Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Kenali Jurnal 360
Kenali Jurnal 360
×
Mekari Jurnal
Pastikan operasional & keuangan bisnis tetap lancar selama Ramadan dengan Jurnal 360! Kenali Jurnal 360
Kenali Jurnal 360
Manajemen hotel

Aplikasi manajemen hotel untuk pelayanan maksimal

Tingkatkan pelayanan hotel dengan aplikasi manajemen hotel berbasis web. Dari laporan keuangan, hingga manajemen aset, semua bisa dikelola dalam satu sistem yang praktis dan efisien.

fitur fitur kelebihan software Mekari Juunal
Daftar isi

Apa itu aplikasi manajemen hotel?

Aplikasi manajemen hotel adalah perangkat lunak yang dibuat untuk membantu operasional hotel dari manajemen keuangan, pendapatan laba rugi, reservasi, pajak, hingga manajemen inventaris.

Manfaat aplikasi manajemen hotel

Aplikasi manajemen hotel membantu pengelola hotel untuk mempermudah operasional bisnis seperti meningkatkan produktifitas dan efisiensi yang ujungnya memberikan pelayanan terbaik bagi tamu.

Dengan sistem yang terintegrasi, keuntungan reservasi kamar dapat dikelola secara real-time, mengurangi risiko overbooking dan kesalahan pencatatan, baik pencatatan keuangan maupun seperti pencatatan inventaris barang di hotel.

Aplikasi ini juga dapat memberikan laporan akuntansi perhotelan dan analisis bisnis lebih cepat, membantu manajemen dalam mengambil keputusan strategis. Dengan fitur pemantauan pendapatan, pengeluaran, dan profitabilitas, hotel dapat mengoptimalkan harga kamar berdasarkan hasil laporan.

Per September 2024, segmen hotel mencatat penjualan Rp424,4 miliar, meningkat 24% secara tahunan (yoy),…… sumber: Kontan.

Dengan data diatas, sudah di pastikan industri hotel akan selalu berkembang dan semakin bersaing, sistem manajemen harus semakin cepat, akurat dan efisien dimana aplikasi manajemen hotel hadir.

Dari study kasus, Travelio bisa membuat laporan keuangan 98% lebih cepat dengan menggunakan Mekari Jurnal.

Coba gratis Mekari Jurnal

KEY TAKEAWAYS
  • Bisnis perhotelah memiliki kebutuhan yang beragam, mulai dari urusan administrasi klien hingga operasional bisnis.
  • Aplikasi manajemen hotel dapat menjadi solusi bisnis perhotelan yang beragam dengan meningkatkan performa kerja melalui otomatisasi yang efisien.
  • Aplikasi manajemen hotel berguna untuk mempermudah manajemen reservasi, inventaris, akuntansi, hingga pembuatan laporan.
  • Studi kasus dan fakta membuktikan bahwa bisnis hotel semakin berkembang dan membutuhkan sistem modern untuk mengikuti digitalisasi bisnis yang juga di dukung pemerintah.

8 Aplikasi manajemen untuk hotel

Berikut daftar contoh software dan aplikasi yang dapat membantu manajemen perhotelan. Beberapa sudah memiliki platform berbasis web online dan juga mobile app.

aplikasi manajemen hotel

1. SiteMinder

SiteMinder merupakan aplikasiperhotelan untuk bisnis berskala kecil hingga besar dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, di antaranya manajemen saluran komunikasi, pemesanan atau reservasi dan fitur untuk optimasi pendapatan.  

Kelebihan
  • Penentuan harga, termasuk untuk variasi pesanan dan tarif tambahan secara otomatis.
  • Terintegrasi dengan sistem property management software (PMS) terkemuka InnQuest.
  • Mudah dioperasikan oleh semua pihak, termasuk pelaku bisnis, partner, hingga klien.
Kekurangan
  • Sistem lengkap yang mungkin butuh waktu untuk ahli dalam pengoperasian.
Fitur unggulan
  • Fitur-fitur yang dirancang untuk membuka semua peluang meningkatkan keuntungan usaha perhotelan.

2. KelolaPro

KelolaPro adalah aplikasi manajemen penyewaan kamar lokal yang dirancang untuk memudahkan pemilik usaha sewa bangunan termasuk hotel kecil, aplikasi ini dapat mengelola operasional secara lebih efisien dengan fitur lengkap, termasuk pemesanan dan reservasi, pencatatan transaksi, pengelolaan housekeeping, hingga manajemen keuangan.

Kelebihan
  • Mudah digunakan untuk bisnis skala kecil hingga menengah.
  • Fitur manajemen keuangan dilengkapi pengingat untuk waktu-waktu penting seperti penagihan dan pembayaran.
  • Memiliki nilai rating aplikasi yang tinggi.
Kekurangan
  • Bukan spesialisasi untuk hotel premium.
Fitur unggulan
  • Fitur analisis dan pembuatan laporan otomatis yang terintegrasi dengan arus kas memudahkan penentuan pengembangan bisnis, cocok untuk hotel kecil.

3. GraceSoft Easy InnKeeping

Untuk bisnis perhotelan skala menengah, aplikasi ini bisa menjadi salah satu pilihan. Mulai dari reservasi hingga pemasaran dan keuangan dalam satu solusi tunggal. Informasi yang terintegrasi dapat dikonversi ke dalam Excel untuk kebutuhan lainnya.

Kelebihan
  • Kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis hotel lebih mudah.
  • Layanan dukungan pengguna bagi pelaku bisnis responsif.
  • Komunikasi profesional melalui template email sesuai kebutuhan.
Kekurangan
  • Tidak ada daftar harga yang jelas untuk konsumen.
Fitur unggulan
  • Fitur lengkap pelacakan riwayat tamu, manajemen arus kas, hingga pemantauan pemeliharaan dan perawatan properti.

4. eZee Hotel Software

eZee dirancang khusus untuk mendukung hotel mengelola berbagai aspek operasional, seperti manajemen reservasi, dan manajemen serta pelaporan keuangan. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan ideal untuk hotel dengan skala kecil hingga menengah.

Kelebihan
  • Tampilan aplikasi yang mudah digunakan.
  • Integrasi dengan online travel agent (OTA) memudahkan promosi .
  • Laporan otomatis dengan informasi yang terintegrasi di sistem cloud.
Kekurangan
  • Integrasi dengan sistem pihak ketiga memerlukan penyesuaian lebih lanjut.
Fitur unggulan
  • Booking engine untuk pemesanan bisa dilakukan melalui situs web hotel mandiri.

5. Hotelogix

Hotelogix merupakan solusi manajemen hotel yang cukup lengkap, pengguna dapat menyederhanakan operasional internal bisnis, mempromosikan bisnis, hingga mendorong peningkatan penjualan dan laba dengan aplikasi manajemen hotel berbasis web ini. Sistem mereka berbasis cloud dan sangat yakin dengan slogan #1 Property Management System.

Kelebihan
  • Fitur layanan Front Desk untuk layanan disertai POS
  • Booking online
  • Manajemen housekeeping
Kekurangan
  • Belum ada informasi harga yang bisa di lihat sebagai perbandingan.
Fitur unggulan
  • Sebagai pengembang yang ada sejak 2008 dan telah melayani ribuan hotel, aplikasi mereka sudah cukup teruji untuk membantu manajemen hotel.

6. HotelMu

HotelMu sebagai Hotel Management Software,dibuat untuk pengelolaan hotel, penginapan, dan gesthouse lebih mudah dengan aplikasi berbasis cloud. Dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan oleh karyawan, aplikasi ini cocok untuk hotel berskala kecil hingga menengah.

Kelebihan
  • Penyimpanan berbasis cloud memungkinkan aplikasi diakses kapan saja dan dari mana saja.
  • Biaya lebih terjangkau dibanding kompetitor.
  • Buatan lokal lebih mudah dijangkau untuk keperluan lanjutan dengan aplikasi.
Kekurangan
  • Fitur yang sederhana tapi cukup lengkap untuk manajemen hotel, dari channel manager, booking engine, reservasi, hingga untuk pemasaran.
Fitur unggulan
  • Otomatisasi sistem check-in dan check-out memudahkan transaksi pengguna.

7. Djubo

Djubo, sebuah aplikasi manajemen hotel terkemuka untuk Android, menyederhanakan berbagai tugas mulai dari reservasi, manajemen kamar, dan keuangan, sehingga pengelola hotel dapat bekerja lebih efisien. Aplikasi ini menawarkan fitur unik, termasuk integrasi dengan sistem pemesanan online dan fitur analisis data yang komprehensif untuk menghasilkan laporan mendalam tentang kinerja sebuah hotel.

Kelebihan
  • Berbasis mobile apps sehingga utilisasi fitur melalui handphone lebih lancar dibanding kompetitor.
  • Tampilan dan fitur-fitur yang tersedia mudah digunakan.
  • Terintegrasi dengan OTA.
Kekurangan
  • Banyak fitur dan segmentasi negara target yang perlu di pelajari lebih jauh.
Fitur unggulan
  • Laporan harian untuk memantau administrasi front desk hotel.

8. Mekari Jurnal

Mekari Jurnal dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengelola operasional bisnis hotel dan tetap membutuhkan produk serta dukungan tim lokal. Meskipun bukan aplikasi manajemen hotel khusus, Mekari Jurnal menawarkan solusi alternatif bagi pengusaha perhotelan di Indonesia dengan fitur-fitur yang terbukti membantu pelaku bisnis di Indonesia.

Kelebihan
  • Sistem manajemen keuangan hotel yang lengkap
  • Sistem integrasi yang banyak untuk membantu operasional hotel
  • Harga terjangkau dengan dukungan lokal
Kekurangan
  • Bukan aplikasi khusus hotel.
Fitur unggulan
  • Dengan fitur beragam yang dapat membuat analisis profitable kamar, manajemen aset barang hotel, manajemen vendor seperti laundry dan katering, integrasi sistem pembayaran online dan yang lainnya sehingga semua laporan dapat terpusat dan akurat.

Coba gratis Mekari Jurnal

Fitur umum untuk manajemen hotel

Dari fitur-fitur aplikasi di atas, kita sudah bisa membayangkan pekerjaan apa saja yang bisa di selesaikan oleh sebuah software manajemen hotel, tapi jika Anda belum pasti, berikut penjelasan beberapa fitur yang umumnya ada dalam sebuah aplikasi manajemen perhotelan.

1. Fitur pegelolaan reservasi. Pemesanan kamar secara otomatis dapat dilakukan melalui aplikasi manajemen berbasis web maupun mobile dengan data yang terintegrasi. Integrasi otomatis membuat potensi kesalahan manual, seperti pemesanan ganda, dapat dihindari.

2. Fitur manajemen inventaris. Memantau persediaan, seperti peralatan, bahan makanan, dan perlengkapan kamar lebih mudah dengan aplikasi yang mengintegrasikan seluruh data inventaris bisnis.

3. Fitur akuntansi keuangan. Setiap jenis bisnis memiliki alur kas dan keuangan yang perlu selalu dipantau. Pencatatan transaksi klien, procurement kebutuhan hotel, hingga pembuatan faktur lebih mudah dengan aplikasi manajemen hotel.

4. Fitur pembuatan laporan dan analisis. Untuk kebutuhan audit keuangan atau pengajuan pinjaman, pengembangan bisnis, hingga promosi investor, berbagai laporan bisa dibuat lebih mudah secara otomatis dengan seluruh informasi yang terintegrasi.

Dampak penggunaan aplikasi hotel

Industri perhotelan merupakan salah satu bisnis dengan beragam kebutuhan. Selain manajemen internal perusahaan, pelaku bisnis perlu memperhatikan pelayanan klien. Untuk memastikan seluruh aktivitas bisnis perhotelan berjalan maksimal, aplikasi manajemen hotel bisa menjadi solusi.

Aplikasi manajemen hotel merupakah tools atau alat digital yang memberikan solusi menyeluruh dalam penyimpanan dan pengelolaan data untuk mendukung kegiatan operasional hotel.

Pengelolaan data dalam hal ini mencakup kebutuhan administrasi klien sekaligus kebutuhan bisnis lainnya.

Saatnya beralih ke sistem modern untuk mengelola pembukuan dan laporan keuangan hotel dengan Mekari Jurnal

Coba gratis Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami