Panduan Lengkap Evaluasi & Perencanaan Bisnis

Evaluasi secara harfiah adalah penilaian, sementara rencana memiliki arti lugas sebagai rancangan atau suatu kerangka terhadap sesuatu yang akan dikerjakan. Eko P. Pratomo dalam Financial Wisdom menjelaskan bahwa evaluasi keuangan sangat diperlukan, setidaknya untuk 2 (dua) alasan, yaitu memastikan tujuan finansial telah tercapai dan mengetahui rencana tahun lalu telah terpenuhi sesuai anggaran yang ditentukan. Oleh karenanya, bisnis perlu cara yang efektif agar evaluasi itu mampu digunakan secara konkret dalam perencanaan ke depannya.

Highlight Ebook:

Setiap bisnis pasti memiliki tujuan finansial yang harus dicapai dan memiliki anggaran serta rencana yang telah ditentukan sebelumnya. Di sinilah penting bagi sebuah usaha untuk menerapkan langkah yang tepat dalam mengevaluasi hasil kerja selama periode tertentu. Hal-hal seperti checklist, analisa laporan keuangan, dan automasi proses menjadi bagian penting saat melakukan evaluasi.

icon

Checklist Penting Evaluasi Keuangan

Beberapa hal perlu diperhatikan saat melakukan evaluasi, seperti tujuan keuangan yang tercapai, penambahan aset keuangan, evaluasi saldo dana cadangan, dan simpanan serta investasi keuangan.
icon

Evaluasi Bisnis Melalui Analisa Laporan Keuangan

Empat hal yang harus diperhatikan yaitu: memperlihatkan posisi bisnis, apakah dalam posisi laba/rugi, menyajikan akun-akun aktiva, kewajiban, dan modal dalam satu periode, memberikan informasi mengenai kas masuk dan kas keluar dan menentukan besar perubahan modal beserta penyebabnya.
icon

Menyusun Laporan Keuangan dengan Software Akuntansi

Anda bisa membuatnya dengan software akuntansi, sebuah program yang dibuat dengan tujuan mengumpulkan semua transaksi yang terjadi di perusahaan dan memproses menjadi jurnal akuntansi secara otomatis.

Di dalam Ebook Ini akan dijelaskan:

Apakah perjalanan dalam mencapai target sudah berada di jalur yang benar? Bagaimana posisi utang dan piutang? Apakah pola konsumsi selama satu tahun penuh sesuai dengan rencana sebelumnya? 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah sebagian dari banyak tantangan dalam mengelola keuangan sebuah bisnis. Sebuah entitas bisnis dapat menggunakan berbagai perangkat modern untuk membantu proses evaluasi dan perencanaan menjadi lebih cepat dengan visibilitas tinggi. Ebook edisi kali ini akan membahas mengenai bagaimana melakukan evaluasi dan perencanaan keuangan dengan baik melalui automasi masa kini dari software akuntansi.

Donwload Ebook Panduan Lengkap Evaluasi & Perencanaan Bisnis Sekarang!

Penting bagi sebuah usaha untuk menerapkan langkah yang tepat dalam mengevaluasi hasil kerja selama periode tertentu. Pelajari selengkapnya bagaimana langkah tepat dalam melukan evaluasi dan perencanaan dalam Ebook ini.

Download