Buku Petunjuk

Koperasi Simpan Pinjam

Updated at: January 10, 2018
Last updated by: Novina.fransisca

Untuk usaha koperasi simpan pinjam, Kami merekomendasikan Anda menggunakan paket Pro/Enterprise untuk memaksimalkan pencatatan pembukuan Anda.

Jenis Aktivitas Transaksi Koperasi Simpan Pinjam


  1. Pinjaman Anggota (tagging: pinjaman)

  2. Simpanan/Tabungan Anggota

  3. Pembelian Barang Dagangan (tagging: jual-beli)

  4. Penjualan Barang Dagangan (tagging: jual-beli)

  5. Donasi (buat biaya)

  6. Pengeluaran Koperasi (expense)

  7. Pembagian SHU

  8. Laporan

1. Pinjaman Anggota


Untuk kasus pinjaman anggota, Anda dapat mencatatnya di Jurnal dengan beberapa langkah mudah berikut:

  1. Mencatat Pinjaman,

  2. Pengajuan Pinjaman,

  3. Persetujuan Pinjaman,

  4. Angsuran Pinjaman,

Step 1. Mencatat Pinjaman


Untuk dapat mencatat pinjaman, pertama-tama Anda harus membuat produk “Pinjaman”:

  • Klik Produk pada menu vertical di kiri;
  • Klik “Buat Produk Baru”;
  • Isi Nama produk Pinjaman;
  • Centang Saya Jual Produk Ini. Isi Akun Penjualan: akun sumber dana dengan tipe kas & bank;
  • Klik “Buat Produk”;

Macintosh HD:Users:ivanawidjaya:Desktop:Screen Shot 2015-12-29 at 11.48.22 AM.png

Step 2. Pengajuan Pinjaman


Pastikan Anda sudah menggunakan paket Enterprise.

  • Klik menu Penjualan;

  • Klik "Buat Penjualan Baru";

  • Pada bagian kanan atas form, pilih Sales Order;

  • Pilih nama anggota dan produk Pinjaman.

  • Bila ada biaya admin & bunga:

  • Tambahkan produk “Biaya Admin” atau “Bunga”, isi jumlah total biaya admin/bunganya.
    Note: Dapat ubah akun penjualan pada produk Bunga: Bunga Pinjaman; tipe: pendapatan

  • Klik “Buat Penjualan”.

?

Step 3. Persetujuan Pinjaman


  • Klik Penjualan pada menu vertical di kiri;

  • Klik Tab Pemesanan Penjualan;

  • Klik nomor pemesanan;

  • Scroll ke bagian bawah halaman dan klik “Buat Penagihan”;

  • Periksa form pemesanan Anda dan jika sudah selesai, klik “Buat Penjualan”;

Step 4. Angsuran Pinjaman


  • Klik menu Penjualan.
  • Klik nomor invoice yang akan dibayar (diangsur).
  • Scroll ke bagian bawah halaman detail invoice, lalu klik tombol “Terima Pembayaran”.
  • Pilih akun deposit (tipe kas & bank).
  • Isi data pembayaran seperti tanggal, dan jumlah pembayaran;
    Note: 1 faktur dapat memiliki beberapa pembayaran
  • Klik “Buat Penerimaan”.

2. Simpanan/Tabungan Anggota


Untuk mencatat simpanan/tabungan anggota, berikut hal-hal yang akan Anda lakukan:

Step 1. Mencatat Simpanan


  • Klik menu Pelanggan
  • Klik nama pelanggan yang memberikan simpanan. Jika Anggota belum terdaftar sebagai pelanggan, klik "Buat Pelanggan Baru".
  • Klik "Buat Credit Memo".
  • Isi tanggal penerimaan simpanan pada tanggal transaksi
  • Masukkan jumlah simpanan
  • Klik "Buat"

Macintosh HD:Users:ivanawidjaya:Desktop:Screen Shot 2015-12-21 at 7.27.23 PM.png

Step 2. Menarik Simpanan


  • Klik menu Pelanggan.
  • Klik nama pelanggan.
  • Pada daftar transaksi, di baris kredit memo yang akan ditarik, pilih tindakan Pengembalian Kredit Memo.
  • Isi tanggal penarikan, masukkan jumlah yang akan direfund (ditarik)
  • Klik "Buat Refund Kredit Memo".

3. Pembelian Barang Dagangan


  • Klik menu Pembelian.
  • Klik "Buat Pembelian Baru".
  • Isi form sesuai dengan penjelasan di Guide Book - Buat Pembelian
    (pada tag, isi jual-beli)

4. Penjualan Barang Dagangan


  • Klik menu Penjualan.
  • Klik "Buat Penjualan Baru".
  • Isi form sesuai dengan penjelasan di Guide Book - Buat Penjualan
    (pada tag, isi jual-beli)

5. Donasi


  • Klik menu Kas & Bank.
  • Klik "Kirim Uang".
  • Isi sesuai penjelasan di Guide Book - Kirim Uang
    (untuk akun deposit ke, pilih akun biaya/beban “Donasi”)

6. Pengeluaran Koperasi


7. Pembagian SHU


Untuk pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU), Anda dapat membuat jurnal penyesuaian di Jurnal.
Baca Guide Book - Buat Jurnal Umum

 

8. Laporan


Setelah Anda mencatat setiap transaksi di atas, Anda dapat melihat laporan sebagai berikut:

Back to Top