Buku Petunjuk

Ubah Produk

Updated at: July 22, 2019
Last updated by: Jessica

Untuk mengubah data daftar produk, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Klik menu Produk.
  2. Kemudian, klik nama produk.
  3. Klik “Ubah Produk”.
  4. Anda dapat mengubah field-field berikut. Klik "Ubah Produk" di kanan bawah untuk menyimpan perubahan.
    Lihat penjelasan setiap field di bawah
     

Penjelasan Detil Setiap Field


  • Gambar: Field ini memungkinkan Anda untuk mengunggah gambar produk ke dalam sistem sehingga mempermudah Anda untuk mengidentifikasi produk tersebut (opsional);
     
  • *Nama: Masukkan nama produk yang akan disimpan (wajib diisi). Anda tidak bisa memasukkan nama produk yang sama dan sudah terdaftar di Jurnal;
     
  • Deskripsi: Masukkan deskripsi mengenai produk yang akan disimpan (opsional);
     
  • Kode Produk: Masukkan kode produk yang akan disimpan (opsional);
     
  • Satuan: Pilih satuan yang akan digunakan untuk mendeskripsi jumlah produk. Jika belum ada, ketikkan satuan yang baru. Contoh: 1 buah, 1 papan (opsional);
     
  • Saya Beli Produk Ini: Centang kotak ini jika produk yang ditambahkan ke dalam daftar produk adalah produk yang dibeli. Jika kotak ini dicentang, maka Anda akan mengisi:
    • Harga Beli Satuan: Harga beli per produk;
    • Akun Pembelian: Akun untuk mencatat pembelian produk (biasanya akun Harga Pokok Penjualan);
    • Pajak Beli: Tentukan pajak utama (default) ketika dilakukan pembelian untuk produk ini;
       
  • Saya Jual Produk Ini: Centang kotak ini jika produk yang ditambahkan ke dalam daftar produk akan masuk sebagai daftar barang yang dijual. Jika kotak ini dicentang, maka Anda akan mengisi:
     
    • Harga Jual Satuan: Harga jual per produk;
    • Akun Penjualan: Akun untuk mencatat penjualan produk (biasanya akun Penjualan);
    • Pajak Jual: Tentukan pajak utama (default) ketika dilakukan penjualan untuk produk ini;
       
  • Monitor Persediaan Barang : Jika kotak ini dicentang, maka Anda dapat melakukan monitor stok barang yang ada di perusahaan Anda.  Setelah kotak ini dicentang:
     
    • Batas Stok Minimum: Tentukan batas stok minimum dari produk tersebut agar ada pemberitahuan oleh sistem jika stok produk tersebut hampir habis. Pengisian field ini berfungsi untuk menentukan muncul tidaknya pemberitahuan (notification) untuk jumlah stok yang akan habis;
       
    • Akun Persediaan Barang Default: Pilih akun yang menampung catatan stok barang secara default (biasanya akun Persediaan Barang);

*Note: Untuk produk default ‘Sales’, Anda tidak dapat mengubah, menghapus, mengarsip datanya, dan hanya digunakan untuk pencatatan transaksi secara umum.


Baca juga:
Update Produk Melalui Impor

Sekilas Menu Produk

Back to Top