Buku Petunjuk

Overpayment

Updated at: June 24, 2019
Last updated by: Sally Kie

Definisi


Jika Anda mengalami kelebihan pembayaran (overpayment) pada faktur penjualan atau pembelian Anda, kelebihan pembayaran itu akan tercatat sebagai kredit memo di Jurnal.

Untuk mencatat kelebihan pembayaran ini, fitur tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk menghubungi tim support kami jika Anda ingin menggunakan fitur tersebut.

Pada bagian ini, Kami akan mencontohkan cara mencatat penjualan/pembelian yang mengalami kelebihan pembayaran.

Kasus:
Anda menjual produk XXX pada tanggal 3 Januari 2016, seharga Rp 5.000.000 kepada Pelanggan A. Pada saat Anda memberikan tagihan, Pelanggan A membayar Anda pada tanggal 2 Februari 2016 sebesar Rp 10.000.000, sehingga ada kelebihan pembayaran oleh Pelanggan A sebesar Rp 5.000.000.

Mencatat Pembayaran


Berikut akan kami contohkan kasus kelebihan pembayaran pada invoice penjualan. Asumsikan Anda telah membuat invoice penjualan dengan transaksi sebesar Rp 5.000.000. Lihat cara membuat invoice penjualan di sini.

Untuk mencatat pembayaran yang Anda terima untuk faktur tersebut, Anda dapat:

  1. Klik menu Pelanggan;
  2. Klik nomor faktur penjualan;
  3. Scroll ke bawah dan klik Tindakan > Terima Pembayaran;
  4. Setelah itu, Anda akan mengisi form terima pembayaran.

Isi Form Terima Pembayaran


  1. Pilih ke akun mana pembayaran akan disetor.

  2. Pilih cara pembayaran yang digunakan pelanggan A untuk membayar.

  3. Pilih tanggal pembayaran oleh pelanggan A.

  4. Masukkan jumlah yang dibayar. Seperti contoh kasus di atas, pelanggan A membayar Rp 10.000.000. Isi dengan angka sesuai jumlah tersebut.

  5. Klik "Buat Penerimaan" untuk menyelesaikan proses terima pembayaran.

  6. Setelah tersimpan, maka pada saat Anda membuka kembali faktur tersebut dari menu Penjualan, dan klik nomor faktur tersebut, Anda akan melihat kredit memo yang dibuat secara otomatis oleh sistem untuk faktur tersebut.

Pada faktur tersebut, kelebihan pembayaran oleh pelanggan A tercatat sebagai kredit memo sebesar Rp 5.000.000. Kredit memo tersebut dapat digunakan untuk penjualan berikutnya untuk mengurangi jumlah tagihan pada faktur penjualan atau dapat direfund. Klik nomor kredit memo tersebut untuk menggunakan/refund kredit memo.

Note:

  • Anda juga dapat melakukan pencatatan kelebihan pembayaran pada invoice dan pemesanan pembelian Anda dengan mengikuti cara di atas melalui menu Pembelian.

  • Lihat penjelasan mengenai cara menggunakan/merefund kredit memo di Guide Book - Gunakan/Refund Kredit Memo.

Back to Top