Tersertifikasi Oleh
Mekari Jurnal
Terbatas! Promo spesial akhir tahun Mekari Jurnal
Nikmati harga hemat semua paket Mekari Jurnal untuk kembangkan bisnis lebih mudah.
Terbatas! Promo akhir tahun Mekari Jurnal
Nikmati harga spesial untuk semua paket
Mekari Jurnal.
Dapatkan promonya!
Inventory Mangement App

Stok Gudang Akurat dengan Inventory Mangement App

Inventory management app dapat meningkatkan akurasi persediaan barang di gudang dan perhitungan otomatis sehingga jumlah stok selalu aman. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memudahkan proses manajemen gudang secara end-to-end.

Mekari Jurnal

Dipercaya 100.000+ bisnis di Asia Tenggara

Fitur Real-time Manajemen Persediaan

Meningkatkan Akurasi Persediaan Barang di Gudang

  • Otomatisasi update persediaan barang di gudang.
  • Perhitungan barang di setiap gudang secara real-time dan akurat.
  • Penentuan harga per produk lebih fleksibel dan mudah.
daftar barang produk yang paling menguntungkan penjualan
Daftar isi

Permasalahan dalam mengelola persediaan barang memang sering menjadi hambatan dalam bisnis.

Ketidakmampuan mengelola dan memastikan barang sesuai kebutuhan pasar akan menyebabkan dampak kerugian finansial yang dapat membahayakan bisnis.

Maka dari itu, sebaiknya bisnis yang memiliki kebutuhan untuk menyimpan persediaan bahan baku atau produk harus bisa mengatasi permasalahan ini agar tidak terjadi risiko yang diinginkan.

Solusi untuk permasalahan ini adalah penggunaan aplikasi manajemen inventaris yang dapat menyederhanakan seluruh proses logistik dengan efisien.

Simak panduan lengkap berikut ini mengenai fitur dan tips memilih aplikasi manajemen inventaris yang baik.

Key Takeaways
  • Inventory management app memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan bagi bisnis yang memiliki kebutuhan logistik dalam meningkatkan akurasi data penyimpanan produk di gudang.
  • Fitur inventaris Mekari Jurnal dapat mengelola stok gudang dan menghitung profit stok melalui satu dashboard yang terintegrasi.
  • Coba Mekari Jurnal untuk pemantauan persediaan stok dan manajemen muti-gudang lebih efektif dan efisien.

Apa Itu Inventory Management App?

Inventory management app atau bisa juga disebut aplikasi manajemen inventaris adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengoptimalkan proses manajemen inventaris dan pengelolaan stok gudang.

Aplikasi ini memiliki fitur yang berfokus pada manajemen gudang, seperti pengelolaan stok, pencatatan barang masuk dan keluar, pemantauan jumlah persediaan, dan juga menyusun laporan inventaris.

Tujuan penggunaan aplikasi manajemen inventaris adalah memudahkan pemantauan gudang agar stok yang ada tidak mengalami understock atau overstock.

Jika suatu gudang mengalami permasalahan ini, maka dampak terhadap arus keluar masuknya barang akan terganggu dan menyebabkan kerugian yang besar bagi perusahaan.

Oleh karena itu, bisnis yang menggunakan gudang sebagai tempat penyimpanan barang harus mengelola dan mengendalikan proses manajemen inventaris dengan baik.

Simak informasi mengenai rekomendasi, fitur, dan tips memilih inventory management app untuk mengelola bisnis Anda.

18 Rekomendasi Inventory Management App Terbaik 2025

Ada banyak aplikasi manajemen inventaris yang memiliki fitur dan fungsi yang sangat canggih. Namun, hal ini juga menjadi kendala bagi beberapa pebisnis dalam memilih sistem inventaris terbaik untuk usaha mereka.

Berikut adalah rekomendasi 18 aplikasi manajemen inventaris terbaik di Indonesia untuk pengelolaan gudang:

1. Inventory Management App Mekari Jurnal

Inventory management app Mekari Jurnal

Mekari Jurnal tidak hanya berfungsi sebagai software akuntansi, tetapi juga sebagai pusat kendali inventaris yang terintegrasi penuh dengan seluruh operasional bisnis. Fitur manajemen inventaris Mekari Jurnal dirancang untuk memberikan visibilitas dan kendali penuh terhadap manajemen gudang.

Contohnya adalah Mekari Jurnal dapat secara otomatis mengurangi jumlah stok produk yang terjual dan mencatatnya sebagai pendapatan di laporan keuangan.

Demikian pula, ketika ada pesanan pembelian kepada vendor, sistem akan memperbarui stok yang akan datang (on-hand inventory), sehingga pemantauan ketersediaan barang dapat terlihat dengan jelas.

Selain itu, Mekari Jurnal sangat membantu dalam mencegah kesalahan human-error yang sering terjadi ketika melakukan perhitungan manual.

Dengan fitur otomasi, Mekari Jurnal dapat menghindari selisih stok yang sering terjadi saat melakukan stock opname dan memastikan data di sistem selalu akurat.

Mekari Jurnal juga dilengkapi dengan fitur Manajemen Bill of Materials (BOM) yang sangat berguna untuk bisnis manufaktur atau perakitan.

Fitur ini dapat menentukan bahan baku apa saja yang dibutuhkan untuk membuat satu produk jadi, dan sistem akan secara otomatis mengurangi stok bahan baku saat produksi.

Secara keseluruhan, Mekari Jurnal cocok bagi bisnis yang ingin memiliki sistem pengelolaan inventaris yang cerdas dan terintegrasi, yang tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga memberikan laporan yang akurat untuk pengambilan keputusan bisnis yang lebih strategis.

Fitur Unggulan Mekari Jurnal:

  • Pelacakan Stok Real-time: Mekari Jurnal dapat melacak jumlah stok secara akurat dan otomatis memperbarui data setiap kali ada penjualan atau pembelian. Fitur ini, memantau jumlah stok secara akurat dan otomatis memperbarui data setiap kali ada penjualan atau pembelian sehingga mencegah kelebihan atau kekurangan stok.
  • Manajemen Multi-lokasi: Mekari Jurnal memungkin Anda mengelola inventaris berbagai gudang atau cabang secara terpusat melalui satu platform yang terpusat.
  • Harga Bertingkat: Fitur ini membantu Anda dalam menetapkan harga jual yang berbeda untuk pelanggan yang berbeda atau berdasarkan jumlah pembelian.
  • Otomatisasi: Selain itu, Mekari Jurnal juga dapat mengotomatiskan proses pesanan pembelian, penagihan, dan entri jurnal, sehingga dapat menghemat waktu dan mengurangi kesalahan.
  • Laporan Inventaris: Aplikasi Mekari Jurnal juga dapat menyajikan laporan detail tentang pergerakan stok, nilai inventaris, dan margin keuntungan per produk. Fitur ini memudahkan analisis performa setiap produk.

Kelebihan
  • Fitur lengkap dan terintegrasi dengan akuntansi yang memudahkan rekonsiliasi data inventaris dan keuangan.
  • Tampilan antarmuka yang user-friendly dan mudah dipahami.
  • Layanan pelanggan yang cepat dan responsif.
Kekurangan
  • Sesi demo gratis yang terkadang penuh dan membutuhkan beberapa waktu.

2. Olsera

aplikasi kasir olsera pos android gratis

Olsera adalah solusi Point of Sale (POS) yang juga menawarkan fitur manajemen inventaris.

Aplikasi ini sangat cocok untuk bisnis retail dan F&B yang membutuhkan sistem kasir dan pengelolaan stok yang terhubung secara real-time.

Olsera memungkinkan pengguna untuk mengelola inventaris dari berbagai toko dalam satu platform.

Kelebihan
  • Fitur yang ditawarkan sesuai dengan bisnis retail dan F&B.
  • Terintegrasi dengan sistem kasir.
Kekurangan
  • Fitur tidak terlalu lengkap untuk unit bisnis skala besar.
Fitur Unggulan
  • Pencatatan persedian stok gudang secara otomatis jika ada produk yang terjual sehingga data inventaris Anda selalu akurat dan real-time.

3. JUBELIO

software akuntansi online Jubelio

JUBELIO adalah platform omnichannel yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola seluruh operasional penjualan online, termasuk manajemen inventaris.

Aplikasi ini sangat ideal untuk bisnis yang menjual produk melalui berbagai marketplace dan e-commerce.

Kelebihan
  • Menawarkan solusi terpusat untuk bisnis e-commerce.
  • Membantu menghemat waktu dalam pengelolaan stok di beragam platform.
Kekurangan
  • Tidak terlalu cocok untuk bisnis offline dan retail.
Fitur Unggulan
  • Jubelio memiliki fitur penyesuaian stok otomatis di semua marketplace dan situs e-commerce, dan bertujuan untuk mencegah terjadinya overselling dan memastikan data stok Anda selalu akurat di mana pun produk Anda dijual.

4. Prieds

Prieds

Prieds adalah sistem manajemen inventaris yang berfokus pada fitur pelacakan dan otomatisasi.

Aplikasi ini menggunakan teknologi barcode dan RFID untuk memudahkan identifikasi dan pelacakan barang.

Prieds cocok untuk bisnis yang memiliki skala operasional yang lebih besar dan membutuhkan akurasi tinggi.

Kelebihan
  • Tingkat akurasi data yang tinggi dan cocok untuk bisnis yang membutuhkan inventaris yang kompleks.
Kekurangan
  • Ada biaya tambahan untuk penambahan hardware scanner barcode.
Fitur Unggulan
  • Fitur tracking pada Pried memungkinkan pelacakan pergerakan barang dengan akurasi yang tinggi, mulai dari penerimaan hingga pengiriman, sehingga Anda bisa mencegah kehilangan dan memastikan akuntabilitas.

5. iSeller

iSeller adalah platform POS omnichannel yang menyediakan solusi terintegrasi untuk bisnis retail dan F&B.

iSeller juga menawarkan fitur manajemen inventaris untuk mengelola stok di berbagai kanal penjualan.

Kelebihan
  • Integrasi yang kuat antara POS, e-commerce, dan manajemen stok.
  • Tampilan antarmuka modern dan mudah digunakan.
Kekurangan
  • Biaya berlangganan yang cukup tinggi.
Fitur Unggulan
  • iSeller memiliki fitur manajemen stok otomatis yang terintegrasi antara penjualan online dan offline sehingga fitur ini dapat memastikan stok Anda selalu up-to-date di semua kanal penjualan.

6. Cin7

Cin7 adalah platform yang mengintegrasikan manajemen inventaris, POS, dan fitur e-commerce.

Aplikasi ini cocok untuk bisnis retail dan grosir yang ingin mengelola seluruh operasional dari satu platform terpusat.

Kelebihan
  • Solusi all-in-one untuk bisnis omnichannel.
  • Fitur yang sangat lengkap untuk jenis bisnis yang kompleks.
Kekurangan
  • Memiliki kompleksitas fitur yang tinggi sehingga memerlukan waktu untuk belajar.
Fitur Unggulan
  • Cin7 memiliki fitur unggulan manajemen inventaris yang terpusat dan terintegrasi secara omnichannel. Pada fitur ini, meningkatkan pengelolaan penjualan toko online dan offline dalam satu platform, termasuk integrasi dengan berbagai marketplace dan sistem POS.

7. Majoo

aplikasi manajemen inventaris Majoo

Majoo adalah aplikasi bisnis lengkap yang menawarkan berbagai fitur terintegrasi, termasuk Point of Sale (POS) dan manajemen inventaris.

Aplikasi ini sangat populer di kalangan UMKM, terutama di bidang retail dan F&B, karena kemudahannya dalam mengelola operasional sehari-hari.

Kelebihan
  • Solusi bisnis all-in-one yang mudah digunakan.
  • Fitur inventaris cocok untuk bisnis kecil dan menengah.
Kekurangan
  • Layanan pelanggan yang kurang responsif.
Fitur Unggulan
  • Majoo memiliki fitur manajemen stok otomatis yang terintegrasi langsung dengan sistem kasir dan sinkronisasi produk terjadi secara otomatis dan real-time sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan pencatatan manual.

8. Krishand Inventory

inventory management app Krishand

Krishand Inventory adalah salah satu software manajemen inventaris yang sudah cukup lama beroperasi di Indonesia.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh perusahaan skala menengah dan besar karena fitur-fiturnya yang lengkap untuk mengelola persediaan, gudang, dan laporan.

Kelebihan
  • Mendukung manajemen multi-gudang.
  • Memiliki fitur yang lengkap untuk bisnis skala besar.
Kekurangan
  • Tampilan antarmuka yang kurang modern dan intuitif.
Fitur Unggulan
  • Krishand mampu mengelola stok di berbagai lokasi penyimpanan melalui fitur Manajemen Multi-gudang, dan fitur ini berguna untuk bisnis yang memiliki lebih dari satu gudang atau cabang.

9. inFlow Inventory

inFlow Inventory adalah software manajemen inventaris yang menyediakan fitur pengelolaan siklus inventaris.

Aplikasi dengan tampilan menarik ini mampu mengoptimalkan proses pembelian, penjualan, stok, dan laporan gudang secara terperinci.

Dengan demikian, inFlow Inventory bertujuan untuk melacak stok, mengoptimalkan alur kerja, dan meningkatkan efisiensi operasional dari gudang hingga ke tangan pembeli.

Kelebihan
  • Mudah digunakan oleh semua orang.
  • Memiliki harga langganan yang relatif terjangkau.
Kekurangan
  • Tidak terintegrasi dengan platform e-commerce.
Fitur Unggulan
  • inFlow membantu visibilitas penuh atas persediaan barang di gudang karena tingkat kemampuan pelacakan pergerakan stok secara real-time dan mencegah kesalahan logistik.

10. Stocky dari Shopify

inventory management app Stocky

Stocky adalah salah satu software manajemen inventaris yang dikembangkan oleh platform e-commerce terkemuka Shopify.

Perangkat lunak Stocky secara khusus mengelola manajemen stok persediaan barang yang pada toko online, mulai dari perhitungan jumlah barang hingga forecasting kebutuhan pelanggan.

Kelebihan
  • Sangat cocok untuk bisnis yang menggunakan Shopify.
  • Membantu mengoptimalkan stok dan mencegah overselling.
Kekurangan
  • Hanya bisa digunakan oleh pengguna Shopify.
Fitur Unggulan
  • Keunggulan dari software manajemen inventaris Stocky adalah kemampuan mengelola dan menganalisis persediaan barang pada ekosistem bisnis Shopify. Dengan pengelolaan yang teroptimalkan dengan Stocky, proses pengelolaan barang di toko online pun akan semakin mudah dan jelas tanpa harus input manual.

11. Katana

Katana-MRP

Katana adalah perangkat lunak manajemen inventaris yang berfokus pada bisnis manufaktur.

Aplikasi ini dirancang untuk menyederhanakan proses produksi, mulai dari bahan baku hingga produk jadi.

Katana membantu produsen kecil dan menengah mengelola stok, pesanan penjualan, dan alur kerja produksi secara efisien.

Kelebihan
  • Sangat powerful untuk bisnis yang bergerak di bidang manufacturing dan produksi.
  • Dashboard visual yang jelas untuk melihat status produksi dan stok.
Kekurangan
  • Harga relatif mahal dan lebih cocok untuk bisnis yang sudah well-established.
Fitur Unggulan
  • Dapat melakukan Perencanaan Kebutuhan Material (MRP) secara otomatis dan real-time. Selain itu, fitur ini sangat berguna bagi manufaktur untuk menghitung kebutuhan bahan baku yang diperlukan berdasarkan pesanan yang masuk dan tingkat stok yang tersedia.

12. Finale Inventory

Rekomendasi aplikasi manajemen inventaris selanjutnya adalah Finale Inventory.

Software manajemen inventaris Finale Inventory memiliki fitur pengelolaan stok gudang, pemindaian barcode, dan juga multi-gudang.

Selain itu, Finale Inventory cocok digunakan oleh bisnis yang mengelola pesanan dalam volume besar dan memiliki sistem pergudangan yang kompleks.

Kelebihan
  • Dapat diintegrasikan ke dalam platform lain, seperti Amazon, Shopify, dan QuickBooks.
  • Tampilan UI/UX yang mudah digunakan dan intuitif.
Kekurangan
  • Lebih cocok untuk jenis bisnis yang membutuhkan pengelolaan gudang lengkap.
Fitur Unggulan
  • Software Finale Inventory memiliki sistem barcode untuk setiap produk sehingga seluruh operasi gudang dapat dikelola menggunakan scanner barcode dan juga memungkinkan pelacakan jumlah stok komponen secara otomatis.

 

13. Management Inventory Ordoro

software management app ordoro

Software manajemen inventaris Ordoro adalah perangkat lunak yang membantu penyederhanaan logistik melalui satu dashboard yang sama tanpa menggunakan software lain.

Ordoro berfokus pada pengelolaan bisnis toko online atau e-commerce melalui berbagai channel, dan juga membantu visibilitas progres lokasi produk dari gudang hingga pengiriman.

Kelebihan
  • Dapat membandingkan harga pengiriman dari berbagai layanan distribusi, mencetak label, dan otomatisasi pemberitahuan pelacakan pelanggan.
Kekurangan
  • Kurang cocok dengan jenis bisnis manufaktur karena berfokus pada inventaris e-commerce.
Fitur Unggulan
  • Ordoro memiliki keunggulan dalam kemampuan sinkronisasi manajemen persediaan dari setiap e-commerce yang digunakan, seperti eBay atau Amazon, pada satu dashboard terpadu.

14. Zoho Inventory

zoho manajemen inventaris

Zoho Inventory adalah aplikasi manajemen inventaris berbasis cloud yang terintegrasi dengan ekosistem Zoho.

Aplikasi ini dirancang untuk membantu bisnis kecil dan menengah untuk mengelola inventaris, pesanan penjualan dan pembelian, serta pengiriman.

Aplikasi ini menawarkan visibilitas real-time terhadap stok Anda di berbagai gudang, membantu Anda menghindari kekurangan stok atau overselling.

Kelebihan
  • Fitur yang lengkap dan mampu menangani kebutuhan bisnis yang beragam.
  • Terintegrasi dengan mudah dan tidak memerlukan unit platform lain.
Kekurangan
  • Harga berlangganan lebih mahal jika membutuhkan fitur bisnis yang lengkap.
Fitur Unggulan
  • Zoho Inventory terhubung dengan ekosistem Zoho yang terdiri atas Zoho CRM dan Books, di mana kedua sistem ini dapat menciptakan alur kerja yang terpadu dan efisien, sehingga proses inventaris dan operasional dapat dikontrol dalam satu platform yang terintegrasi.

15. Vend Inventory by Lightspeed

Sebelum bergabung bersama Lightspeed, software ini bernama Vend Inventory dan berfokus pada peningkatan efisiensi proses pengelolaan persediaan barang gudang.

Dengan sistem utamanya adalah POS atau Point of Sale, Vend terhubung dengan sistem penjualan dan persediaan barang yang sinkron secara real-time.

Fitur ini berguna dalam meningkatkan visibilitas dan perhitungan jumlah barang tersedia dan terjual selama bisnis beroperasi di dalam toko online atau offline.

Kelebihan
  • Fiturnya sangat cocok untuk toko retail dan omnichannel.
  • Terintegrasi dengan perangkat hardware retail.
Kekurangan
  • Vend berfokus pada sistem retail, dan kurang cocok dengan bisnis manufaktur atau jasa.
Fitur Unggulan
  • Vend dapat mengelola stok untuk toko offline dan online dari satu dashboard, termasuk varian produk seperti warna dan ukuran, agar akurat dan terhindar dari overselling.

16. Fishbowl Inventory Management

Fishbowl-Go inventory management app

Fishbowl Inventory adalah software manajemen inventaris yang kuat untuk bisnis kecil dan menengah.

Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang lebih canggih daripada software akuntansi biasa, menjadikannya pilihan ideal untuk bisnis manufaktur dan warehouse.

Kelebihan
  • Fitur yang sangat canggih untuk manufaktur dan warehousing.
  • Integrasi yang kuat dengan software akuntansi.
Kekurangan
  • Membutuhkan waktu untuk mempelajari semua fitur.
Fitur Unggulan
  • Memiliki fitur manajemen manufaktur yang komprehensif, dan memungkinkan pengelolaan seluruh proses produksi, mulai dari work order, bill of materials (BOM), hingga alur kerja produksi.

17. TradeGecko (QuickBooks Commerce)

QuickBooks inventory management app

TradeGecko, yang kini dikenal sebagai QuickBooks Commerce, adalah solusi manajemen inventaris yang terintegrasi dengan ekosistem QuickBooks.

Aplikasi ini dirancang untuk bisnis grosir dan e-commerce yang membutuhkan manajemen stok yang lebih canggih.

Kelebihan
  • Fiturnya sangat cocok untuk toko retail dan omnichannel.
  • Terintegrasi dengan perangkat hardware retail.
Kekurangan
  • Vend berfokus pada sistem retail, dan kurang cocok dengan bisnis manufaktur atau jasa.
Fitur Unggulan
  • TradeGecko memiliki kemampuan untuk mengelola penjualan grosir (wholesale). Fitur ini dirancang khusus untuk mengelola pesanan dalam jumlah besar, menetapkan harga khusus untuk pelanggan grosir, dan melacak inventaris di seluruh saluran penjualan.

18. Inventory Mangement App Stocktake

Software inventory app stocktake

Aplikasi inventaris Stocktake adalah perangkat yang berfokus untuk membantu bisnis melakukan penghitungan stok fisik (stock opname) menggunakan barcode scanner.

Aplikasi ini dirancang untuk membuat proses manual menjadi lebih efisien dan akurat.

Kelebihan
  • Mudah digunakan untuk bisnis yang ingin memudahkan proses stock opname.
  • Cocok untuk gudang besar dan kompleks.
Kekurangan
  • Memiliki fungsi yang terbatas pada perhitungan stok saja.
Fitur Unggulan
  • Aplikasi ini memiliki fungsi pindai barcode, sehingga stok dapat ditandai dengan kode yang sesuai. Petugas gudang akan memindai kode tersebut saat barang masuk atau keluar, memastikan akurasi jumlah persediaan selalu sinkron.

Pentingnya Inventory Management App untuk Bisnis

Aplikasi manajemen sistem sangat berguna untuk meningkatkan kelancaran sistem logistik dan menyederhanakan proses kurasi persediaan.

Aplikasi manajemen inventaris membantu Anda mengatasi berbagai masalah yang umum terjadi, seperti out-of-stock atau overstock.

Kenapa masalah ini harus segera diatasi? Karena kondisi ini dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan bagi bisnis.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa aplikasi manajemen inventaris sangat penting untuk bisnis:

1. Mengurangi Biaya Operasional

Dengan melacak stok secara akurat, Anda dapat menghindari pembelian berlebihan yang mengikat modal atau biaya penyimpanan ekstra.

Aplikasi ini juga membantu mengidentifikasi produk yang lambat terjual sehingga Anda bisa mengambil tindakan untuk mengurangi kerugian.

2. Mencegah Kehilangan Penjualan

Aplikasi manajemen inventaris memberikan notifikasi otomatis saat stok menipis.

Notifikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan restock tepat waktu, sehingga Anda tidak kehilangan penjualan karena kehabisan barang.

3. Meningkatkan Akurasi Data

Dengan fitur otomatisasi, aplikasi ini mengurangi risiko kesalahan manusia yang sering terjadi pada pencatatan manual.

Setiap pergerakan stok tercatat secara real-time, sehingga data yang Anda miliki selalu akurat dan bisa dijadikan dasar pengambilan keputusan.

4. Laporan dan Analisis Mendalam

Aplikasi manajemen inventaris menyediakan laporan komprehensif tentang pergerakan stok, tren penjualan, dan profitabilitas produk.

Analisis ini membantu Anda memahami produk mana yang paling laku, kapan waktu terbaik untuk berbelanja, dan strategi apa yang perlu diterapkan.

5. Mempercepat Proses Bisnis

Dari proses penerimaan barang hingga pengiriman kepada pelanggan, aplikasi manajemen inventaris mengotomatiskan banyak tugas.

Fitur seperti pemindaian barcode dan integrasi dengan sistem pengiriman akan mempercepat operasional, sehingga pelanggan mendapatkan pesanan mereka lebih cepat.

Fitur yang Wajib Dimiliki Aplikasi Manajemen Inventaris

Memilih aplikasi manajemen inventaris yang tepat sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas bisnis.

Namun, aplikasi yang baik bukan hanya sekadar alat untuk mencatat stok, tetapi juga harus memiliki fitur-fitur yang mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Berikut adalah fitur-fitur yang harus Anda pertimbangkan saat memilih aplikasi manajemen inventaris:

1. Pelacakan Stok Real-time

Fitur ini adalah fondasi utama dari setiap aplikasi manajemen inventaris.

Fitur ini memungkinkan pemantauan jumlah stok secara akurat dan menghindari barang risiko out-of-stock atau understock.

2. Manajemen Warehouse

Jika Anda memiliki lebih dari satu gudang, fitur ini dapat membantu Anda mengelola stok di berbagai lokasi melalui satu dashboard terpusat.

Selain itu, Anda juga bisa melihat ketersediaan stok di setiap gudang, melacak pergerakan barang, dan mengoptimalkan penempatan produk.

3. Integrasi E-commerce & POS

Untuk bisnis yang menjual produk secara online dan offline, fitur integrasi ini dapat meningkatkan efektivitas dalam mengoptimalkan berbagai platform.

4. Laporan dan Analisis

Laporan dan analisis ini juga diharapkan dapat membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas, seperti menentukan kapan harus membeli stok atau produk mana yang harus dipromosikan.

5. Fitur Otomatisasi

Fitur ini bertujuan untuk menyederhanakan dan mempercepat alur kerja.

Misalnya, notifikasi otomatis saat stok menipis, pembuatan pesanan pembelian otomatis berdasarkan batas stok minimum, atau otomatisasi proses picking dan packing barang.

Kesimpulan

Dengan sistem pencatatan stok yang otomatis dan real-time, Anda akan lebih mudah mengelola dan memantau jumlah persediaan di gudang.

Untuk meningkatkan efektivitas pengorganisasian persediaan barang di gudang, Anda dapat menggunakan software inventory Mekari Jurnal.

Fitur-fitur Mekari Jurnal membantu Anda menganalisis kinerja bisnis secara menyeluruh, mengidentifikasi tren permintaan, dan mengevaluasi profitabilitas dari setiap produk yang Anda jual.

Mekari Jurnal tidak hanya menyederhanakan proses pengelolaan inventaris, tetapi juga memberikan visibilitas yang jelas terhadap kondisi stok dan perputaran produk.

Mulailah mengelola inventaris dengan lebih cerdas menggunakan Mekari Jurnal.

Hubungi Sales Kami

WhatsApp Hubungi Kami