Pada Hari ini, Tanggal 8 November 2017, Jurnal mengumumkan kerja samanya dengan Xendit, sebuah Payment Gateway yang berbasis di Asia Tenggara. Kerja sama antara keduanya ini dipersembahkan untuk memberikan solusi pembayaran bagi pengusaha UKM di Indonesia.

 

Jurnal Pay adalah fitur terbaru Jurnal yang telah terintegrasi dengan portal Xendit untuk membantu pengusaha dalam penerimaan pembayaran dari pelanggan lebih mudah dan cepat melalui Virtual Account (Bank Transfer) atau Kartu Kredit dengan biaya minimal.

 

 

Daniel Witono, Chief Executive Officer Jurnal mengatakan bahwa “Pelaku UKM cenderung terpengaruh faktor eksternal sehingga mereka melewatkan faktur wajib yang harus ditagih dan masih melakukan pengonfirmasian penerimaan uang secara manual. Hal itu mendorong kami untuk berinovasi dengan menyediakan layanan praktis bagi UKM. Dengan menggandeng Xendit sebagai Payment Gateway Portal, kami memberikan solusi praktis melalui fitur Jurnal Pay agar pengguna dapat menerima pembayaran secara langsung dan mendapatkan notifikasi konfirmasi pembayaran serta pencatatan invoice yang telah dibayar secara otomatis sehingga para pelaku UKM tidak lagi khawatir melewatkan faktur wajib yang harus dibayarkan.

 

 

Dengan mengaktifkan Jurnal Pay, pengusaha UKM dapat lebih mudah mengirimkan invoice dan melakukan penagihan kepada pelanggan untuk melakukan pembayaran lebih cepat melalui online. Hal ini tentu dapat memudahkan proses administrasi dan operasional pengusaha sehingga dapat lebih fokus mengembangkan bisnis.

 

Untuk mengaktifkan Jurnal Pay, pengusaha UKM tidak perlu repot lagi mendaftarkan Virtual Account sendiri dan hanya perlu melakukan pengaturan satu kali saja. Pengusaha yang ingin mengaktifkan Jurnal Pay, hanya perlu melakukan pengaturan di awal dengan memasukkan beberapa informasi seperti nama perusahaan, email, nama bank, nama akun, rekening jurnal, dan aku biaya pada Jurnal Pay.

 

Setelah mengaktifkan Jurnal Pay, pengusaha akan mendapat email notifikasi setiap pelanggan melakukan pembayaran, serta tidak perlu melakukan pencatatan dan pengecekan atas transaksi pembayaran. Karena Jurnal akan secara otomatis melakukan pencatatan transaksi penerimaan dan pencairan dana.

Selama 4 bulan setelah Jurnal Pay release, Jurnal Pay telah dinikmati lebih dari 20 pengguna Jurnal dan telah berhasil memproses total nilai transaksi hingga Rp7 miliar. Di mana mereka dapat mengelola dan membuat rencana keuangan dengan memberikan pilihan dalam proses pembayaran serta menerima pembayaran dengan cepat, di mana pun dan kapan pun. Hal ini tentu dapat memudahkan pelanggan dan juga pengusa itu sendiri. Untuk info lebih lanjut mengenai fitur Jurnal lainnya, dapat Anda temukan di sini.