Panduan Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal untuk UKM

Dalam membangun bisnis, banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Tak hanya perencanaan dan strategi bisnis yang matang, modal juga menjadi bagian penting dalam pembentukan dan pengembangan sebuah bisnis.

Namun demikian, modal juga bisa menjadi hambatan bagi seseorang untuk bisa memulai atau mengembangkan usaha. Tak semua orang mempunyai modal yang cukup untuk bisa merintis dari nol. Oleh karenanya, banyak yang memandang pinjaman dari lembaga pemberi pinjaman adalah jalan termudah dan paling realistis.

Highlight Ebook:

“Bisnis dapat bertahan hingga 50% dengan pinjaman modal. Sedangkan, bisnis tanpa melakukan pinjaman memiliki tingkat kegagalan hingga 70%.”  –  UCLA, NYU, dan Texas University 

Perlu adanya beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum orang bisa mengakses modal. Di sisi lain, ,engajukan pinjaman modal lewat Lembaga Keuangan konvensional mungkin akan lebih sulit, terutama jika bisnis Anda baru berjalan dan belum memiliki profit yang baik.

Belum lagi Anda harus memberikan agunan kepada Lembaga Keuangan Konvensional berupa surat berharga yang Anda miliki. Oleh karena itu, perlu ada langkah alternatif agar proses pinjaman berjalan lancar, seperti dengan pembuatan laporan keuangan yang rapi dan akurat.

icon

Alasan Sulitnya UKM Mendapatkan Pinjaman

OJK mencatat bahwa minimnya penyaluran pembiayaan bagi UKM lantaran kendala administratif, serta manajemen keuangan dan bisnis yang umumnya masih dikelola secara manual. Bisnis perlu sesuatu yang lebih untuk mempercepat proses.
icon

Variasi Tipe Produk Pinjaman

Pinjaman tidak hanya melulu memberikan agunan berupa surat berharga yang Anda miliki. Ada beberapa cara lain mendapatkan pinjaman modal bisnis tanpa Anda perlu memberikan jaminan surat berharga.
icon

Langkah Membuat Laporan Keuangan

Selain melengkapi dokumen pengajuan pinjaman, laporan keuangan juga berfungsi untuk membantu Anda menganalisis apa yang terjadi dalam perusahaan dan bagaimana kondisi dan posisi perusahaan.

Di dalam Ebook Ini akan dijelaskan:

Terdapat bermacam cara untuk mendapatkan modal, termasuk mengajukan pinjaman lunak. Saat meminjam modal dari orang sekitar tampak mustahil, meminjam dari bank atau instansi sejenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga pihak berbasis online akan menjadi opsi lanjutan. 

Layanan jasa keuangan yang mempertemukan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjammeminjam melalui sistem elektronik. Penerima pinjaman (borrower) adalah orang dan/atau badan hukum yang memiliki utang melalui perjanjian layanan pinjammeminjam uang berbasis teknologi informasi. Pemilik bisnis juga bisa menggunakan automasi akuntansi untuk bisa membuat laporan keuangan yang akurat dan cepat untuk kepentingan proses pinjaman.

Download Ebook Panduan Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal untuk UKM Sekarang!

Perlu ada langkah alternatif agar proses pinjaman berjalan lancar, seperti dengan pembuatan laporan keuangan yang rapi dan akurat. Cari tahu tips-tips bagaimana membuat laporan keuangan yang cocok untuk mengajukan pinjaman dengan mengunduh Ebook ini.

Download