Buku Petunjuk

Ondemand PDF

Updated at: August 19, 2021
Last updated by: Annisa Husna Anggrainie

Ondemand PDF merupakan fitur yang berfungsi untuk melakukan pengaturan/kustomisasi tampilan template PDF transaksi sesuai dengan kebutuhan Anda. Fitur ini tersedia pada paket Enterprise dan Enterprise+, serta akan aktif jika Anda sudah mengupdate tampilan terbaru pada Menu Penjualan.

 

Untuk melakukan pengaturan Ondemand PDF, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik menu Settings, lalu klik “Template”;

     
  2. Pada bagian pengaturan PDF, klik “Ondemand PDF”;

     
  3. Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman pengaturan Ondemand PDF seperti ini;

     
  4. Pada bagian atas halaman, Anda bisa melihat tipe dokumen mana yang akan Anda custom template PDF nya disini;

     
  5. Pada bagian selanjutnya, di sisi sebelah kiri Anda dapat melakukan pengaturan kustomisasi template PDF, sedangkan di sisi sebelah kanan Anda dapat melihat Pratinjau template yang telah Anda atur tampilannya.

     
  6. Pada bagian sisi kiri, terdapat 2 kategori tampilan template yang dapat Anda atur, yaitu Header dan Konten;

     
  7. Tab Header berfungsi untuk melakukan pengaturan tampilan header PDF sesuai dengan kebutuhan Anda, yang terdiri dari beberapa komponen setting, seperti pada gambar berikut:

    Informasi mengenai komponen setting Header, yaitu:


    1. Logo: Pada bagian ini, Anda bisa menampilan logo perusahaan di header PDF dengan cara mengaktifkan tombol biru
    2. Posisi logo: Anda bisa mengatur posisi logo yang ingin ditampilkan pada header PDF, ada tiga posisi yang dapat Anda pilih yaitu posisi kiri, tengah, kanan halaman.
    3. Judul dokumen: Anda bisa menambahkan judul dokumen tambahan pada bagian atas PDF.
      *Terdapat 2 dua jenis kolom judul dokumen. Untuk judul dengan Bahasa Indonesia bisa Anda isi di kolom ID, sedangkan untuk judul dokumen dengan Bahasa Inggris bisa Anda isi di kolom EN. Ada juga bisa menerapkan nama yang sama pada kedua kolom tersebut dengan mencentang tulisan “Terapkan keduanya”
    4. Informasi perusahaan: Anda dapat mengatur informasi perusahaan apa saja yang ingin ditampilkan pada header PDF dengan mencetang masing-masing kotak informasi.
    5. Kepada: Anda dapat mengatur informasi apa saja mengenai penerima/pelanggan/vendor yang ingin anda tampilkan dengan mencetang masing-masing kotak informasi
    6. Ukuran konten: Pada bagian ini Anda dapat mengatur ukuran dari tampilan konten PDF Anda, yaitu ukuran besar, sedang atau kecil.
       
  8. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan tampilan header PDF, Anda dapat melihat pratinjau dari hasil settingan yang telah Anda lakukan sebelumnya dengan klik “Pratinjau” pada bagian kanan atas halaman;

     
  9. Maka pratinjau hasil pengaturan header PDF Anda akan terlihat seperti ini;

    Anda dapat melihat kembali informasi settingan setiap field disini.
     
  10. Sedangkan pada bagian tab Konten, Anda dapat melakukan pengaturan konten atau bagian isi dari template yang ingin Anda tampilkan pada PDF, yang terdiri dari beberapa komponen setting, seperti pada gambar berikut:

    Informasi mengenai komponen setting Konten, yaitu:


    1. Tabel: Anda bisa mengatur informasi transaksi yang ingin Anda tampilkan pada PDF dengan mencentang masing-masing kotak informasi yang tersedia.
    2. Terbilang: Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan informasi terbilang dari nominal transaksi di PDF. Anda dapat memilih untuk menampilkan tulisan terbilang pada nilai total atau nilai sisa tagihan.
    3. Tag: Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan informasi tag yang telah Anda input pada transaksi.
    4. Gudang: Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan informasi Gudang yang digunakan pada transaksi.
    5. Pelanggan Ref: Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan informasi Pelanggan Ref yang telah Anda input pada transaksi.
    6. Informasi pembayaran: Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan informasi pembayaran pada PDF.
    7. Memo: Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan memo pada PDF.
    8. Pesan: Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan pesan pada PDF.
    9. Footnote: Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan footnote pada bagian bawah PDF, Anda bisa menuliskan custom footnote pada kolom text yang tersedia di bawahnya.
    10. Footer: Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan footer pada semua dokumen PDF Anda.
    11. Tanda tangan: Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan tanda tangan pada PDF.
       
  11. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan tampilan konten PDF, Anda dapat melihat pratinjau dari hasil settingan yang telah Anda lakukan sebelumnya dengan klik “Pratinjau” pada bagian kanan atas halaman;

     
  12. Maka pratinjau hasil pengaturan konten PDF Anda akan terlihat seperti ini;

    Anda dapat melihat kembali informasi settingan setiap field disini.
     
  13. Jika ternyata Anda ingin mengembalikan pengaturan PDF kembali seperti sedia kala, maka Anda bisa klik “Reset”
    bagian kanan atas halaman;

     
  14. Fitur ini juga menyediakan jenis template lain. Anda dapat memilih jenis template lain yang ingin Anda gunakan dan atur dengan cara seperti ini;

     
  15. Maka jenis template lain yang telah Anda pilih akan muncul di bagian pratinjau seperti berikut:

     
  16. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan PDF sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat menyimpan settingan Anda dengan klik “Simpan” pada bagian kanan atas halaman.

     
  17. Anda juga dapat kembali ke menu pengaturan dengan klik “Kembali ke Settings”;

Baca juga:

  1. Template Email
  2. Pengaturan PDF
  3. Draft Watermark
Back to Top