Buku Petunjuk

Sekilas Mengenai Dashbor

Updated at: December 07, 2017

 

Pada saat Anda masuk ke aplikasi Jurnal, Anda akan langsung diarahkan ke halaman Dasbor. Pada halaman ini, Anda dapat melihat data penjualan, pembelian, biaya, arus aktifitas serta data laba dan rugi perusahaan Anda pada periode yang ditentukan.
 

 

  1. Menentukan Periode

    Untuk melihat ringkasan bisnis Anda, Anda dapat menentukan periode sesuai yang Anda inginkan dan memilihnya pada kotak pilihan yang ditandai pada gambar di atas. Pilihan default untuk periode ringkasan bisnis pada dasbor Jurnal adalah Bulan Ini. Pilihan-pilihan lainnya dapat Anda lihat pada gambar berikut:


    Untuk pilihan ‘Sesuaikan’, Anda akan memilih Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai untuk menampilkan ringkasan bisnis pada dasbor.

  2. Dasbor Penjualan/Pembelian
     
    • Belum Dibayar: menunjukkan status dari piutang/hutang yang masih belum dibayar (outstanding) di periode yang difilter
    • Jatuh Tempo: menunjukkan status dari piutang/hutang yang sudah masuk ke periode filter yang jatuh tempo
    • Penjualan Dibayar: menunjukkan status dari piutang/hutang yang sudah dibayar baik itu dibayar sebagian atau seluruhnya pada periode yang difilter
       
  3. Dasbor Riwayat Aktivitas

    Pada bagian ini, Anda dapat melihat aktivitas yang terjadi di akun Jurnal Anda. Aktivitas yang tercatat di sini adalah aktivitas transaksi, baik itu transaksi penjualan, pembelian, biaya, transaksi kas & bank, jurnal umum yang baru dibuat, diubah, atau dihapus. Anda dapat mengarahkan kursor dan klik pada aktivitas tersebut untuk melihat rincian transaksi tersebut.
     
  4. Dasbor Biaya

    Menunjukkan 5 biaya operasional terbesar pada periode yang difilter. Kategori biaya yang muncul adalah kategori beban (kepala 6) dan beban lainnya (kepala 8). Untuk memudahkan Anda melihat perbandingan biaya yang satu dengan lainnya, biaya operasional ini juga ditampilkan dalam bentuk diagram lingkaran.


    Selain itu, Anda juga dapat melihat rincian biaya operasional dengan mengklik link akun biaya. Pada halaman rincian biaya, Anda dapat melakukan perubahan akun yang digunakan untuk mengelola biaya operasional di perusahaan Anda.
     
  5. Dasbor Keuntungan Usaha (Laba Rugi)

    Pada bagian laba dan rugi, Anda dapat memantau kondisi laba dan rugi perusahaan Anda pada periode yang ditentukan.

    Untuk memudahkan Anda dalam membaca dan memantau keuntungan usaha Anda, tersedia grafik batang yang membandingkan pengeluaran dan pemasukan Anda pada bulan tertentu.

    Untuk melihat rincian laba dan rugi perusahaan Anda, klik link seperti gambar berikut



    Fungsi dari bagian ini adalah untuk:
  • Menunjukkan laba bersih pada periode yang difilter. Laba bersih ini diperoleh dari:

    (Pendapatan - Harga Pokok Penjualan - Beban Operasional)

  • Diagram batang menunjukkan angka pada pendapatan dan pendapatan lain-lain, dan expense dari kategori COGS, Beban, Beban Lainnya.
  • Angka laba bersih Untuk melihat detil laporan laba rugi berdasarkan periode yang difilter.

Setelah Anda masuk ke halaman rincian laba dan rugi, Anda dapat menampilkannya dalam format PDF, Excel dan CSV.

Back to Top