Buku Petunjuk

Laporan Pajak Pemotongan

Updated at: July 29, 2019
Last updated by: Fazril Nugraha

Laporan ini menampilkan ringkasan perhitungan pajak dengan tipe pemotongan yang digunakan pada transaksi Anda berdasarkan objek pajak. Maksud dari tipe pemotongan adalah, pajak tersebut memotong jumlah tagihan pada transaksi Anda.

 

Contoh Kasus:
PT. ABC memotong pph23 atas jasa pendapatan sewa gedung  Rp 100.000.000 sebesar Rp 2.000.000. Karena bersifat sebagai pemotongan, artinya PT.ABC hanya mendapatkan Rp 98.000.000 ke kas/bank, dan nilai Rp 2.000.000 ini akan tercatat sebagai hutang pajak pph23. Nilai pemotongan ini akan ditampilkan pada laporan berikut.

 

Cara Filter Laporan

Untuk melihat laporan pajak pemotongan:

 

  1. Klik menu Laporan.
  2. Pada tab Pajak, klik “Laporan Pajak Pemotongan”.
  3. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan dan klik "Filter".

  4. Namun, jika Anda ingin memfilter lebih detil, klik "Filter Lebih Lanjut".

  5. Anda akan melihat halaman pop up di kanan seperti gambar berikut.

     
  6. Kemudian pilih filter yang Anda inginkan
    • Tanggal Mulai & Tanggal Selesai: Ini adalah periode mulai dari sampai dengan tanggal berapa laporan akan ditampilkan, contoh dari tanggal 01 November 2017 - 30 November 2017;
       
    • Filter Sesuai Periode: Anda dapat memfilter laporan per tanggal, hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini, semalam, minggu lalu, bulan lalu dan tahun lalu. Pilihan ini akan mempengaruhi kolom Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai;
       
    • Filter Sesuai Pajak: Anda dapat melakukan filter untuk semua jenis pajak pemotongan dengan memilih Semua atau memilih salah satu pajak saja untuk menampilkan jenis pajak pemotongan tertentu;
       
    • Urutkan Sesuai: Pada filter ini, terbagi menjadi 2 pilihan yaitu berdasarkan tipe pajak dan tipe transaksi. Misalkan, Anda memiliki 2 jenis pajak, PPh23 dan PPh22.

      Maka, jika Anda memfilter dengan tipe pajak, tampilan laporan akan diurutkan berdasarkan jenis pajaknya terlebih dahulu.

      Sebaliknya, jika dengan tipe transaksi, maka tampilan laporan akan diurutkan berdasarkan jenis transaksi terlebih dahulu;
       
    • Perlihatkan Lebih Detail: Centang fungsi ini untuk menampilkan laporan lebih detil yaitu transaksi yang berhubungan dengan pajak pemotongan.
       
  7. Setelah selesai, klik "Filter".
  8. Setelah memfilter, Anda dapat melakukan expor laporan ini dengan klik tombol "Expor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.

  9. Jika dalam bentuk PDF, akan terlihat seperti ini.

 

Baca juga

Sekilas Menu Laporan

Back to Top