Buku Petunjuk

Pro Forma Penagihan Penjualan

Updated at: July 20, 2020
Last updated by: Regina Adella


Fitur Faktur Pro Forma adalah fitur yang disediakan untuk membantu perusahaan dalam melakukan proses penagihan secara bertahap atau untuk memecah sebuah faktur tagihan penjualan menjadi beberapa faktur pro forma penjualan dan penerimaan pembayaran dapat dilakukan secara cicilan sesuai nominal faktur pro forma.
 

Fitur ini umumnya digunakan untuk praktik bisnis yang melibatkan sistem pembayaran uang muka dan angsuran. Pengguna Paket Enterprise+ dapat menggunakan fitur ini melalui menu Penjualan.
 

Contoh Kasus Penggunaan Fitur Faktur Pro Forma:
  • Transaksi penjualan dengan pelanggan sesungguhnya belum terjadi, tetapi perusahaan menagih uang muka atas transaksi tersebut, maka perusahaan dapat menggunakan faktur pro forma untuk menagih kepada pelanggan.
  • Ada kontrak penjualan yang menetapkan bahwa jatuh tempo pelunasannya dibagi secara bertahap hingga pembeli menerima penuh seluruh barang/jasa yang dibeli. Perusahaan dapat menggunakan pro forma untuk memecah sebuah faktur tagihan penjualan menjadi beberapa faktur pro forma yang ditagih secara bertahap.
  • Kontraktor diwajibkan untuk menyelesaikan proyek yang terbagi menjadi beberapa fase dan penagihan kepada pelanggan dilakukan berdasarkan persentase penyelesaian proyek. Penagihan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan faktur pro forma selama proyek belum diselesaikan. Pelanggan akan tetap menerima tagihan untuk nama proyek yang sama, tetapi penagihannya dibagi menjadi beberapa fase sesuai persentase penyelesaian proyek.


Pada bagian ini Anda akan mempelajari:

  1. Membuat Pro Forma Invoice;
  2. Mencatat Terima Pembayaran Pro Forma;
  3. Melihat dan Mencetak Faktur.
     

Penting!

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur Pro Forma, Anda harus melakukan pengajuan fitur Pro Forma terlebih dahulu kepada pihak Jurnal. Klik link ini untuk pengajuan fitur Pro Forma.

 

Membuat Pro Forma Invoice


Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat faktur Pro Forma:

  1. Klik menu “Penjualan”;
  2. Klik “Nomor Invoice” pada tab “Faktur Penjualan”;

     
  3. Klik “Tindakan”;

     
  4. Klik “Buat Pro Forma Invoice”;

    Notes:

    • Anda dapat membuat dan melihat Pro Forma apabila Anda diundang sebagai owner/ sales dan diberikan akses ultimate;
    • Jika Anda sebagai akuntan, Anda hanya dapat melihat Pro Forma;
       
  5. Isikan informasi Pro Forma Invoice seperti gambar dibawah;

    Notes:

    • Apabila Anda hanya membuat beberapa produk pada faktur Pro Forma Anda dapat klik icon “", untuk menghapus produk tersebut;
    • Pada Pro Forma Anda hanya dapat mengubah kuantitas, harga satuan produk, dan diskon per baris;
    • Pada Pro Forma Invoice tidak terdapat pajak;
    • Anda dapat membuat Pro Forma Invoice untuk sisa tagihan dengan syarat tidak melebihi total faktur.
       
  6. Dengan demikian form Pro Forma Invoice yang dibuat statusnya akan menjadi open;

    Notes:

    • Faktur Pro Forma tidak dapat dibuat dari formulir pembayaran;
    • Setelah membuat faktur Pro Forma, pengguna tidak lagi dapat menerima pembayaran dari tingkat faktur utama;
    • Pada Pro Forma Invoice, tidak terdapat jurnal entry.
       
  7. Apabila Anda ingin melihat history Pro Forma Invoice, klik “Nomor Invoice”, dibawah terdapat tab Pro Forma Invoice yang sudah dibuat sebelumnya;

 

Mencatat Terima Pembayaran Pro Forma


Apabila Anda ingin mencatat terima pembayaran dari Pro Forma Invoice, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih Menu “Penjualan”;
  2. Pilih Nomor Invoice pada tab Faktur Penjualan;
  3. Klik “Nomor Pro Forma” pada tab Pro Forma Invoice;

     
  4. Klik “Tindakan”, lalu klik "Terima Pembayaran”;

     
  5. Isikan informasi penerimaan pembayaran seperti gambar dibawah;

    Note: Pelanggan akan membayar berdasarkan faktur tertagih (faktur pro forma)                        tanpa pembayaran sebagian.
     

  6. Dengan demikian pada Sales Invoice, Anda dapat melihat histori pembayaran pada tab Daftar Pembayaran;

    Notes:

    • Pada bagian ini terdapat tab history Pro Forma untuk melihat mutasi Pro Forma yang sudah dibayarkan yang statusnya berubah menjadi paid;
    • Ketika masih ada faktur Pro Forma dengan status terbuka, menerima pembayaran tidak dapat diterapkan dari tingkat faktur penjualan (faktur utama).

Melihat dan Mencetak Faktur Pro Forma


Anda dapat mencetak dan melihat Pro Forma Invoice dalam format pdf. Ikuti langkah-langkah berikut apabila Anda ingin mencetak dan melihat Pro Forma Invoice:

  1. Pilih Menu “Penjualan”;
  2. Klik “No Invoice”;
  3. Scroll ke bawah, lalu Klik tab“Pro Forma Invoice”;
  4. Klik “No Pro Forma Invoice”;
  5. Lalu scroll kebawah klik “Cetak dan Lihat”;

     
  6. Klik “Lihat Pro Forma Invoice”;

     
  7. Anda dapat melihat tampilan invoice yang sudah disediakan oleh jurnal, seperti gambar dibawah;

     
  8. Klik “Preview PDF”, jIka Anda hendak melihat lebih detail template tersebut;

     
  9. Maka tampilan faktur yang akan tercetak seperti gambar dibawah;


Back to Top