Buku Petunjuk

Laporan Ringkasan Bisnis

Updated at: February 22, 2018
Last updated by: Novina.fransisca

Laporan ini menampilkan ringkasan bisnis dari laporan keuangan standar seperti neraca, laba rugi, arus kas beserta wawasannya. Keakuratan angka bergantung dengan kelengkapan data yang dimasukkan ke jurnal.

 

Cara filter laporan Ringkasan Bisnis


Untuk melihat laporan Ringkasan Bisnis:

 

  1. Klik menu Laporan.
  2. Pada tab Sekilas Bisnis, klik “Ringkasan Bisnis”.

     
  3. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan dan klik “Filter”.

     
  4. Namun, jika Anda ingin memfilter lebih detil, klik “Filter Lebih Lanjut”.

     
  5. Anda akan melihat halaman pop up di bagian kanan layar, seperti gambar berikut.

     
  6. Kemudian pilih filter tambahan yang Anda inginkan
    • Tanggal Mulai & Selesai : Pilih mulai dari sampai tanggal berapa laporan akan ditampilkan.
       
    • Filter sesuai periode : Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun dan lainnya. Jika Anda sudah memilih nya, maka field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir akan otomatis terisi. Namun jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir.
       
    • Bandingkan Periode: Field ini berfungsi untuk memfilter laporan perubahan modal dengan membandingkan 2 periode antara periode saat ini dengan 1 atau lebih  periode sebelumnya.
    • Grup berdasarkan Tag :
      Field ini adalah filter lanjutan yang dapat Anda gunakan jika Anda sudah berada pada paket Pro dan Enterprise. Tag disini berfungsi untuk menampilkan laporan daftar pembelian Anda per proyek.

      Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu. Jika Anda memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project A, Project B; maka ketika Anda memilih Mencakup Semua, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk tag Project A dan Project B.

      Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah hasil filter 1 tag saja, antara Project A atau Project B.
       
  7. Setelah selesai, klik "Filter".
     
  8. Setelah memfilter, Anda dapat melakukan expor laporan ini dengan klik tombol "Expor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.

     
  9. Jika dalam bentuk PDF, akan terlihat seperti ini.


Informasi Tambahan:


  1. Ringkasan Laba Rugi: informasi yang memunculkan data ringkasan dari laporan laba rugi pada periode yang difilter.
     
  2. Ringkasan Neraca: informasi yang memunculkan data ringkasan dari laporan neraca pada periode yang difilter.
     
  3. Ringkasan Arus Kas: informasi yang memunculkan data ringkasan dari laporan arus kas pada periode yang difilter.
     
  4. Pada Wawasan, akan ditampilkan informasi berikut beserta penjelasannya:
    • Margin Laba Kotor (Gross Profit Margin):  pengukuran terhadap tingkat kesehatan finansial dan model bisnis dengan menghitung proporsi sisa uang penjualan setelah dipotong harga pokok penjualan.
       
    • Margin Laba Operasional (Operating Profit Margin): pengukuran terhadap kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dan strategi penetapan harga.
       
    • Margin Keuntungan Bersih (Net Profit Margin): pengukuran yang menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan bersih dan dapat digunakan untuk menghitung perkiraan keuntungan berdasarkan nilai penjualan
       
    • Rasio lancar (Current ratio): pengukuran terhadap kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek dan jangka panjang dengan menghitung perbandingan antara total aktiva lancar dengan kewajiban lancar (current assets /current liabilities).
       
    • Rasio Hutang Terhadap Ekuitas (Debt to Equity Ratio):  pengukuran terhadap banyaknya hutang yang digunakan untuk mendanai aset dibandingkan dengan ekuitas, dengan menggunakan perbandingan jumlah hutang terhadap ekuitas.
       
    • Tingkat Pengembalian Aset (Return on Assets):  bentuk dari rasio profitabilitas untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan menggunakan total aktiva yang ada dan setelah biaya-biaya modal (biaya yang digunakan mendanai aktiva) dikeluarkan dari analisis.
       
    • Tingkat Pengembalian Ekuitas (Return on Equity): pengukuran terhadap kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan modal sendiri.
       
    • Rata-rata Lama Konversi Piutang (Average Debtors Days): periode rata-rata yang diperlukan untuk mengumpulkan piutang.
       
    • Rata-rata Lama Konversi Hutang (Average Creditors Days): periode rata-rata yang diperlukan untuk mengumpulkan hutang.


Baca juga:

Sekilas Menu Laporan

Back to Top