Buku Petunjuk

Kontruksi

Updated at: June 05, 2018
Last updated by: Novina.fransisca

PT Baja Konstruksi adalah perusahaan kontraktor yang telah berpengalaman di bidang penyelesaian pembangunan jalan, perumahan dan gedung. Saat ini ada beberapa proyek yang sedang dijalani, salah satu diantaranya adalah pembangunan gedung ruko di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, yang dipesan oleh PT Mega Abadi. Pembayaran Honor Pekerja oleh perusahaan dibayarkan sebesar total pembayaran pertahapan kepada Mandor, kemudian Mandor lah yang mebayarkan kepada seluruh pekerja dibawah kontrol Mandor berdasarkan hari kerja. Adapun rincian proyek tersebut adalah sebagai berikut :

A. Profil Perusahaan

  • Nama : PT Baja Konstruksi
  • Alamat : Jl Kalibata Selatan No. 57A, Jakarta Selatan
  • NPWP/NPPKP : 213456789123456
  • No.Telpon : 021-7984978
  • No.Fax : 021-7984977
  • No.Rekening : BCA 1274543779

B. Informasi Proyek

  • Nama Proyek : Pembangunan 2 gedung ruko
  • Lokasi Proyek : Jl Fatmawati No 59 Jakarta Selatan
  • Hari Kerja : Senin - Sabtu
  • Nilai Proyek : Rp 5.358.581.200
  • Tahapan Pekerjaan :
    1. Pekerjaan Dinding
    2. Pekerjaan Lantai
    3. Pekerjaan Atap
  • Data Supplier :
    1. PT Bangun Jaya(Pekerjaan Dinding)
    2. PT Tripilar(Pekerjaan Lantai)
    3. PT Andaka Trijaya(Pekerjaan Atap)
  • Perincian Anggaran :

C. Informasi Lainnya

PT Mega Abadi Melakukan Transfer Dana untuk pembayaran jasa PT Baja Konstruksi secara bertahap, dengan komposisi sebagai berikut.

D. Transaksi

Perincian Kebutuhan Tenaga Kerja Untuk Setiap Pekerjaan:

  1. Pekerjaan Dinding : 1 orang Mandor, 5 orang Tukang dan 4 orang kenek
  2. Pekerjaan Lantai : 1 orang Mandor, 3 orang Tukang dan 2 orang kenek
  3. Pekerjaan Atap : 1 orang Mandor, 4 orang Tukang dan 3 orang kenek

Perincian Honor/Orang/Hari :

  • Mandor : Rp 1.000.000
  • Tukang : Rp 200.000
  • Kenek : Rp 100.000

Penyelesaian Kasus/Pengolahan Informasi Menggunakan “Jurnal”

  1. Tahap Setup Data Awal
  2. Tahap Penerimaan Uang Muka
  3. Tahap Pembelian Bahan Bangunan
  4. Tahap Pembayaran Termin
  5. Tahap Pembayaran Honor Tenaga Kerja
  6. Tahap Pelunasan
     

1. Tahap Setup Data Awal
 

  1. Input Profil Perusahaan
    • Pilih Settings pada menu sebelah kiri.
    • Input Informasi Perusahaan pada form yang telah disediakan.
    • Setelah menginput informasi perusahaan, klik tombol “Ubah” untuk menyimpan.

       
  2. Input data pelanggan “PT Mega Abadi”.
    • Pilih Pelanggan pada menu di sebelah kiri.
    • Pilih tombol “Buat Pelanggan Baru”
    • Input Informasi Pelanggan pada form yang telah disediakan.
    • Setelah selesai menginput data pelanggan, klik tombol “Buat Pelanggan Baru” untuk menyimpan.

       
  3. Input Data Supplier
    • Pilih Supplier pada menu vertikal di sebelah kiri.
    • Klik tombol “Buat Supplier Baru”
    • Input informasi supplier pada form yang telah disediakan.

       
    • Setelah selesai menginput data supplier, klik “Buat Supplier Baru”

    *lakukan seperti langkah di atas untuk menginput data supplier lainnya

  4. Input Data Produk berikut.
    • Bahan Bangunan Gedung Ruko A
    • Bahan Bangunan Gedung Ruko B
    • Hari Kerja Mandor Gedung Ruko A
    • Hari Kerja Mandor Gedung Ruko B
    • Hari Kerja Tukang Gedung Ruko A
    • Hari Kerja Tukang Gedung Ruko B
    • Hari Kerja Kenek Gedung Ruko A
    • Hari Kerja Kenek Gedung Ruko B

    Untuk menginput data produk, bisa mengikuti cara berikut.

    • Pilih Produk pada menu di sebelah kiri.
    • Klik “ Buat Produk Baru”
    • Input Informasi Produk pada form yang telah disediakan. Misalkan produk pertama, Bahan Bangunan Gedung Ruko A
    • Setelah selesai kllik “Buat Produk Baru”

    *Lakukan Langkah 1-4 hingga semua produk berhasil dibuat

  5. Buat Akun
    • Pendapatan Pembangunan Ruko A (Kategori Pendapatan)
    • Pendapatan Pembangunan Ruko B (Kategori Pendapatan)
    • Biaya Bahan Bangunan Gedung Ruko A (Kategori Beban)
    • Biaya Bahan Bangunan Gedung Ruko B (Kategori Beban)
    • Beban Honor Mandor (Kategori Beban)
    • Beban Honor Tukang (Kategori Beban)
    • Beban Honor Kenek (Kategori Beban)

    Untuk menambah daftar akun baru, ikuti cara berikut:

    • Klik Daftar Akun pada menu di sebelah kiri
    • Pilih tombol “Buat Akun Baru”
    • Input Nama Akun pada form yang telah disediakan
    • Setelah selesai, klik tombol “Buat Akun”

    *Lakukan Langkah 1-4 hingga semua akun berhasil dibuat
     

2. Tahap Penerimaan Uang Muka

  • Klik Penjualan pada menu di sebelah kiri.
  • Klik “Buat Penjualan Baru”
  • Input Transaksi Penjualan pada form yang telah disediakan
  • Pada tahapan uang muka isikan nominal uang muka.*Field Uang Muka akan muncul jika telah diaktifkan melalui menu Settings > Tab Penjualan > Centang Uang Muka
  • Klik tombol “Buat Penjualan Baru” untuk menyimpan.

     

3. Tahap Pembelian Bahan Bangunan

  • Klik Pembelian pada menu di sebelah kiri.
  • Klik tombol “Buat Pembelian Baru”
  • Input Transaksi Pembelian tanggal 01 Mar 2017 untuk Supplier PT Bangun Jaya.
  • Klik tombol “Buat Pembelian Baru” untuk menyimpan.
  • Untuk Pembelian Bahan bangunan pada tahap berikutnya.
  • Pilih Faktur Pembelian yang terbentuk atas transaksi pembelian sebelumnya.
  • Pilih Tombol “Tindakan”
  • Pilih Duplikat Transaksi
  • Lakukan perubahan informasi yang diperlukan pada form yang telah disediakan
  • Klik tombol "Buat Pembelian"

4. Tahap Pembayaran Termin

  • Klik Penjualan pada menu di sebelah kiri.
  • Pilih Invoice 10001
  • Dari tampilan yang muncul pilih tombol “Tindakan”, pilih terima pembayaran seperti tampilan berikut.
  • Isikan informasi pembayaran termin I dari PT Mega Abadi sebesar Rp. 1,875,503,420
  • Pilih tombol “Buat Penerimaan”

5. Tahap Pembayaran Honor Tenaga Kerja

  • Pada Form Pembelian isikan informasi pembelian tenaga kerja seperti berikut.

     
  • Pilih tombol “Buat Pembelian”

     
  • Kemudian pada tampilan berikut, pilih tombol “Tindakan” lalu pilih kirim pembayaran
  • Kemudian isikan informasi pembayaran seperti tampilan berikut, lalu pilih tombol “Buat Pembayaran”

    *Lakukan Langkah ini untuk pembayaran honor pada tahap lainnya

6. Tahap Pelunasan

  • Klik Penjualan pada menu di sebelah kiri.
  • Pilih Invoice 10001
  • Dari tampilan yang muncul pilih tombol “Tindakan” pilih terima pembayaran seperti tampilan berikut.
  • Isikan informasi pelunasan dari PT Mega Abadi sebesar Rp. 2.000.000.000
Back to Top