Koperasi Simpan Pinjam
Last updated by: Adi Permana
Untuk usaha koperasi simpan pinjam, Kami merekomendasikan Anda menggunakan paket Pro/Enterprise untuk memaksimalkan pencatatan pembukuan Anda.
Jenis Aktivitas Transaksi Koperasi Simpan Pinjam
-
Pinjaman Anggota (tagging: pinjaman)
-
Pembelian Barang Dagangan (tagging: jual-beli)
-
Penjualan Barang Dagangan (tagging: jual-beli)
-
Donasi (buat biaya)
-
Pengeluaran Koperasi (expense)
Untuk kasus pinjaman anggota, Anda dapat mencatatnya di Jurnal dengan beberapa langkah mudah berikut:
Untuk dapat mencatat pinjaman, pertama-tama Anda harus membuat produk “Pinjaman”:
- Klik Produk pada menu vertical di kiri;
- Klik “+Buat Baru" dan pilih "Produk Baru”;
- Isi Nama produk Pinjaman;
- Centang Saya Jual Produk Ini. Isi Akun Penjualan: akun sumber dana dengan tipe kas & bank;
- Klik “Buat Produk”;
Pastikan Anda sudah menggunakan paket Enterprise.
-
Klik menu Penjualan;
-
Klik "Buat Penjualan Baru";
-
Pada bagian kanan atas form, pilih Sales Order;
-
Pilih nama anggota dan produk Pinjaman.
-
Bila ada biaya admin & bunga:
-
Tambahkan produk “Biaya Admin” atau “Bunga”, isi jumlah total biaya admin/bunganya.
Note: Dapat ubah akun penjualan pada produk Bunga: Bunga Pinjaman; tipe: pendapatan -
Klik “Buat Penjualan”.
?
-
Klik Penjualan pada menu vertical di kiri;
-
Klik Tab Pemesanan Penjualan;
-
Klik nomor pemesanan;
-
Scroll ke bagian bawah halaman dan klik “Buat Penagihan”;
-
Periksa form pemesanan Anda dan jika sudah selesai, klik “Buat Penjualan”;
- Klik menu Penjualan.
- Klik nomor invoice yang akan dibayar (diangsur).
- Scroll ke bagian bawah halaman detail invoice, lalu klik tombol “Terima Pembayaran”.
- Pilih akun deposit (tipe kas & bank).
- Isi data pembayaran seperti tanggal, dan jumlah pembayaran;
Note: 1 faktur dapat memiliki beberapa pembayaran - Klik “Buat Penerimaan”.
Untuk mencatat simpanan/tabungan anggota, berikut hal-hal yang akan Anda lakukan:
- Klik menu Pelanggan
- Klik nama pelanggan yang memberikan simpanan. Jika Anggota belum terdaftar sebagai pelanggan, klik "Buat Pelanggan Baru".
- Klik "Buat Credit Memo".
- Isi tanggal penerimaan simpanan pada tanggal transaksi
- Masukkan jumlah simpanan
- Klik "Buat"
- Klik menu Pelanggan.
- Klik nama pelanggan.
- Pada daftar transaksi, di baris kredit memo yang akan ditarik, pilih tindakan Pengembalian Kredit Memo.
- Isi tanggal penarikan, masukkan jumlah yang akan direfund (ditarik)
- Klik "Buat Refund Kredit Memo".
- Klik menu Pembelian.
- Klik "Buat Pembelian Baru".
- Isi form sesuai dengan penjelasan di Guide Book - Buat Pembelian
(pada tag, isi jual-beli)
- Klik menu Penjualan.
- Klik "Buat Penjualan Baru".
- Isi form sesuai dengan penjelasan di Guide Book - Buat Penjualan
(pada tag, isi jual-beli)
- Klik menu Kas & Bank.
- Klik "Kirim Uang".
- Isi sesuai penjelasan di Guide Book - Kirim Uang
(untuk akun deposit ke, pilih akun biaya/beban “Donasi”)
- Klik menu Biaya.
- Klik "Buat Biaya Baru".
- Isi sesuai penjelasan di Guide Book - Buat Biaya
Untuk pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU), Anda dapat membuat jurnal penyesuaian di Jurnal.
Baca Guide Book - Buat Jurnal Umum
Setelah Anda mencatat setiap transaksi di atas, Anda dapat melihat laporan sebagai berikut: