Buku Petunjuk

Pemindahbukuan

Updated at: September 20, 2018
Last updated by: Sally

Jika Anda telah memiliki data perusahaan di Jurnal sebelumnya, dan hendak melakukan pemindahan data perusahaan lama ke perusahaan baru di Jurnal, maka Anda dapat:

  1. Melakukan tutup buku di perusahaan lama.
  2. Expor laporan neraca sampai periode terakhir tutup buku.
  3. Atur tanggal konversi perusahaan baru.
  4. Pindahkan data neraca perusahaan lama ke perusahaan baru.

 

Contoh kasus

Budi, atas nama PT. Suka Maju telah berlangganan di Jurnal selama 1 tahun dari 1 Januari 2015. Karena merasa data di perusahaan lamanya kurang rapih dikarenakan pembukuannya ditangani oleh admin yang berbeda-beda, Budi ingin memulai saja pembukuan baru pada tahun berikutnya, yaitu 1 Januari 2016, dengan nama perusahaan dan juga saldo terakhir yang sama ke pembukuan yang baru. Bagaimana cara Budi memindahkannya?

 

1. Melakukan tutup buku di perusahaan lama


Sebelum Anda melakukan tutup buku, pastikan Anda sudah melengkapi semua data. Namun jika tidak ingin menambah atau melengkapi data lainnya, Anda bisa langsung melakukan tutup buku.

 

Hal ini dapat dilakukan dengan cara:

  1. Klik menu Daftar Akun,
  2. Klik Tindakan > Penutupan Buku. Karena Budi ingin memulai pembukuan di perusahaan yang baru per 1 Januari 2016, maka pilih periode terakhir tutup buku yaitu 31 Desember 2015.
  3. Anda bisa mengikuti cara tutup buku seperti berikut.
    https://www.jurnal.id/id/guidebooks/tutup-buku

 

2. Expor laporan neraca sampai periode terakhir tutup buku


Setelah melakukan tutup buku, maka laba bersih Anda akan ditampung sebagai laba ditahan (retained earnings) pada laporan neraca. Kemudian, Anda dapat langsung mengexpor laporan neraca sampai dengan tanggal 31 Desember 2015 dengan cara:

  1. Klik menu Laporan.

  2. Pada tab Sekilas Bisnis, klik Neraca.

  3. Pilih periode laporan neraca yang akan diexpor (Pada kasus ini tanggal 31 Desember 2015), lalu klik tombol "Filter".

  4. Setelah itu, expor file dalam format CSV dengan klik tombol “Ekspor” dan pilih CSV.
     
  5. Setelah diexpor, buka file tersebut dan akan tampil seperti gambar dibawah ini.

*Note: Jika saldo pada pembukuan Anda sebelumnya tidak terupdate dengan kondisi sebenarnya, maka lebih baik Anda mengabaikan saldo tersebut dan memasukkan saldo awal sesuai dengan data sebenarnya. Baca caranya di sini.
 

3. Atur Tanggal Konversi Perusahaan Baru


Setelah memindahkan data, atur tanggal konversi. Pada kasus Budi, tanggal pemindahbukuan dari perusahaan lama ke perusahaan baru adalah per 1 Januari 2016. Atur tanggal tersebut dari menu Daftar Akun > Tindakan > Atur Saldo Awal.

 


 

4. Pindahkan data neraca perusahaan lama ke perusahaan baru


Untuk memindahkan data neraca perusahaan lama ke perusahaan baru, dapat dilakukan dengan fitur pengisian saldo awal dan Impor Daftar Akun. Namun, kami merekomendasikan Anda untuk memindahkan saldo tersebut dengan fitur pengisian saldo awal.

 

Setelah melakukan step 3, pindahkan saldo akhir dari laporan neraca yang lama 31 Desember 2015, ke laporan neraca yang baru sebagai saldo awal tanggal 1 Januari 2016. Berikut contoh pengisiannya.

 

Setelah Anda mengisikan semua saldo awal Anda, klik Terbitkan untuk memposting saldo. Untuk petunjuk lengkap pengisiannya dapat dibaca di Guidebook - Pengisian Saldo Awal.

 

 

Back to Top