Buku Petunjuk

Laporan Daftar Pembelian

Updated at: September 13, 2018
Last updated by: Adi Nurpermana

Laporan ini menampilkan daftar kronologis dari semua pembelian pemesanan, penawaran, pembayaran, retur pembelian dan deposit pembelian Anda untuk rentang tanggal yang dipilih.

Pada halaman ini, akan dijelaskan mengenai:

  1. Laporan Pembelian Versi Lama
  2. Laporan Pembelian Versi Baru
  3. Penjelasan Filter Setiap Laporan

 

1. Laporan Pembelian Versi Lama


 

Untuk melihat laporan ini:

  1. klik menu Laporan dan klik tab Pembelian.
  2. Kemudian klik Daftar Pembelian.
  3. Pilih periode yang akan ditampilkan. Bisa memilih periode atau berdasarkan tanggal tertentu;
  4. Pilih Jenis Transaksi;
  5. Pilih Filter Lebih Lanjut jika dibutuhkan dan Anda bisa memfilter berdasarkan Supplier, Status transaksi, Tag dan filter lebih detail;
  6. Jika sudah selesai melakukan filter, klik tombol "Filter".
  7. Kemudian, Anda bisa mendownload laporan dengan 3 format di kanan atas, yaitu PDF, Excel atau CSV.

*Note: Penjelasan setiap transaksi dapat dilihat di bawah

 

2. Laporan Pembelian Versi Baru


  1. Untuk melihat laporan ini:
  2. Klik menu Laporan dan klik tab Pembelian.
  3. Kemudian, klik Daftar Pembelian.

  4. Di sini, Anda bisa melakukan filter tanggal atau periode. Anda juga dapat melakukan filter lebih detil dengan klik tombol "Filter Lebih Lanjut".

  5. Maka akan muncul menu pop up di sebelah kiri. Anda bisa melakukan filter sesuai kebutuhan. Penjelasan setiap field dapat dilihat di bawah.

  6. Kembali ke halaman sebelumnya, Anda juga bisa membuat template baru dan mengatur kolom-kolom apa saja yang akan ditampilkan pada laporan ini.
  7. Secara default, Jurnal menyediakan 2 jenis tampilan laporan. Klik simbol Settings dan pilih +Tambah Template untuk membuat tampilan laporan baru seperti gambar berikut.

  8. Isikan nama template. Misalkan "Purchase Invoice for Management".

  9. Pilih Tipe Template. Anda bisa mengatur template untuk beberapa jenis transaksi seperti faktur pembelian, pemesanan pembelian, penawaran pembelian, pembayaran pesanan pembelian, penerimaan pembayaran dan retur pembelian.

  10. Pilih dan centang daftar kolom di kiri, misalkan "Pembayaran". Kemudian klik tanda >.

    *untuk kolom di kiri, jika Anda tidak mencentang Nama Produk dan memindahkannya ke sebelah kanan, maka kolom-kolom yang berhubungan dengan informasi produk seperti kode, deskripsi, kuantitas produk dan lainnya tidak akan ditampilkan pada laporan pembelian Anda.
  11. Maka daftar kolom di sebelah kanan akan terisi sesuai dengan yang telah dipilih.
  12. Anda juga dapat mengatur urutan kolom yang akan ditampilkan dengan mencentang kolom di sebelah kanan, misalkan "Pembayaran" dan mengklik tanda panah atas dan bawah seperti gambar berikut.
     
    Maka letak kolom "Pembayaran" adalah setelah kolom "Tipe Transaksi"
  13. Anda dapat centang "Selalu Gunakan Template Ini" jika ini adalah template default yang akan digunakan pada laporan pembelian Anda;
  14. Setelah selesai, klik "Simpan". Anda akan melihat template baru telah ditambahkan seperti gambar berikut;
     
    *jika ingin mengubah template yang sudah dibuat, Anda bisa klik simbol pensil
  15. Karena ada penambahan kolom "Pembayaran", maka pada template laporan akan muncul kolom tersebut seperti gambar berikut.
  16. Setelah Anda selesai melakukan filter, pastikan untuk mengklik tombol "Filter";
  17. Kemudian, Anda bisa langsung mengexpor filenya ke PDF, Excel atau CSV.

    *Note: Untuk mengaktifkan laporan versi baru, hubungi tim support kami melalui live chat atau email ke support@jurnal.id

 

Penjelasan filter laporan daftar pembelian

 

  • Filter Sesuai Periode: Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun dan lainnya. Jika Anda sudah memilih nya, maka field Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai akan otomatis terisi. Namun jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai.
     
  • Tanggal Mulai & Selesai: Pilih mulai dari sampai tanggal berapa laporan akan ditampilkan.
     
  • Pilih Jenis/Tipe Transaksi: Pilih tipe transaksi (faktur, pemesananan, atau penawaran) yang akan ditampilkan pada laporan daftar pembelian.
     
  • Filter Sesuai Supplier: Ketikkan kata kunci supplier yang Anda cari atau pilih dari daftar yang sudah ada.
     
  • Filter Sesuai Status: Pilih status transaksi pembelian yang akan Anda tampilkan (semua, open, partial, paid, overdue, closed).
     
  • Grup dengan Tag: Field ini adalah filter lanjutan yang dapat Anda gunakan jika Anda sudah berada pada paket Pro dan Enterprise. Tag disini berfungsi untuk menampilkan laporan daftar pembelian Anda per proyek. Di bawah field ini terdapat 2 radio buttons yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu.

    Jika Anda memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project A, Project B; maka ketika Anda memilih Mencakup Semua, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk tag Project A dan Project B. Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah hasil filter 1 tag saja, antara Project A atau Project B.
  • Perlihatkan Lebih Detail: Field ini berfungsi untuk menampilkan laporan dengan lebih detail yang mencakup jumlah bruto, pajak, dan pembelian telah dibayar yang jatuh tempo.

 

Baca juga:

Sekilas Menu Laporan

Back to Top