Buku Petunjuk

Stock Buffer Notification

Updated at: May 11, 2018
Last updated by: Sally

 

Jika Anda ingin mengetahui jumlah stok produk yang hampir habis, Anda dapat mengatur batas minimum (stock buffer) untuk jumlah stok produk.

 

Tujuannya adalah agar sistem Jurnal dapat memberitahukan produk mana yang sudah hampir habis sehingga Anda dapat segera melakukan pembelian kembali supaya jumlah persediaan tetap terjaga di saat pelanggan Anda memesan barang.

 

Untuk cara mengatur batas stok minimum, dapat Anda baca di sini.


Contoh Kasus

Jika Anda sudah pernah mengatur jumlah batas stok minimum, misalkan produk Anda adalah “Laptop Lenovo” dengan jumlah stok minimum 20 pcs seperti gambar berikut:

maka yang terjadi adalah jika jumlah stok Laptop Lenovo telah mencapai di bawah 20, akan muncul pemberitahuan di bagian Notification Center Jurnal yang terdapat di pojok kanan atas dengan icon lonceng. Lihat contoh gambar berikut.

Gambar di atas menunjukkan bahwa jumlah stok Laptop Lenovo yang tercatat pada saat itu adalah 10 pcs. Angka tersebut kurang dari batas minimum yang ditentukan yaitu 20 pcs.

Untuk melihat pemberitahuan batas minimum ini, Anda dapat klik icon lonceng dipojok kanan atas tersebut dan melihat detilnya seperti gambar berikut:

Klik keterangan “1 Pengingat”, pada bagian "Bellow Buffer" dan klik pada "Lihat Laporan" untuk melihat laporan secara lebih detil.

Note:

Pemberitahuan ini akan dimunculkan hanya sampai 10 produk yang transaksinya terbaru saja. Jika ingin melihat produk yang sudah melewati batas minimum lebih lengkap, Anda dapat klik Lihat Laporan. Untuk pengguna Pro, akan diarahkan ke Laporan Ringkasan Persediaan Barang. Sedangkan untuk pengguna Enterprise, akan diarahkan ke Laporan Nilai Stok Gudang.

Back to Top