Buku Petunjuk

Laporan Neraca

Updated at: September 13, 2018
Last updated by: Adi Nurpermana

Laporan neraca menampilkan posisi keuangan Anda yang terdiri dari aset, hutang (liability), dan apa yang sudah diinvestasikan ke perusahaan atau biasa disebut sebagai modal(ekuitas).

 

Laporan Neraca ini harus seimbang jika dijumlahkan sebagai berikut: ASET = HUTANG + MODAL. Jadi Total Aktiva harus sama dengan Total Kewajiban dan Modal.

 

Cara Filter Laporan


Untuk melihat laporan neraca (balance sheet report), Anda dapat: 

  1. Klik menu Laporan.
  2. Pada tab Sekilas Bisnis, Klik Neraca.
  3. Filter Tanggal.
  4. Jika Anda ingin melihat persentase perbandingan per periode, pilih berapa periode sebelumnya yang akan dibandingkan dengan periode sekarang.
  5. Anda juga dapat mengklik "Filter Lebih Lanjut" untuk memilih opsi filter lain. Lihat contoh gambar berikut.

     
    • Per: Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan per tanggal tertentu.
       
    • Filter Sesuai Periode: Anda dapat memfilter laporan per tanggal, hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini, semalam, minggu lalu, bulan lalu dan tahun lalu.
       
    • Bandingkan Periode:  Pilih periode perbandingan yang Anda inginkan, pilihan yang tersedia adalah Mingguan, Bulanan, Triwulan, Semi-Tahunan dan Tahunan. Jika memilih salah satu, Anda bisa mengatur sampai dengan perbandingan 5 periode sebelumnya.
       
    • Filter Sesuai Kedalaman Akun: Field ini berfungsi untuk memfilter laporan Neraca sampai dengan kedalaman akun tertentu (jika Anda memiliki kepala dan sub akun)
  6. Jika sudah selesai melakukan filter, klik “Filter”.
  7. Setelah memfilter, Anda dapat melakukan expor laporan ini dengan klik tombol "Expor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.

 

Keterangan Tambahan


Pada bagian modal, muncul 3 keterangan sebagai berikut:

 

Accumulated other comprehensive income: Pendapatan yang didapatkan dari hasil akumulasi adanya laba/rugi dari pertukaran kurs.
 

Pendapatan sampai tahun lalu: Pendapatan yang Anda dapatkan di periode tahun sebelumnya. Misalkan jika tahun ini tanggal filternya adalah 2016, maka pendapatan sampai tahun lalu adalah pendapatan di periode 1 January 2015 - 31 Desember 2015.
 

Pendapatan periode ini: Pendapatan yang Anda dapatkan di periode ini (tahun berjalan), dimulai dari tanggal 1 January - 31 Desember
*Note: Jika Anda melakukan tutup buku, misalkan Anda memulai transaksi pada tanggal 1 January 2016. Kemudian Anda melakukan tutup buku sampai tanggal 30 Juni 2016. Maka Pendapatan Periode Ini akan dihitung dari transaksi tanggal 1 July 2016 - 31 December 2016

 

Baca juga:

Sekilas Menu Laporan

Back to Top