Buku Petunjuk

Tutup Buku

Updated at: June 20, 2019
Last updated by: Sally Kie

Pada bagian ini, Anda akan melihat penjelasan berikut:

  1. Sekilas Mengenai Menu Tutup Buku;
  2. Memulai Tutup Buku;
  3. Melanjutkan Proses Tutup Buku;
  4. Membatalkan Tutup Buku.

1. Sekilas Mengenai Menu Tutup Buku


Fitur ini berfungsi untuk melakukan tutup buku pada catatan keuangan Anda dari awal periode sebelum tutup buku sampai periode yang ditentukan. Dengan fitur ini Anda dapat:

  • Mengecah terjadinya perubahan data pembukuan Anda oleh pihak tidak berwenang pada laporan yang telah di Tutup Buku;
  • Menyusun seluruh laporan keuangan mulai dari laporan Neraca, Neraca Lajur, Laba Rugi, hingga Arus Kas secara periodik;
  • Lebih fleksibel untuk memilih panjang periode tutup buku dengan menyusun seluruh laporan keuangan setiap bulan, triwulan, semester atau sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Melalui halaman indeks Daftar Akun, Anda dapat melakukan tutup buku dengan mengklik tombol , atau melalui menu Daftar Lainnya seperti berikut ini:

  1. Klik Daftar Lainnya pada menu vertikal;
  2. Klik Daftar Penutupan Buku.

Jika Anda belum pernah melakukan tutup buku dari awal pembukuan Anda, maka tidak ada catatan mengenai penutupan buku dan periode tutup buku akan secara otomatis diatur dari awal pembukuan.

2. Memulai Tutup Buku


Untuk memulai, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik “+Mulai Tutup Buku”. Hal yang perlu Anda ingat adalah, ketika Anda sudah melakukan tutup buku, maka Anda tidak dapat melakukan perubahan data transaksi hingga tanggal akhir yang ditetapkan;

     
  2. Setelah menentukan sampai tanggal berapa tutup buku, klik “Lanjut”;

     
  3. Kemudian, Anda akan mengkonfirmasi beberapa hal berikut:
    • Bank Rekonsiliasi
      Periksa tanggal terakhir Anda melakukan rekonsiliasi untuk masing-masing akun Kas & Bank yang Anda miliki. Sebaiknya Anda melakukan rekonsiliasi sebelum tutup buku. Selain itu, rekonsiliasi ini dapat dilakukan secara periodik agar pencocokan catatan pada Bank dan aplikasi Jurnal akurat dan terkini;
    • Stok Opname
      Periksa tanggal terakhir Anda melakukan stok opname (perhitungan stok) pada persediaan barang yang Anda miliki. Sebaiknya stok opname dilakukan sebelum tutup buku. Selain itu, stok opname ini dapat dilakukan secara periodik agar catatan persediaan barang Anda akurat dan terkini. Penting untuk diingat bahwa jika persediaan barang atau stok Anda negatif (-), Anda tidak dapat melakukan tutup buku;
    • Penyusutan Aset
      Periksa apakah ada penyusutan aset yang belum dicatat hingga tanggal penutupan buku. Pastikan untuk mengklik “Terapkan” pada jadwal penyusutan aset yang ditampilkan pada tab Penyusutan Aset menu Pengaturan Aset;
       
  4. Jika Anda sudah yakin untuk melanjutkan, klik “Lanjut”. Anda akan diarahkan ke halaman lebih detail dari tutup buku Anda;
  5. Halaman ini menunjukkan trial balance. Pastikan semua akun memiliki jumlah saldo yang benar. Periksa juga untuk total akhir debit dan credit di bawah kolom Trial Balance dan Balance Sheet memiliki jumlah saldo yang sama;
  6. Jika semua saldo sudah benar, scroll ke bagian bawah halaman;
  7. Pilih akun biaya (tax expense account) yang akan digunakan untuk mencatat pengeluaran pajak periode tutup buku ini;
  8. Isi pengeluaran pajak untuk periode tutup buku ini. Jika usaha Anda memiliki keuntungan, pajak dapat diisi dalam bentuk persentase dari keuntungan tersebut, atau langsung memasukkan nominal pengeluaran pajak nya;
  9. Pilih akun hutang pajak (tax payable account) untuk menampung biaya pajak yang belum dibayarkan ini;
  10. Pilih akun laba ditahan (retained earnings account) untuk menyimpan keuntungan atau kerugian;
  11. Isi keterangan tambahan pada field Memo jika diperlukan;
  12. Klik tombol “Simpan dan Lanjutkan”;
  13. Sebelum mengkonfirmasi, periksa terlebih dahulu laporan-laporan hasil penutupan buku periode ini. Anda dapat mengunduh laporan ini dalam bentuk PDF, Excel dan CSV;
  14. Jika semua data sudah benar, klik “Konfirmasi Tutup Buku” untuk menyelesaikan proses penutupan buku. Jika Anda tidak mengkonfirmasi, maka proses tutup buku ini akan tersimpan sebagai draf;
  15. Setelah konfirmasi berhasil, maka akan tampil gambar seperti di bawah ini.

3. Melanjutkan Proses Tutup Buku


Jika Anda sedang melakukan proses tutup buku dan kemudian koneksi internet Anda terputus atau Anda secara tidak sengaja mengklik menu lain, maka proses tutup buku yang telah Anda lakukan akan tersimpan sebagai draf dan Anda dapat melanjutkan proses tutup buku tersebut. Caranya adalah:

  1. Masuk ke menu Daftar Lainnya;
  2. Klik Daftar Penutupan Buku;
  3. Anda akan melihat tampilan sebagai berikut;
  4. Pilih dari langkah mana proses tutup buku Anda akan dilanjutkan;
  5. Klik “Go” untuk melanjutkan;
  6. Kemudian ikuti cara seperti yang dijelaskan pada Memulai Tutup Buku.

4. Membatalkan Tutup Buku


Untuk membatalkan tutup buku yang sudah Anda lakukan,  ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu Daftar Lainnya;
  2. Klik “Daftar Penutupan Buku”;
  3. Pada halaman utama Daftar Penutupan Buku, klik Kembalikan pada kolom Tindakan. Maka tutup buku akan dibatalkan secara otomatis.

 

Baca juga:

Sekilas Menu Daftar Akun

Back to Top