Buku Petunjuk

Pengaturan Pembelian

Updated at: August 15, 2018
Last updated by: Novina.fransisca

 

Untuk mengubah pengaturan Pembelian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

 

  1. Pilih menu Settings yang terletak pada kiri bawah menu vertikal;
  2. Pilih tab Pembelian;

     
  3. Pada tab Pembelian, Anda akan mengatur dan mengisi field-field berikut ini:
  • Syarat Pembayaran Pembelian Utama: Aktifkan fungsi ini untuk memilih periode jatuh tempo yang akan digunakan sebagai pilihan utama di Penjualan. Syarat pembayaran yang tersedia oleh sistem adalah Cash on Delivery, Net 15, Net 30, dan Net 60. Untuk membuat Syarat Pembayaran baru, baca Guidebook - Syarat Pembayaran
  • Pengiriman: Aktifkan fungsi pengiriman jika bisnis Anda memiliki info pengiriman yang harus dilengkapi. Kemudian, pilih akun yang menampung ongkos pengiriman;
  • Diskon: Aktifkan fungsi ini jika Anda ingin memberikan diskon pada jumlah tagihan penjualan (faktur, pemesanan, penawaran);
  • Diskon per Baris: Aktifkan fungsi ini jika Anda ingin memberikan diskon per produk (dalam bentuk persentase) di penjualan. Sebagai contoh, jika harga penjualan barang adalah Rp 1.000.000, dan diberikan diskon per baris sebesar 10%, maka harga penjualan setelah dipotong diskon per baris menjadi Rp 900.000. Lihat ilustrasi di bawah;

     
  • Uang Muka: Jika fungsi ini dicentang, maka Anda dapat menyimpan data uang muka atas barang yang dibeli oleh pelanggan. Field ini akan muncul pada faktur penjualan dan pemesanan penjualan;
  • Pesan Pesanan Pembelian Standar: Masukan pesan default untuk pembelian Anda (jika ada).

<-- Kembali ke Pengaturan Perusahaan

Back to Top