Buku Petunjuk

Prepare Tax - Lapor Pajak

Updated at: December 18, 2018
Last updated by: Sally

Jika Anda telah menginstall Add-Ons Klikpajak, Jurnal dapat membantu persiapan perpajakan Anda mulai dari penghitungan pajak, pengarsipan pembayaran, sampai pelaporan SPT. Pada panduan ini, Anda akan melihat penjelasan cara menggunakan fitur “Lapor Pajak" untuk pelaporan SPT Anda. Menu yang tersedia pada fitur “Lapor Pajak” adalah:

  1. Pelaporan SPT dengan Jurnal e-Filing
  2. Pengarsipan SPT dengan Jurnal e-Filing

 

1. Pelaporan SPT dengan Jurnal E-Filing


Jika Anda telah melakukan pembayaran pajak, selanjutnya Anda dapat melaporkan pajak yang sudah Anda bayar (SPT PPN dan PPnBM, SPT PPh Pasal 15, SPT PPh Pasal 21/26, SPT PPh Pasal 22, SPT PPh Pasal 23/26, dan SPT PPh Pasal 4 ayat 2) menggunakan fitur Jurnal e-Filing. Perhatikan langkah-langkah berikut untuk menggunakannya:

  1. Klik “Buka” pada menu Add-Ons Klikpajak.

     
  2. Klik menu “Prepare Tax”.

     
  3. Klik “Lapor Pajak”.

     
  4. Pilih tipe SPT, jenis pajak, serta masa pajak yang ingin Anda laporkan. Selanjutnya, klik “Lanjutkan”.


    Notes:
    • SPT Normal (menggunakan kode 0)
      SPT yang pertama kali dilaporkan. SPT Tahunan Pertama untuk tahun pajak tersebut jika itu SPT Tahunan. SPT Masa Pertama kali untuk masa pajak tersebut jika itu SPT Masa.
    • SPT Pembetulan (menggunakan kode 1, 2, dan seterusnya)
      Pembetulan atas SPT yang telah dilaporkan sebelumnya jika terjadi kesalahan. Tidak ada batasan jumlah atau berapa kali SPT Pembetulan boleh disampaikan. Artinya boleh berkali-kali disampaikan hingga Wajib Pajak merasa benar sampai sebelum dilakukan pemeriksaan oleh Kantor Pajak.
       
  5. Ikuti petunjuk yang tertera dalam proses pelaporan. Apabila Anda ingin melaporkan pajak yang belum diarsipkan pembayarannya melalui Jurnal, harap melakukan pengarsipan pembayaran terlebih dahulu melalui proses pembayaran pajak.

     
  6. Ketika Anda tiba di halaman pelaporan pajak, Anda dapat melaporkan pajak Anda melalui Jurnal e-Filing dengan memilih “Ya, dengan senang hati”, lalu klik “Lanjutkan”.
  7. Ketika Anda memilih untuk melaporkan pajak melalui Jurnal e-Filing, sedangkan Anda belum terdaftar, Anda akan diarahkan untuk mendaftar Jurnal e-Filing dan melalui proses pendaftaran dahulu (Baca: Klikpajak Settings).
  8. Apabila Anda telah terdaftar pada Jurnal e-Filing, Anda dapat meng-upload file CSV pelaporan pajak dari aplikasi e-Faktur Anda, file SPT dan dokumen pendukung lainnya seperti bukti potong pajak, daftar penghasilan, daftar harta dan utang dalam 1 (satu) file PDF seperti gambar di bawah ini. Klik “Lanjutkan” untuk mulai meng-upload pelaporan.

    Notes:
    • CSV ini adalah hasil ekspor dari aplikasi DJP e-Faktur ataupun e-SPT
    • Nama file dan isi CSV tidak boleh diubah dan harus sesuai hasil ekspor
    • Nama file PDF harus sama dengan nama file CSV
       
  9. Apabila upload file berhasil, pelaporan Anda akan diteruskan ke DJP. Klik “OK”.

     
  10. Selanjutnya, Anda dapat memeriksa status pelaporan pajak Anda dengan klik menu “Status Pajak” atau masuk ke halaman Tax Manager > Laporan SPT. Bukti pelaporan Anda (NTTE) akan didapatkan dalam waktu sekitar 15 menit, yang dapat Anda lihat pada halaman Tax Manager > Laporan SPT dan akan dikirimkan juga ke email Anda.

     
  11. Sistem Klikpajak secara otomatis akan menginformasikan status pelaporan pajak ke email Anda yang terdaftar pada Jurnal e-Filing.

     

2. Pengarsipan SPT di Jurnal


Jika Anda telah melakukan pembayaran pajak, Anda dapat memilih untuk melaporkan pajak yang sudah Anda bayar menggunakan fitur Jurnal e-Filing atau memilih melaporkan pajak Anda secara manual ke Direktorat Jenderal Pajak dan menyimpan arsip pelaporan SPT di Jurnal. Pada bagian ini, Anda akan melihat penjelasan cara mengarsipkan SPT yang telah Anda laporkan di Jurnal. Perhatikan langkah-langkah berikut untuk menggunakannya:

  1. Klik “Buka” pada menu Add-Ons Klikpajak.

     
  2. Klik menu “Prepare Tax”.

     
  3. Klik “Lapor Pajak”.

     
  4. Pilih tipe SPT, jenis pajak, serta masa pajak yang ingin Anda arsipkan di Jurnal e-Filing. Selanjutnya, klik “Lanjutkan”.
     
  5. Ikuti petunjuk yang tertera dalam proses pelaporan. Apabila Anda ingin melaporkan pajak yang belum diarsipkan pembayarannya melalui Jurnal, harap melakukan pengarsipan pembayaran terlebih dahulu melalui proses pembayaran pajak.
     
  6. Jika Anda belum melakukan perhitungan dan pembayaran pajak menggunakan Klikpajak, pilih “Tidak, saya mau menghitung dan membayarkan pajak baru terlebih dahulu” lalu klik “Lanjutkan”. (Baca: Bayar Pajak)

     
  7. Tetapi apabila Anda sudah melakukan perhitungan dan pembayaran pajak menggunakan Klikpajak sebelumnya, pilih “Ya, tunjukkan daftarnya”, centang pajak yang ingin dilaporkan lalu klik “Lanjutkan”.

     
  8. Pada halaman pelaporan pajak, apabila Anda telah melakukan pelaporan SPT di luar Jurnal e-Filing, pilihlah opsi kedua “Tidak perlu, saya hanya ingin mengarsipkan …” lalu lengkapi informasi yang diperlukan seperti tampilan berikut. Klik “Lanjutkan”.


    *Jika Anda sudah menggunakan fitur Prepare Tax - Bayar Pajak, sistem Jurnal secara otomatis akan menentukan status SPT dan mengisi nominal pajak yang kurang atau lebih bayar.
     
  9. Selanjutnya, Anda dapat melihat daftar pelaporan pajak yang Anda arsipkan di Jurnal dengan klik menu “Status Pajak”.
Back to Top