Buku Petunjuk

NEW UI/UX Cara bayar pajak di Klikpajak

Updated at: July 13, 2021
Last updated by: Jessica Gwyneth

Pada panduan ini, Anda akan mempelajari cara menggunakan fitur "Bayar Pajak" melalui Klikpajak. Pembayaran pajak dapat dilakukan dengan terlebih dahulu memasukkan informasi pajak yang ingin dibayarkan, kemudian membuat ID Billing, dan menyimpan hasil pembayaran Anda berupa bukti NTPN serta BPN Anda untuk selanjutnya diproses ke tahap pelaporan pajak.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pembayaran pajak dengan pembuatan ID Billing di Klikpajak;

  1. Masuk ke menu Add-Ons;
  2. Pilih menu E-Billing lalu klik “Buat ID Billing” pada aplikasi Klikpajak;

     
  3. Setelah itu pilih jenis pajak yang akan Anda buat ID Billing;

     
  4. Isikan informasi pajak yang ingin Anda bayarkan sesuai dengan ID Billing yang Anda pilih, lalu klik “Buat ID Billing”;

    Notes:
    • Jika Anda memilih “Simpan & Buat Baru”, maka Anda akan diarahkan kembali ke halaman pengisian Buat ID BIlling dan informasi Buat ID billing sebelumnya akan tersimpan otomatis.
    • Pengisian dimulai dari “Kode Akun Pajak”, kemudian “Kode Jenis Setoran”, lalu kolom selanjutnya akan tampil sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah untuk masing-masing “Kode Akun Pajak” dan “Kode Jenis Setoran” yang Anda isikan.
    Misalnya:
    • Anda mengisi “Kode Jenis Setoran: Setoran Tahunan”, maka Anda hanya perlu mengisi kolom “Tahun Pajak” dan tidak bisa menentukan “Dari Bulan”;
    • Anda mengisi “Kode Jenis Setoran: Pembayaran SK”, maka Anda perlu memasukkan “Nomor Surat Ketetapan” yang Anda bayarkan.
       
  5. Setelah itu pilih metode pembayaran. Apabila menggunakan virtual account, Anda dapat pilih bank lalu klik “Lanjutkan Pembayaran”;

    Notes: Apabila Anda memilih Transfer bank klik “Transfer Bank” lalu klik “Lanjutkan pembayaran”.
     
  6. Selain itu Anda dapat melihat dan mendownload SSP dengan klik “Download SSP”;

     
  7. Berikut tampilan dari hasil download SSP;

     
  8. Berikut tampilan apabila pembayaran pajak sudah diterima, klik “Lihat status pembayaran” untuk melihat NTPN ;

     
  9. Setelah itu sistem akan mengarahkan pada menu NTPN. Anda dapat mendownload bukti bayar (BPN) apabila sudah melakukan pembayaran dan SSP.


     

Back to Top