Jurnal Enterpreneur

Yuk, Ketahui Langkah-Langkah Melakukan Stock Opname dengan Benar

Penjelasan apa itu stock opname artinya dan bagaimana langkah benar dalam melakukan stock opname adalah sebagai berikut akan diulas blog Jurnal by Mekari disini.

Stock opname sendiri artinya adalah hal yang dibutuhkan untuk menyesuaikan catatan akuntansi dalam bisnis dengan stock fisik yang disimpan perusahaan.

Tidak hanya untuk stock gudang namun juga untuk toko, maupun barang lain yang disimpan perusahaan.

Apa itu pengertian, tujuan, manfaat, juga artinya? Simak artikel tentang pengertian stock opname berikut ini.

Tahukah Anda kalau software akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal. Caranya klik saja tombol atau banner dibawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pengertian stock opname Adalah Sebagai Berikut

Pengertian Stock opname adalah kegiatan perhitungan persediaan fisik (barang dagang) atau stok yang berada di dalam toko atau gudang.

Pengelolaan kegiatan untuk menyesuaikan catatan akuntansi dengan stock fisik yang disimpan perusahaan ini sangat diperlukan agar biaya operasional yang timbul tidak melebihin batas dan perusahaan bisa menentukan pembelian stok dengan tepat dikemudian hari.

Melalui kegiatan ini maka akan diketahui keadaan yang terjadi antara catatan pembukuan dan persediaan fisik yang ada.

Untuk menjalankan stock opname artinya, selain membutuhkan aplikasi perhitungan stok gudang, Anda juga membutuhkan sebuah tim yaitu tim penghitung dan tim input.

Kegiatan untuk menyesuaikan catatan akuntansi dengan stock fisik yang disimpan perusahaan ini sering kali dilakukan pada akhir tahun.

Namun, sejumlah perusahaan yang menerapkan sistem pengendalian yang lebih tertata biasanya melakukan #StockOpname setiap tiga atau empat bulan sekali.

Tentu saja, hal ini dipengaruhi oleh tingkat kepentingan serta kemampuan #StockOpname.

Semakin banyak barang, maka jarak waktu stock opname pun artinya akan semakin lama.

Waktu Dilakukannya Kegiatan stock opname Adalah?

Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri tentang stock opname.

Tentu saja setiap perusahaan memiliki waktu yang berbeda tentang kapan melakukan #StockOpname.

Sebagai contoh, kegiatan untuk menyesuaikan catatan akuntansi dengan stock fisik yang disimpan perusahaan ini bisa dilakukan setiap bulan, per tiga bulan, per enam bulan, bahkan per satu tahun.

Perbedaan waktu tentang kapan #StockOpname dilakukan ini bergantung kepada perbedaan kebijakan perusahaan.

Salah satunya dari jenis barang apa yang diproduksi atau yang disimpan di dalam gudang suatu perusahaan.

Misalnya saja perusahaan yang memproduksi makanan memiliki kebijakan #StockOpname yang berbeda dengan perusahaan barang material.

Perusahaan yang memproduksi makanan mungkin harus melakukan #StockOpname setiap satu bulan sekali untuk memeriksa jika ada barang yang rusak atau kadaluarsa.

Perbedaan kebijakan tentang kegiatan untuk menyesuaikan catatan akuntansi dengan stock fisik yang disimpan perusahaan ini juga bisa berbeda karena kebutuhan pasar yang tinggi.

Contohnya untuk perusahaan yang memproduksi barang dengan demand yang tinggi, kebutuhan stock opname harus sering dilakukan untuk memeriksa apakah stok barang masih mencukupi dan bisa bertahan untuk satu bulan kedepan.

Karena jika stok barang menipis dan demand tinggi, maka perusahaan akan kesulitan untuk melakukan produksi dan menentukan strategi pemasaran.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Contoh cara membuat laporan arus kas juga cara menghitung cash flow yang benar adalah sebagai berikut di blog Jurnal By Mekari!

Tujuan dilakukannya stock opname adalah

Apa itu tujuan dari stock opname adalah untuk mengetahui kebenaran catatan dalam pembukuan perusahaan, yang mana termasuk salah satu fungsi untuk Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Dengan ini, perusahaan dapat mengetahui secara detail setiap barang ataupun persediaan yang terdapat di gudang.

Setelah itu, data tersebut akan dicocokkan dengan catatan pembukuan perusahaan untuk menyesuaikan jumlah dan nilai.

Stock opname artinya dilakukan untuk mengurangi terjadinya selisih antara barang yang terdapat sebagai persediaan dan data di dalam pembukuan.

Jika ternyata ditemukan selisih antara persediaan barang dan data yang terdapat dalam pembukuan, maka selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap persediaan barang dan transaksi yang telah dilakukan.

Biasanya terdapat kesalahan saat pencatatan barang yang masuk ke gudang atau terdapat kesalahan saat pencatatan transaksi atau ada transaksi yang terlewat dan tidak dicatat.

Jika terjadi selisih perbedaan antara 2 data tersebut, maka kebijakan perusahaan yang akan menentukan.

Kemungkinan perusahaan bisa membuat jurnal penyesuaian terhadap selisih kekurangan yang terjadi dari data tersebut lalu kekurangan akan dibebankan kepada perusahaan sepenuhnya.

Selain itu, ada beberapa perusahaan yang memiliki kebijakan yang berbeda seperti membebankan selisih kekurangan barang terhadap petugas bagian persediaan untuk mengganti selisih kekurangan.

Dengan kebijakan tersebut maka jurnal penyesuaian tidak perlu dilakukan.

Apa itu manfaat stock opname untuk perusahaan manufaktur? Untuk manfaat bagi bisnis dan perusahaan selengkapnya bisa anda baca disini.

Manfaat dilakukan #StockOpname adalah untuk mengetahui persediaan barang yang digunakan sebagai bahan baku produksi, bahan penolong, barang setengah jadi, dan barang jadi.

Dengan data yang detail serta akurat, stock opname membantu perusahaan manufaktur untuk terus memproduksi barang dan tetap menjaga persediaan agar tidak kehabisan dan merusak proses strategi pemasaran barang.

Singkatnya, tujuan dilakukan stock opname adalah sebagai berikut :

Langkah-langkah Melakukan Stock Opname Yang Benar Adalah Berikut

Apa itu langkah langkah benar dalam melakukan stock opname adalah sebagai berikut:

Tahap Awal

Tahap ini biasanya dilakukan jauh-jauh hari, sekitar satu minggu sebelum proses stock opname.

Di tahap ini, komunikasi akan lebih banyak dilakukan dengan orang gudang. Yang perlu dilakukan pada tahap ini antara lain:

  1. Menginstruksikan bagian gudang untuk menyiapkan tag/stiker yang digunakan untuk memberi tanda stok yang telah dihitung nantinya pada saat #StockOpname.
  2. Menginstruksikan orang gudang untuk merapikan stok dengan menatanya sesuai kode dan jenis barang, sehingga pada saat melakukan stock opname artinya tidak terjadi kerancuan karena masalah lokasi barang yang tidak beraturan.
  3. Menginstruksikan bagian gudang untuk melengkapi stok gudang dengan barcode yang sesuai dengan program. Jadi setiap barang yang ada di gudang harus dilengkapi dengan kode barang, ini untuk memudahkan tim penghitung pada saat dilakukannya proses stock opname.
  4. Menginstruksikan bagian gudang untuk menyiapkan stiker dengan tulisan “TIDAK DIHITUNG”. Stiker ini nantinya digunakan untuk barang-barang yang tidak perlu dihitung pada saat dilakukannya #StockOpname. Barang-barang yang tidak perlu dihitung ini antara lain:
    1. Barang/stok yang masuk selama proses stock opname, atau yang masuk setelah tanggal cut off stock opname.
    2. Barang yang bersifat titipan dari pihak lain atau yang sering disebut konsinyasi. Barang ini tidak perlu dihitung karena tidak boleh diakui sebagai stok.
    3. Barang rusak yang sudah tidak bisa diretur dan yang nilainya disepakati untuk dihapus. Barang seperti ini sebaiknya juga disendirikan penyimpanannya di dalam gudang.

Kelola usaha mikro kecil secara efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Tahap Persiapan

Pada tahap ini artinya hari pelaksanaan stock opname adalah sudah mendekati hari-H.

Tahap persiapan ini biasanya dilakukan pada H-1. Hal yang perlu dilakukan pada tahap ini antara lain:

  1. Memanggil semua tim untuk melakukan briefing terkait pelaksanaan hal ini. Di sini perlu dijelaskan mengenai tugas masing-masing orang yang akan terlibat dalam proses stock opname.
  2. Menginstruksikan bagian gudang untuk melengkapi inputan terkait mutasi barang sampai dengan jam tutup operasional pada H-1.
  3. Menginstruksikan bagian gudang untuk menghentikan mutasi barang terhitung sejak tutupnya jam operasional sampai dengan selesainya proses stock opname.

Baca juga: Panduan Lengkap Kelola Stock Opname untuk Bisnis Ritel

Apa Itu Tahap Stock Opname Yang Benar?

Tahap ini adalah hari di mana stock opname dilakukan.

Hal yang harus dilakukan pada langkah ini adalah:

  1. Memastikan kembali bahwa semua transaksi terkait stok sudah ter-input semua ke program.
  2. Setelah semua stok sudah ter-input ke program, print semua stok dari program sebagai pedoman stok. Hasil print ini kemudian dibagikan kepada bagian accounting di masing-masing tim #StockOpname. Usahakan yang menerima hasil print bukanlah orang gudang, karena orang gudang tidak boleh tahu stok versi program pada saat melakukan penghitungan.
  3. Proses stock opname mulai berjalan, setiap stok yang sudah dihitung diberi tag/stiker agar tidak terjadi penghitungan ganda.
  4. Setiap lembar stok yang telah penuh diisi dengan hasil opname diserahkan ke bagian tim input untuk mulai disalin ke excel terlebih dahulu. Format rumus excel yang digunakan ini harus bisa menunjukkan perbandingan stok versi program dengan hasil #StockOpname, sehingga bisa diketahui stok mana saja yang terjadi selisih.
  5. Setelah proses #StockOpname selesai, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan pengecekan ulang atas stok yang selisih. Apakah terjadi salah hitung atau memang terjadi selisih atas stok.
  6. Jika semua proses sudah selesai, maka hasil #StockOpname tersebut diserahkan ke bagian accounting untuk dilakukan adjustment stock atau penyesuaian persediaan ke program.

Langkah benar dalam melakukan stock opname adalah sebagai berikut akan diulas blog Jurnal by Mekari

Tips Melakukan Stock Opname Adalah Sebagai Berikut

Bagi Anda pemula dalam hal stock opname tentu masih kebingungan dengan bagaimana cara melakukannya.

Untuk itu penting untuk mengikuti beberapa tips berikut ini agar stockopname yang anda lakukan terlaksana dengan benar dan efektif.

Lakukan Pemetaan Produk

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam tahap awal stock opname ialah pemetaan produk.

Intruksikan bagian gudang untuk memberikan tag atau sticker pada setiap stock barang yang dimiliki.

Hal ini selain mempermudah dalam menemukan barang yang hendak dihitung juga merapikan persediaan gudang yang dimiliki.

Double Check

Saat dilakukan stock opname lakukan perhitungan dua kali agar hasil yang didapat benar serta mengecek kekeliruan.

Ada baiknya stok yang sudah dihitung diberi tanda seperti pemakaian label agar tidak terhitung dua kali.

Jangan Lupa Untuk Melakukan Stock Opname Secara Rutin

Untuk menjadwalkan stock opname ada baiknya pilih hari dimana tak banyak transaksi terjadi.

Ada yang melakukan #StockOpname setiap bulan namun ada pula yang melakukannya tiap beberapa bulan sekali.

Stock opname dilakukan sesuai kebutuhan perusahaan itu sendiri.

Baca juga: 5 Tips Mudah Melakukan Audit di Perusahaan Dagang

Gunakan Teknologi

Dalam aktivitas stock opname agar lebih cepat dan rapi maka biasa pula digunakan bantuan alat teknologi seperti scanner atau program akuntansi.

Itulah pengertian stock opname dan langkah-langkah melakukannya.

Dengan menggunakan program akuntansi Anda bisa mencatat keluar masuknya barang secara komputerisasi dan lebih rapi.

Sampai pada tahap tersebut, prosedur stock opname artinya bisa dikatakan telah selesai.

Lebih Mudah Dilakukan Dengan Aplikasi Jurnal By Mekari

Kini, Anda dapat menggunakan software akuntansi Jurnal untuk melakukan stock opname dengan mudah.

Dengan aplikasi stok barang dari Jurnal, Anda dapat lebih mudah mengetahui stok barang dengan realtime.

Melalui fitur Stok Barang, Anda juga dapat lebih mudah ketika ingin melakukan pembelian stok sehingga menghindari risiko kelebihan maupun kekurangan stok.

Kendali penuh stok barang ada di tangan Anda! Kelola dengan software produk dan inventory Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Stock Opname Adalah Lebih Mudah Dilakukan Dengan Aplikasi Jurnal By Mekari

Bukan hanya itu, Jurnal juga dilengkapi dengan fitur lainnya yang memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis seperti aplikasi pembukuan online.

Hal ini tidak lepas dari peranan Jurnal sebagai salah satu software accounting terpercaya.

Daftarkan perusahaan Anda dengan Jurnal sekarang dan nikmati free trial 14 coba gratis hari.

Nah, penjelasan apa itu stock opname juga langkah benar dalam melakukan stock opname adalah sebagaimana telah diulas blog Jurnal by Mekari diatas.

Semoga informasi ini bisa berguna, dan jangan lupa untuk membagikannya ke sosial media!

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo