Manajemen Stock Opname

Aplikasi stock opname Android & iOS

Nikmati cepat dan akuratnya sebuah sistem dalam mengelola stock opname untuk produk usaha, hingga pencatan detail keluar masuk stok secara detail yang bisa diakses Android dan iOS.

Manajemen Stock Opname

20.000+ perusahaan bersama Jurnal

  • logo
  • logo
  • logo
  • logo
  • logo
  • logo
SOLUSI PENCATATAN STOCK OPNAME

Cegah stok berlebih, hitung barang tanpa selisih

Kurangi resiko kelebihan stok produk di tempat penyimpanan akibat kesalahan penghitungan stok secara manual. Percepat penghitungan barang persediaan dengan sistem yang dirancang secara cermat untuk menangani pekerjaan stock opname usaha dan bisnis.

Sistem stok otomatis yang efektif

Kelola waktu persiapan hingga pendataan stock opname perusahaan secara praktis, tidak ada lagi waktu terbuang dengan sistem manual dan kesalahan hitung akibat human-error, semua terdata cepat dan tepat.

Stock opname yang akurat

    • Penyesuaian stock. Otomatisasikan penghitungan akhir dari penghitungan stok dengan jumlah barang riil untuk mengetahui selisih jumlah barang.
    • Ketahui selisih stock. Dapatkan jumlah akhir dari selisih barang akibat barang rusak atau hilang tanpa perlu menghitung kembali stock secara manual.
    • Mudah kelola menu produk. Ketahui barang tersisa dari data stok opname, sesuaikan harga barang dan penuhi permintaan pelanggan.
img

Resiko kesalahan data yang fatal

    • Tanpa otomatisasi menyulitkan penghitungan stock opname.
    • Barang rusak/hilang tidak terpantau yang berakibat pada selisih barang yang tidak akurat.
    • Stok tidak terpantau sehingga permintaan pelanggan dapat tidak terpenuhi akibat barang habis.
Yudi Tukiaty

“Dulu, BARDI Smarthome masih menggunakan sistem manual. Ada masalah seperti stok tidak match, stok hilang, posisi barang tidak diketahui, sales overlap, pembelian overtrack. Kurang up to date”

Yudi TukiatyCo-founder & CPSO BARDI Smarthome

Tanpa ragu hitung stok opname dengan sistem terpercaya

Kenali stok dari satu aplikasi terintegrasi

Mudah mengenali stok barang berdasarkan nama produsen, SKU, asal barang, maupun lokasi barang dengan sistem yang terintegrasi dengan jurnal usaha.

Kenali, rekap, dan impor stok dengan satu aplikasi

    • Barcode system memudahkan proses penghitungan stock opname dengan label yang dihasilkan otomatis.
    • Mudah memisahkan barang berdasarkan statusnya (rusak / titipan / barang masuk setelah proses stock opname).
    • Integrasi dengan Jurnal memudahkan input sekaligus mengetahui selisih dan jumlah akhir dari stok barang.
img

Barang tanpa informasi, rekap dan identifikasi barang makin rumit

    • Tidak ada barcode system menyulitkan proses identifikasi stok.
    • Sulit memisahkan barang berdasarkan status barang.
    • Tidak ada integrasi dengan Jurnal usaha menyulitkan entri data stock opname
Ari Budiman

“Mekari Jurnal membantu bisnis memiliki sistem inventory yang mudah seperti pemberitahuan & kalkulasi produk secara langsung, melacak penjualan produk terbanyak, mengimpor data persediaan, memantau bisnis multi cabang, hingga mengatur jumlah minimal stok sehingga pemesanan dapat tepat waktu.”

Ari BudimanFounder Rock Nation

Impor data stock opname mudah aplikasi Jurnal

Stock opname untuk multi gudang

Lakukan proses stock opname di berbagai gudang berbeda secara bersamaan dan peroleh hasil penghitungan terpusat secara otomatis untuk ketahui kondisi stok barang.

Hitung stok barang di berbagai lokasi

    • Sistem multi gudang memudahkan penghitungan dan penyesuaian stock opname ke dalam satu sistem terpusat.
    • Mutasi barang masuk keluar dapat dipantau berdasarkan jumlah barang di gudang
    • Laporan akurat dari data stock opname di setiap gudang untuk menghitung harga pokok penjualan.
img

Menghitung barang di banyak gudang satu per satu

    • Tidak mendukung multi gudang sehingga menyulitkan mobilitas penghitungan barang antar gudang.
    • Mutasi barang tidak terpantau sehingga selisih barang akibat rusak maupun hilang semakin besar.
    • Laporan tidak akurat menyulitkan dalam mengambil keputusan seperti menentukan harga jual barang.
Michael Chrisyanto

“Peran Jurnal sangat penting karena mampu memberi data real time. Jadi kami tahu ke depan mau berencana apa. Perhitungan real time juga sangat berpengaruh pada kondisi stok barang.”

Michael ChrisyantoCo-founder Eatlah

Percepat stock opname online di banyak gudang tanpa cek satu-persatu

Apa itu aplikasi stock opname?

Aplikasi stok opname adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mempermudah pengecekan, pelacakan, dan penyesuaian stok barang di gudang dengan sistem online yang cepat, akurat dan terintegrasi.

Melakukan pendataan stok opname dapat menyita waktu dan membutuhkan sumber daya yang cukup banyak. Pada akhirnya, pemilik usaha memerlukan biaya lebih untuk melakukan stok opname. Tidak hanya itu, kesalahan yang kerap terjadi akibat penghitungan jumlah stok yang tidak sesuai dapat dihindari dengan aplikasi stok opname.

Jurnal dengan fitur dan fungsi aplikasi stock opname tersedia dalam platform Android dan iOS selain bisa diakses menggunakan browser komputer atau gadget.

Apa itu stock opname? Pengertian stock opname adalah kegiatan yang mencakup perhitungan persediaan atau stok produk di gudang sebelum dijual atau didistribusikan.

Karena berkaitan dengan perhitungan persediaan, maka kegiatan ini cukup menyita waktu. Petugas yang bertanggungjawab melakukan perhitungan harus teliti dalam menghitung dan memeriksa barang yang ada di gudang.

Selain itu, dalam perhitungan ini juga tidak boleh ada kesalahan sedikitpun seperti barang yang terlewat dan tidak terhitung. Karena hal ini nantinya akan sangat berpengaruh pada stok produk yang akan dijual oleh perusahaan.

Stock opname perlu dilakukan oleh perusahaan untuk mengetahui secara pasti mengenai persediaan barang yang tercatat di pembukuan dengan barang riil yang ada di gudang.

Dengan kegiatan perhitungan stok ini maka akan diketahui secara pasti apakah jumlah yang tercatat sudah sesuai dengan ketersediaan produk di gudang ataukah berbeda. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan ulang, apakah ada transaksi yang belum tercatat atau ada kesalahan dalam pencatatan.

Tujuan stock opname secara umum adalah untuk perhitungan kas, aktiva, piutang maupun hutang. Secara khusus, tujuan stock opname bagi perusahaan adalah untuk mengetahui jumlah pasti barang persediaan riil dengan catatan dalam pembukuan. Selain dua tujuan ini, ada beberapa tujuan lain dari stock opname, diantaranya: 

 

  1. Memberikan informasi yang benar dan valid atas persediaan produk yang disimpan oleh perusahaan.
  2. Sebagai alat pembanding persediaan pada tahun berikutnya, sehingga tidak terjadi kelebihan atau kekurangan stok di kemudian hari.
  3. Sebagai alat kontrol dan pengawas terhadap produk barang yang disimpan dan digunakan oleh perusahaan.
  4. Untuk mendapatkan HPP (Harga Pokok Penjualan) yang digunakan untuk menghitung laba dan rugi perusahaan.
  5. Tujuan stock opname terakhir adalah untuk menginformasikan kualitas dan kuantitas produk barang yang disimpan sebagai persediaan.

Cara melakukan stock opname adalah sebagai berikut:

  • Buat jadwal rutin stock opname 

stok opname dilakukan setiap sebulan sekali atau bahkan tiga bulan sekali tergantung kebutuhan dari bisnis

  • Mempersiapkan alat penunjang

Siapkan alat-alat penunjang seperti barcode scanner, buku catatan, stiker barcode, atau tag. Tujuan alat-alat penunjang ini agar tidak ada barang yang tercatat secara ganda.

  • Buat denah rak gudang

Tujuan membuat denah agar pencatatan barang dapat dilakukan lebih cepat.

  • Bentuk tim

Mengingat banyak barang yang perlu dicatat, tim pencatatan perlu dibentuk dari tahap persiapan hingga proses pencatatan.

  • Tentukan barang yang akan dicatat

Prioritaskan barang yang paling penting terlebih dahulu. Membuat prioritas barang yang akan dicatat memudahkan dan mempercepat proses pencatatan.

  • Gunakan aplikasi stock opname

Tujuan aplikasi stock opname adalah mempercepat proses penghitungan barang. Selisih barang dapat diketahui dengan mudah berdasarkan jumlah data barang persediaan riil untuk kembali dicocokan dengan data persediaan barang di jurnal pembukuan.

WhatsApp Hubungi Kami