Daftar Isi

Jurnal dan Xendit Bekerja Sama Memberikan Solusi Pembayaran yang Lebih Cepat & Efisien

Tayang 07 Nov 2017
Diperbarui 10 Oktober 2023

Mekari Jurnal mengumumkan kerja samanya dengan Xendit, sebuah Payment Gateway yang berbasis di Asia Tenggara.

Kerja sama antara keduanya ini dipersembahkan untuk memberikan solusi pembayaran bagi pengusaha UKM di Indonesia.

Jurnal Pay adalah fitur terbaru Mekari Jurnal yang telah terintegrasi dengan portal Xendit untuk membantu pengusaha Indonesia dalam memonitor penagihan pelanggan lebih mudah dan cepat melalui Virtual Account (Bank Transfer) atau Kartu Kredit dengan biaya minimal.

Mekari Jurnal dan Xendit Bekerja Sama Memberikan Solusi Pembayaran yang Lebih Cepat & Efisien

Daniel Witono, Chief Executive Officer Jurnal mengatakan bahwa:

Pelaku UKM cenderung terpengaruh faktor eksternal sehingga mereka melewatkan faktur wajib yang harus ditagih dan masih melakukan pengonfirmasian penerimaan uang secara manual.

Hal itu mendorong kami untuk berinovasi dengan menyediakan layanan praktis bagi UKM.

Dengan menggandeng Xendit sebagai Payment Gateway Portal, kami memberikan solusi praktis melalui fitur Jurnal Pay agar pengguna dapat menerima pembayaran secara langsung dan mendapatkan notifikasi konfirmasi pembayaran serta pencatatan invoice yang telah dibayar secara otomatis sehingga para pelaku UKM di Indonesia tidak lagi khawatir melewatkan faktur wajib yang harus dibayarkan.”

Dengan mengaktifkan Jurnal Pay, keuntungan untuk pengusaha UKM adalah dapat lebih mudah mengirimkan invoice dan melakukan penagihan kepada pelanggan untuk melakukan pembayaran lebih cepat melalui online.

Pengiriman invoice nantinya akan lebih mudah dilakukan melalui aplikasi invoice yang membantu pekerjaan Anda.

Hal ini tentu dapat memudahkan proses administrasi dan operasional pengusaha sehingga dapat lebih fokus mengembangkan bisnis serta industri.

Untuk mengaktifkan Jurnal Pay, pengusaha UKM tidak perlu repot lagi mendaftarkan Virtual Account sendiri dan hanya perlu melakukan pengaturan satu kali saja.

Pengusaha yang ingin mengaktifkan Jurnal Pay, hanya perlu melakukan pengaturan di awal dengan memasukkan beberapa informasi seperti nama perusahaan, email, nama bank, nama akun, rekening jurnal, dan aku biaya pada Jurnal Pay.

Setelah mengaktifkan Jurnal Pay, pengusaha akan mendapat email notifikasi setiap pelanggan melakukan pembayaran, serta tidak perlu melakukan pencatatan dan pengecekan atas transaksi pembayaran.

Karena Mekari Jurnal akan secara otomatis melakukan pencatatan transaksi penerimaan dan pencairan dana.

Selama 4 bulan setelah Jurnal Pay release, Jurnal Pay telah dinikmati lebih dari 20 pengguna Jurnal dan telah berhasil memproses total nilai transaksi hingga Rp7 miliar.

Di mana mereka dapat mengelola dan membuat rencana keuangan dengan memberikan pilihan dalam proses pembayaran serta menerima pembayaran dengan cepat, di mana pun dan kapan pun. Hal ini tentu dapat memudahkan pelanggan dan juga pengusa itu sendiri.

Mekari Jurnal juga mencakup software untuk mengelola aset yang akan membantu bisnis dalam monitoring dan pengelolaan inventaris.

Dalam satu program akuntansi terdapat beragam fitur untuk mengelola bisnis Anda secara menyeluruh menggunakan sistem yang akurat dan teratur. Dapatkan keuntungannya! Coba sekarang secara gratis hingga 14 hari!

Pengenalan ke Xendit: Mempermudah Pembayaran Bisnis di Indonesia dan Filipina

Dalam era digital yang berkembang pesat, perkembangan teknologi telah mengubah lanskap bisnis global. Salah satu perubahan signifikan yang terjadi adalah bagaimana pembayaran dilakukan. Xendit adalah salah satu perusahaan yang telah mengambil peran kunci dalam memfasilitasi pembayaran bisnis di Indonesia dan Filipina.

Apa Itu Xendit?

Xendit adalah sebuah payment gateway yang berfungsi sebagai penghubung antara bisnis dan proses pembayaran. Payment gateway adalah komponen penting dalam ekosistem pembayaran online. Ini memungkinkan bisnis untuk menerima pembayaran dari pelanggan mereka secara online dengan aman dan efisien.

Xendit memiliki visi untuk mempermudah pembayaran bagi berbagai jenis bisnis di Indonesia dan Filipina. Mereka telah mengembangkan berbagai solusi yang memungkinkan bisnis untuk menerima dan mengirimkan dana dengan integrasi yang sederhana. Salah satu keunggulan utama Xendit adalah kemampuannya untuk mendeteksi dan merekonsiliasi transaksi secara otomatis, dan memberikan pemberitahuan instan kepada bisnis dan pelanggan mereka.

Sebagai perusahaan financial technology (fintech) terkemuka di Indonesia dan Filipina, Xendit telah menjadi salah satu elemen penting dalam ekosistem pembayaran digital di dua negara ini. Mereka memainkan peran kunci dalam memungkinkan bisnis skala besar maupun kecil untuk mengelola transaksi keuangan mereka dengan lebih efektif.

Peran Xendit dalam Transformasi Digital

Kehadiran Xendit bukanlah kebetulan. Ini adalah hasil dari pertumbuhan dan perkembangan teknologi di dunia, terutama di Asia Tenggara. Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak bisnis yang beralih ke model online, baik dalam hal pembelian maupun pembayaran. Ini menciptakan kebutuhan untuk solusi pembayaran yang aman, andal, dan efisien.

Xendit muncul pada tahun 2016, didirikan oleh sekelompok individu yang memiliki visi untuk mengubah cara pembayaran dilakukan di Indonesia dan Filipina. Tim inti Xendit terdiri dari Moses Lo sebagai CEO, Tessa Wijaya sebagai COO, Bo Chen sebagai CTO, dan Juan Gonzales sebagai CINO. Mereka bersama-sama memimpin perusahaan ini dalam upayanya untuk memajukan ekosistem pembayaran di kedua negara.

Mengapa Xendit Penting?

Penting untuk memahami mengapa Xendit dan layanan sejenisnya begitu penting dalam ekosistem bisnis modern. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Xendit dianggap sebagai perusahaan yang sangat berharga:

  1. Membantu Bisnis Berkembang: Dalam buku “Konsep Dasar Pemasaran di Era Digital” yang ditulis oleh Dedy Lzuardi dkk, Xendit dianggap sebagai yang terbaik di Indonesia dalam membantu bisnis berkembang. Dengan menyediakan solusi pembayaran yang efisien, Xendit memungkinkan bisnis untuk berfokus pada pengembangan produk dan layanan mereka, bukan pada masalah pembayaran.
  2. Automatisasi Transaksi: Salah satu fitur utama Xendit adalah kemampuannya untuk melakukan deteksi dana otomatis. Ini berarti setiap transaksi dapat dicatat dan direkonsiliasi dengan mudah, tanpa perlu campur tangan manual. Ini menghemat waktu dan tenaga bagi bisnis.
  3. Meminimalkan Penipuan: Dalam lingkungan bisnis yang semakin terkoneksi secara digital, risiko penipuan juga meningkat. Xendit menyediakan sistem pencegahan penipuan dan verifikasi identitas untuk melindungi bisnis dari kerugian akibat penipuan.
  4. Meningkatkan Kemudahan Berbisnis: Xendit memfasilitasi proses pembayaran secara otomatis. Ini sangat membantu bagi bisnis dalam menjalankan operasi mereka tanpa harus khawatir tentang konfirmasi manual dan pengelolaan transaksi yang rumit.
  5. Pendukung Digitalisasi: Xendit tidak hanya mempermudah pembayaran, tetapi juga mendukung digitalisasi perekonomian di Indonesia. Ini memiliki dampak positif dalam memajukan bisnis-bisnis di Indonesia menuju era digital.

Produk-Produk Xendit

Xendit telah mengembangkan sejumlah produk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan beragam bisnis. Berikut beberapa produk utama yang mereka tawarkan:

  1. Pembayaran Online: Xendit memungkinkan bisnis untuk menerima berbagai metode pembayaran, baik lokal maupun internasional. Ini membuka peluang bagi bisnis untuk meraih pelanggan di seluruh dunia.
  2. Checkout: Xendit menyediakan layanan checkout yang memungkinkan bisnis untuk menerima pembayaran dengan membagikan tautan dan halaman checkout kepada pelanggan. Ini adalah cara yang efisien untuk melakukan pembayaran online.
  3. Integrasi: Xendit dapat diintegrasikan dengan berbagai platform e-commerce dan toko online, memungkinkan bisnis untuk menerima pembayaran dengan lebih mudah.
  4. Manajemen Risiko: Xendit memiliki sistem pencegahan penipuan yang kuat dan menyediakan layanan verifikasi identitas untuk mengurangi risiko yang terkait dengan transaksi keuangan.
  5. Transfer Otomatis: Xendit memungkinkan bisnis untuk mengirim uang ke berbagai bank dan e-wallet melalui integrasi API. Ini sangat membantu dalam mengelola pembayaran kepada pemasok dan mitra bisnis.
  6. Transfer Massal: Xendit juga memungkinkan bisnis untuk mengirim uang ke hingga 10.000 tujuan sekaligus dengan mengunggah file Excel. Ini sangat berguna bagi bisnis dengan volume pembayaran yang tinggi.
  7. Kirim Refund: Xendit menyederhanakan proses pengiriman refund kepada pelanggan tanpa perlu mencatat rekening tujuan secara manual.
  8. Pembayaran Platform: Xendit memiliki layanan pembayaran platform yang memungkinkan bisnis untuk mendaftarkan mitra mereka, menerima dan mendistribusikan pembayaran, dan mengelola aliran dana dengan lebih efisien.

Prestasi Xendit sebagai Unicorn

Pada September 2021, Xendit mencapai status unicorn dengan memperoleh pendanaan sebesar 150 juta dolar AS dalam putaran pendanaan Seri C yang dipimpin oleh Tiger Global Management. Status unicorn dicapai ketika valuasi perusahaan mencapai atau melebihi 1 miliar dolar AS. Ini adalah prestasi besar bagi perusahaan fintech asal Indonesia.

Xendit bergabung dengan daftar perusahaan unicorn Indonesia yang meliputi nama-nama seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, OVO, J&T Express, dan OnlinePajak. Ini adalah bukti perkembangan pesat ekosistem startup di Indonesia dan peran penting yang dimainkan oleh perusahaan-perusahaan seperti Xendit dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Kesimpulan

Xendit adalah payment gateway yang memainkan peran penting dalam mempermudah pembayaran bisnis di Indonesia dan Filipina. Mereka telah membantu bisnis-bisnis skala besar maupun kecil untuk mengelola transaksi keuangan mereka dengan lebih efisien. Dengan berbagai produk dan layanan yang mereka tawarkan, Xendit mendukung digitalisasi ekonomi dan memungkinkan bisnis untuk berkembang di era digital yang terus berkembang pesat. Dengan prestasinya sebagai unicorn, Xendit juga menjadi contoh sukses dalam ekosistem fintech Indonesia.

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal