Buku Petunjuk

Laporan Penyelesaian Pemesanan Penjualan

Updated at: June 13, 2019
Last updated by: Adi Nurpermana

Laporan ini menampilkan ringkasan dari proses bisnis Anda, mulai dari penawaran, pemesanan, pengiriman, sampai pembayaran. Di sini, Anda dapat melihat penawaran/pemesananan penjualan mana yang telah berlanjut ke penagihan.
 

Cara Filter Laporan Penyelesaian Pemesanan Penjualan


Untuk melihat laporan penyelesaian pemesanan penjualan :

  1. Klik menu  Laporan dan klik tab Penjualan.
  2. Kemudian, klik Penyelesaian Pemesanan Penjualan.

     
  3. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan dan klik “Filter”.

     
  4. Namun, jika Anda ingin memfilter lebih detil, klik “Filter Lebih Lanjut”.

     
  5. Anda akan melihat halaman pop up di bagian kanan layar, seperti gambar berikut.

     
  6. Kemudian pilih filter tambahan yang Anda inginkan.
    • Tanggal Awal & Akhir : Pilih tanggal mulai dan selesainya periode laporan yang akan ditampilkan.
       
    • Filter Sesuai Periode : Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun dan lainnya. Jika Anda sudah memilih nya, maka field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir akan otomatis terisi. Namun jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir.
       
    • Filter Sesuai Pelanggan : Ketikkan kata kunci pelanggan yang Anda cari atau pilih dari daftar yang sudah ada.
       
    • Grup dengan Tag https://lh4.googleusercontent.com/8_0elPgUbVEi6hziFCRG2lMCLmSCXaqbWH946mnAipGuqaED5CjgQf6MmPf9Pn2zcFGW8JOKs5EKD4K_RTKB-LjhhDjgta1UPS7DCA5v4_HKf2zuX_F79xDacFcSc1pWKE318I1Vhttps://lh6.googleusercontent.com/P3Ho-hMfy85nbeAOcSVx_3_h3642uH6eNnjJFiMeARoWwJUM1sWZLqxSgJqKVlDhyVuMbUtBwO8i28GWlSt4kGZTd2__B8IAuFf35XhH_MC3ZXmGlznjQ-HGzDRrViTwoA-HkDen: Field ini hanya tersedia pada paket Pro dan Enterprise. Tag disini berfungsi untuk menampilkan laporan penyelesaian pemesanan penjualan Anda per proyek.

      Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu.
      Jika Anda memilih Mencakup Semua, maka Anda dapat memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project A, Project B. Maka, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk tag Project Adan Project B.

      Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah berdasarkan hasil filter 1 tag saja, antara Project A atau Project B.
  7. Kembali ke halaman sebelumnya, Anda juga bisa membuat template baru dan mengatur kolom-kolom apa saja yang akan ditampilkan pada laporan ini.
     
  8. Secara default, Jurnal menyediakan 2 jenis template:
    • Order Completion Summary: Menampilkan laporan secara ringkas dalam 1 baris per 1 rangkaian proses penawaran/pemesanan;
    • Order Completion Detail: Menampilkan laporan secara detail dan hanya dapat diexpor dalam format Excel dan CSV;
       
  9. Untuk menambah template baru, klik simbol Settings dan pilih +Tambah Template seperti gambar berikut.

     
  10. Isikan nama template. Misalkan "Status Penyelesaian Penjualan 2017".

     
  11. Untuk menambahkan kolom yang diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kiri, misalkan "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”. Kemudian klik tanda “ >”.

     
  12. Jika ingin menghapus beberapa kolom yang tidak diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kanan, misalkan “Tipe Pembayaran” dan “Nomor Pembayaran”. Kemudian klik tanda “<”.

     
  13. Maka daftar kolom di sebelah kanan akan terisi sesuai dengan yang telah dipilih.

     
  14. Anda juga dapat mengatur urutan kolom yang akan ditampilkan dengan mencentang kolom di sebelah kanan, misalkan "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”, dan klik tanda panah atas dan bawah seperti gambar berikut.

     
  15. Maka letak kolom "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”  adalah setelah kolom "Jumlah Pemesanan".
     
  16. Anda dapat centang "Selalu Gunakan Template Ini" jika ini adalah template default yang akan digunakan pada laporan penyelesaian pemesanan Anda;

     
  17. Setelah selesai, klik "Simpan". Anda akan melihat template baru telah ditambahkan seperti gambar berikut;

    *jika ingin mengubah template yang sudah dibuat, Anda bisa klik simbol pensil
     
  18. Karena ada penambahan kolom "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”, maka pada template laporan akan muncul kolom tersebut seperti gambar berikut.

     
  19. Setelah selesai, klik “Filter”.
  20. Anda dapat mengekspor laporan ini dengan klik tombol "Ekspor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.

     
  21. Jika dalam bentuk PDF, akan terlihat seperti ini.

Kembali ke Sekilas Menu Laporan

Back to Top