Buku Petunjuk

Ubah Akun

Updated at: July 29, 2019
Last updated by: Fazril Nugraha

 

Anda dapat mengubah akun dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik Daftar Akun;
  • Klik Nama Akun;
  • Klik “Ubah Akun”
    .
    Anda dapat mengubah field-field sebagai berikut:
    • Nama: Ubah nama akun;
    • Nomor: Ubah nomor akun;
    • Deskripsi: Ubah keterangan mengenai akun (opsional);
       
    • Kategori: Pilih kategori untuk akun yang akan Anda buat melalui pilihan yang ada. Khusus untuk akun piutang (account receivable) dan akun utang (account payable), Anda tidak dapat memberikan saldo jika Anda memilih akun tersebut sebagai kategori. Selain itu, Anda juga tidak dapat mengisi saldo pada akun header. Untuk mengisi saldo, pastikan akun Anda bertindak sebagai sub akun sehingga Anda dapat mengisi saldo pada field Saldo Awal;
      Note: Jika sudah ada transaksi, maka kategori akun tidak dapat diubah.
       
    • Details: Anda dapat menentukan apakah akun tersebut akan berdiri sendiri (dengan pilihan ‘None’), atau menjadi sub akun (akun child), atau akun header (atau dikenal sebagai akun parent untuk mengelompokkan akun-akun lain). Jika Anda memilih ‘sub akun dari’ atau ‘akun header dari’, maka Anda harus menentukan akun yang menjadi sub akun atau akun header;
       
    • Pajak: Anda dapat menentukan pajak utama (default) yang akan digunakan. Efek pemilihan pajak ini adalah, ketika Anda ingin membuat transaksi apa saja yang menggunakan akun ini, maka otomatis transaksi dengan akun ini akan dikenakan pajak yang terpilih. Pajak tersebut bisa bersifat sebagai pemotong atau penambah transaksi dengan mengaturnya pada Daftar Lainnya > Pajak;
       
  • Klik “Update Account” untuk menyimpan perubahan data akun Anda. Untuk membatalkan, klik “Batal”.


Kembali ke Sekilas Menu Daftar Akun

Back to Top