Buku Petunjuk

Pengaturan Perusahaan

Updated at: August 15, 2018
Last updated by: Novina.fransisca

Bagian pengaturan ini memungkinkan Anda untuk mengubah informasi perusahaan dan detail akun bank.

Informasi yang terdapat disini dapat tercetak ada faktur/pemesanan/penawaran penjualan dan pembelian Anda.

 

Untuk mengubah informasi perusahaan, masuk ke menu Settings dan pilih tab Perusahaan. 

Pada halaman ini, terdiri dari 3 bagian yaitu:

  1. Pengaturan Perusahaan,
  2. Detail Akun Bank dan,
  3. Pengaturan Fitur Tambahan.

 

1. Pengaturan Perusahaan


Berikut adalah beberapa informasi perusahaan yang dapat Anda isi.

  1. Logo: Jika perusahaan Anda sudah memiliki logo, Anda dapat mengunggahnya dengan mengklik tombol “Choose File”. Kemudian, pilih file yang akan diunggah. Format file yang didukung adalah .PNG (tipe non-interlace) dan .JPEG. Setiap file yang diunggah akan disesuaikan menjadi 150*160 pixel;
  2. Tampilkan Logo Perusahaan di Laporan: Centang kotak untuk menampilkan logo perusahaan di laporan keuangan Anda sehingga pada saat mencetak faktur, logo perusahaan akan tercantum di dalamnya;
  3. Nama Perusahaan: Masukkan nama perusahaan Anda;
  4. Alamat Perusahaan: Masukkan alamat perusahaan Anda;
  5. Alamat Pengiriman Perusahaan: Masukkan alamat pengiriman perusahaan;
  6. Telepon: Masukkan nomor telepon perusahaan;
  7. Fax: Masukkan nomor fax perusahaan;
  8. NPWP: Masukkan nomor NPWP;
  9. Website: Masukkan nama website perusahaan;
  10. Email: Masukkan alamat email perusahaan. Email perusahaan ini dapat berbeda dengan email pengguna yang digunakan untuk login ke aplikasi Jurnal, karena email ini akan digunakan untuk mengirim email faktur (invoice) dan slip pengiriman (delivery slip).

    Setelah Anda menyimpan perubahan, maka Anda harus mengkonfirmasi email dengan mengklik link Kirim email konfirmasi. Kemudian, buka inbox Anda dan konfirmasikan email Anda dengan mengklik "Konfirmasi Email" seperti gambar di bawah ini;



     

2. Detail Akun Bank


Pada bagian ini, Anda dapat mengisi informasi bank yang akan ditampilkan pada saat mencetak faktur/pengiriman/pemesanan/penawaran.

 

  1. Nama Bank: Masukan nama akun bank yang digunakan di perusahaan Anda;
  2. Cabang Bank: Masukan nama cabang bank yang digunakan di perusahaan Anda;
  3. Alamat Bank: Masukan alamat akun bank perusahaan Anda;
  4. Nomor Akun Bank: Masukan nomor rekening bank perusahaan Anda;
  5. Atas Nama: Masukan nama pemegang akun bank perusahaan Anda;
  6. Swift Code: Masukkan swift code. Kode ini digunakan untuk transfer bank antar negara atau internasional.

Setelah Anda selesai mengisi dan mengkonfirmasi data-data yang Anda masukkan, klik "Ubah" untuk menyimpan perubahan pengaturan tab perusahaan.

 

3. Pengaturan Fitur Tambahan


 

Berikut adalah fitur tambahan yang dapat Anda aktifkan.

  1. Tampilkan Panduan Awal: Jika Anda adalah seorang pemula dalam menggunakan Jurnal, centang kotak ini untuk memunculkan pandual awal di menu Dasbor. Contohnya dapat dilihat pada gambar berikut.

     
  2. Terima Email Kinerja Bulanan Perusahaan: Centang kotak ini agar ringkasan kinerja perusahaan bulanan seperti total penjualan, net profit, total biaya, margin laba, pertumbuhan keuangan perusahaan, ringkasan arus kas dapat dikirimkan ke email Anda. Email ini akan dikirimkan setiap bulan pada tanggal 1 s/d 10. Lihat contoh email kinerja bulanan perusahaan berikut.


     
  3. Termasuk Pajak: Centang kotak ini jika Anda ingin semua harga produk yang sudah dikenakan pajak pada saat membuat transaksi penjualan atau pembelian.
     
  4. Tag Transaksi: Kotak ini akan otomatis tercentang jika Anda menggunakan paket Pro dan Enterprise. Fungsi dari Tag Transaksi ini adalah agar Anda dapat mengelompokkan transaksi-transaksi Anda per proyek/departement/sales, sehingga Anda bisa melihat jumlah penjualan Sales tertentu, jumlah biaya yang dikeluarkan untuk proyek tertentu, ataupun laba rugi per proyek Anda. Lihat cara penggunaannya di sini.
     
  5. Multi Mata Uang: Centang kotak ini jika Anda ingin mengaktifkan fitur Multi Currency. Fitur ini akan membantu Anda mencatat transaksi dengan berbagai mata uang.
     
  6. Mata Uang: Pilih mata uang yang akan digunakan di perusahaan Anda melalui kotak pilihan yang tersedia Mata uang ini hanya bersifat sebagai tampilan saja.
     
  7. Format Mata Uang: Pilih format mata uang yang akan digunakan di perusahaan Anda melalui kotak pilihan yang tersedia. Di dalam kotak pilihan, tersedia 4 pilihan yaitu:
    • Once: Menampilkan jumlah harga tanpa menggunakan desimal;
    • Once with Decimal: Menampilkan jumlah harga menggunakan desimal;
    • In Thousand: Menampilkan jumlah harga dalam format ribuan;
    • In Million: Menampilkan jumlah harga dalam format jutaan.

 

Baca juga:
Pengaturan Pembelian
Pengaturan Format Pengaturan
Pengaturan Pengingat Faktur

Pengaturan PDF
Pengaturan Template Email
Pengaturan Produk
Pengaturan Pengguna

Back to Top