsi sebagai bukti tertulis terkait pengelolaan barang, mempermudah pengawasan dan pengecekan, serta mencegah resiko barang hilang.

Membuat Buku Laba Rugi: Tahap terakhir adalah membuat buku laba rugi sederhana yang nantinya akan digunakan untuk mencatat semua pendapatan dan beban bisnis. melalui buku ini, Anda bisa mengetahui apakah perusahaan sedang mengalami untung atau justru merugi.

Anda sebagai pengelola usaha toko, perusahaan atau bisnis disarankan untuk membuat buku laba rugi secara berkala dan mudah dipahami. Dengan adanya buku laba rugi, Anda bisa mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan, serta mengetahui strategi bisnis yang tepat.

Pembukuan usaha dan toko yang sangat recommended untuk dicoba adalah Jurnal.id. Aplikasi yang dirilis oleh Mekari ini termasuk sebagai aplikasi pembukuan yang user friendly dan memiliki banyak fitur.

Tidak hanya untuk bisnis berskala kecil dan menengah, Jurnal.id juga bisa digunakan untuk mengatur keuangan perusahaan berskala besar.
Jurnal.id bisa diakses melalui smartphone maupun PC dengan berbagai tipe, sehingga Anda bisa mendapatkan informasi terkait keuangan bisnis realtime. Proses penghitungan data berlangsung secara otomatis, sehingga hasilnya lebih akurat dan terhindar dari kekeliruan atau kecurangan.

Selain iu, Jurnal.id memungkinkan data tersimpan secara otomatis dan memiliki akses yang terbatas. Dengan begitu, data keuangan bisnis Anda lebih aman, dan aplikasi ini telah dilengkapi dengan fitur pembukuan dan penghitungan pajak.

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda  langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami