Multi-Product Pricing
Last updated by: Pristy
Multi-Product Pricing merupakan fitur yang berfungsi untuk mengelola penetapan harga atas produk-produk tertentu, dengan cara membuat aturan (rule) yang dapat digunakan untuk membedakan harga produk per masing-masing pelanggan.
Penting!
- Fitur multi-product pricing hanya tersedia pada Paket Enterprise + ;
- Sebelum Anda menggunakan multi-product pricing, pastikan Anda sudah mengaktifkan Diskon Per Baris pada pengaturan penjualan.
Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur ini:
Menetapkan pengaturan Multi-Product Pricing
Berikut cara membuat atau menetapkan pengaturan Multi-Product Pricing:
- Klik Menu “Produk”;
- Klik “Buat Baru > Rule Baru”;
- Kemudian tentukan informasi terkait price rule (penetapan harga) produk berikut;
Note:
1. Nama Rule : Isikan dengan nama dari price rule (penetapan harga), atau nama promo atas produk yang ditetapkan
2. Tanggal awal : Isikan dengan tanggal awal ditetapkannya price rule;
3. Tanggal berakhir : Isikan dengan tanggal berakhirnya price rule;
4. Potongan : jenis potongan yang diterapkan. Anda dapat menuliskannya dalam bentuk Diskon persentase atau Diskon nilai dan Anda dapat menuliskan besaran diskon pada kolom di sebelahnya.
- Setelah itu tentukan kontak yang akan mendapatkan price rule sesuai periode yang sudah ditetapkan dengan klik “Tambah kontak”;
- Kemudian pilih tipe kontak “Individu” atau “Grup”
Note: Tipe kontak Grup yang ditampilkan disini berkaitan dengan grup kontak yang telah Anda buat pada Menu Kontak Jurnal. Lihat disini untuk membuat kontak grup.
- Kemudian isikan nama pada bagian kolom sebelahnya lalu klik “Cari” dan pilih kontak yang ingin ditambahkan, lalu klik “Simpan”;
- Setelah Anda menambahkan kontak, selanjutnya tentukan produk atau jasa yang akan terkena potongan harga price rule dengan klik “Tambah produk atau jasa”
- Kemudian pilih tipe produk Single atau Bundle dan isikan nama produk pada bagian kolom sebelahnya;
- Klik “Cari” dan pilih produk yang ingin ditambahkan, lalu klik “Simpan”;
- Bila semua informasi telah Anda isikan dengan benar dan lengkap, klik “Buat rule” untuk menyimpan price rule yang ditetapkan;
- Untuk melihat daftar price rule yang telah terbuat, masuk ke Menu Produk kemudian pilih tab “Price Rule”;
- Maka daftar price rule akan terlihat seperti gambar dibawah.
Note:
- Status Inactive : status price rule sudah tidak aktif (sudah lewat dari tanggal berakhir yang ditetapkan);
- Status Active : status price rule yang masih aktif.
Membuat Transaksi Penjualan menggunakan Price Rule
Berikut cara membuat transaksi penjualan menggunakan price rule :
- Klik Menu “Penjualan”, kemudian klik tombol “Buat Penjualan Baru” dan pilih jenis transaksi yang ingin dibuat;
- Pada kolom pelanggan, Anda dapat memilih pelanggan yang sebelumnya sudah dimasukkan dalam daftar price rule, kemudian lengkapi seluruh informasi dari pelanggan;
- Lalu pilih produk yang sudah terdaftar pada price rule;
- Maka pada bagian kolom harga satuan, akan muncul keterangan bahwa produk tersebut tersedia pada daftar price rule;
- Kemudian klik “Select” untuk memilih price rule atas produk;
- Pilih rule yang ingin ditetapkan atas price rule produk tersebut, kemudian klik “Simpan”;
- Maka keterangan atas price rule akan menjadi Rule applied. Klik “Ubah” bila ingin mengubah rule;
- Kemudian klik “Buat penjualan” untuk menyimpan transaksi;