Buku Petunjuk

Jurnal Payment - Cara Aktivasi

Updated at: August 10, 2018
Last updated by: Novina.fransisca

Jurnal Pay adalah fitur yang memungkinkan pelanggan Anda untuk melunasi pembayaran tagihan secara online. Pelunasan tagihan dapat melalui Virtual Account dan Kartu Kredit. 
 

Jika pelanggan membayar via virtual account, maka pembayaran akan diterima oleh Anda setelah 1*24 jam (1 hari) dari tanggal pembayaran dan dipotong biaya sebesar Rp 4.900. Namun jika pelanggan membayar via kartu kredit, maka pembayaran akan diterima oleh Anda setelah 7*24 jam (7 hari) dari tanggal pembayaran dan dipotong biaya sebesar 3% dari total + Rp 2.200.
 

Ketika pembayaran telah dilakukan oleh pelanggan, maka nominal pembayaran akan tersimpan pada akun Jurnal Payment Service Escrow Anda. Saldo ini akan secara otomatis dipindahkan ke akun rekening bank yang telah Anda daftarkan setelah jangka waktu yang ditentukan.

 

Aktivasi Fitur Jurnal Pay


Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu Add-ons Jurnal. Berikut panduan penggunaannya.
 

  1. Klik Add-ons pada menu di sebelah kiri.?

  2. Klik "Visit Jurnal App Store" pada bagian kanan atas halaman di atas.
  3. Klik "Install" pada bagian Jurnal Pay seperti gambar di atas.

  4. Klik "Install".

  5. Klik "Izinkan".
  6. Klik "Buka".
  7. Klik "Atur Pembayaran Sekarang".
  8. Isikan informasi untuk Jurnal Pay Anda berupa:

    a. nama perusahaan: akan ditampilkan sebagai nama rekening virtual account;

    b. email perusahaan: akan ditampilkan sebagai informasi email yang digunakan untuk berkomunikasi dengan Jurnal mengenai tagihan;

    c. nama bank: bank yang akan digunakan untuk menerima/mencairkan pembayaran yang telah diterima dari akun tampungan Jurnal;

    d. nama akun: nama pemilik rekening bank seperti yang dijelaskan pada poin c;

    e. nomor akun: nomor rekening bank seperti yang dijelaskan pada poin c;

    f. setor ke rekening di Jurnal: akun kas/bank di Jurnal yang akan digunakan untuk mencatat pembayaran/pencairan dana dari transaksi Jurnal Payment (point c);


    g. akun biaya: akun yang digunakan untuk mencatat biaya tambahan transaksi menggunakan virtual account/kartu kredit.

     
  9. Jika Anda memang menyediakan 2 metode pembayaran, Anda dapat mengaktifkan Virtual Account dan Kartu Kredit dengan mengklik tombol seperti gambar di atas. Anda juga dapat melihat detil dari pengaturan pembayaran yang sudah diisi seperti pada poin 8 dengan mengklik "Payment Setup".

 

Jika pembayaran telah dilakukan, maka akan tercatat 2 transaksi yaitu Receive Payment dan Bank Transfer. Misalkan Anda mengirimkan tagihan sebesar Rp 10.000 kepada pelanggan, maka jurnal yang terbentuk pada kedua transaksi tersebut adalah:

 

  1. Jurnal Receive Payment

    Ini adalah jurnal yang terbentuk secara otomatis ketika ada pembayaran oleh pelanggan. Karena tagihan sebesar Rp 10.000 dan metode pembayaran yang dipilih adalah virtual account, maka penerimaan yang diterima setelah pemotongan biaya pembayaran adalah Rp 5.100.

    DR Jurnal Payment Service Escrow           Rp 5.100
    DR Biaya Pembayaran .                             Rp 4.900
    CR Receivable                                                            Rp 10.000
    *Penerimaan sementara di akun Jurnal Payment Service Escrow ini akan dipotong dengan biaya pembayaran sesuai dengan pemilihan metode pembayaran antara virtual account atau kartu kredit.
     
  2. Jurnal Bank Transfer

    Ini adalah jurnal yang terbentuk secara otomatis ketika pencairan ke akun rekening bank Anda sudah dilakukan. Karena menggunakan virtual account, pencairan dana adalah setelah 1*24 jam.

    DR Rekening Bank                                     Rp 5.100
    CR Jurnal Payment Service Escrow                          Rp 5.100

*Jika nominal transaksi di bawah Rp 10.000, maka nominal ini akan ditangguhkan sementara sampai mencapai minimal Rp 10.000. Hal ini dikarenakan pencairan dana via transfer bank baru dapat dilakukan setelah nominal transaksi mencapai Rp 10.000 

 

Baca juga:

Cara melunasi tagihan dengan virtual account/kartu kredit

Cara mengirimkan email penagihan

Back to Top