Software akuntansi kini semakin banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengelola keuangan, terlebih untuk perusahaan dalam skala besar. Meskipun banyak digunakan oleh perusahaan besar tetapi juga tidak menandakan bahwa software akuntansi hanya dapat digunakan oleh bisnis yang besar. Jika Anda memiliki bisnis yang masih berkembang atau berencana akan membuka bisnis baru, Anda juga dapat menggunakan software akuntansi. Bahkan disarankan untuk mengelola keuangan sebaiknya Anda langsung menggunakan bantuan software akuntansi. Hal ini tentu saja karena melihat banyaknya keuntungan atau manfaat yang akan diperoleh bisnis Anda jika menggunakan software akuntansi. Apa saja keuntungan jika menggunakan software akuntansi?

 

Mengurangi Biaya

Seperti yang terjadi pada umumnya, untuk mengelola keuangan bisnis dengan baik dan benar dibutuhkan 2 atau lebih orang untuk melakukannya. Dengan menggunakan software akuntansi, perusahaan dapat lebih efektif dan efisien untuk menentukan sumber daya manusia yang dibutuhkan sehingga biaya yang dikeluarkan juga dapat berkurang.

 

Data Aman

Seperti yang kita tahu, data perusahaan terutama tentang data keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga. Karenanya, penggunaan software akuntansi akan sangat menguntungkan Anda dan bisnis. Dengan sistem software akuntansi, data keuangan Anda secara otomatis akan tersimpan di dalam server yang aman. Sehingga Anda terhindar dari risiko kehilangan data ataupun pencurian data.

 

Pekerjaan Lebih Mudah & Cepat

Seiring berkembangnya zaman, teknologi yang ada pun terus upgrade dan semakin canggih. Dengan menggunakan software akuntansi, Anda dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan cara manual. Hanya dengan menginput data-data keuangan, selanjutnya software akuntansi akan memprosesnya, dan kemudian output yang diharapkan keluar dalam hitungan menit bahkan detik.

 

Data Realtime

Penggunaan software akuntansi, terlebih yang memiliki sistem cloud computing, mempermudah Anda dalam mendapatkan informasi yang ada secara realtime. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menanyakan data terbaru kepada karyawan Anda. Hal ini tentu membuat proses bisnis Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

 

Pembukuan Rapi

Pembukuan merupakan kegiatan yang wajib dilakukan. Selain sebagai bentuk kewajiban, pembukuan juga dapat digunakan sebagai dasar  pertimbangan untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu, pembukuan sebaiknya dilakukan dengan baik, benar, dan rapi. Melalui software akuntansi Anda dapat memanfaat konsep modularitas sehingga pembukuan menjadi lebih rapi.

 

Meminimalisasi Kesalahan

Permasalahan di dalam sebuah bisnis merupakan hal yang wajar dan umum terjadi. Salah satu jenis kesalahan yang sering terjadi di bidang akuntansi atau keuangan adalah ketidaktelitian. Seperti keliru dalam pencatatan, double pencatatan, dan kesalahan-kesalahan lainnya yang disebabkan karena human error. Dengan menggunakan software akuntansi maka semua masalah di atas dapat diminimalisasi.

 

Demikian 6 keuntungan yang dapat Anda peroleh dari penggunaan software akuntansi, dan tentu saja masih banyak keuntungan lain yang Anda peroleh untuk kemajuan bisnis Anda. Sekarang saatnya Anda menyisihkan sebagian keuntungan bisnis untuk berinvestasi pada software akuntansi.

 

Salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda melakukan pengelolaan keuangan adalah Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi berbasis cloud computing, sehingga data yang ada akan tersimpan dengan baik. Proses akuntansi juga dapat Anda lakukan dengan aman, cepat dan mudah. Selain itu, Jurnal memiliki banyak fitur didalamnya seperti:

a. Fitur pembelian di mana didalamnya terdapat fitur purchase order dan invoice dengan rinci dan lengkap.

b. Pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis.

c. Cash link.

d. Pembuatan laporan keuangan dan masih banyak lagi fitur lainnya.

e. Manajemen Stok

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Nikmati kesempatan free trial selama 14 hari. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Jurnal, klik di sini.