Buku Petunjuk

Jurnal Payment - Bayar Tagihan dengan Virtual Account dan Kartu Kredit

Updated at: April 30, 2019
Last updated by: Sally

Setelah Anda mengaktifkan Add-Ons Jurnal Pay, maka pelanggan Anda sudah dapat melakukan pembayaran secara online.

Untuk memulai, Anda perlu mengirimkan email atau link tagihan terlebih dahulu kepada pelanggan Anda melalui fitur email ataupun link faktur di Jurnal.

Selanjutnya, pelanggan dapat mengikuti langkah berikut untuk melakukan pembayaran secara online:

  1. Apabila melalui email, maka pelanggan akan memperoleh email dengan tampilan seperti berikut. Klik ”Bayar Sekarang” untuk melunasi tagihan tersebut atau klik pada file Sales Invoice untuk melihat tagihan;

    Notes : Tombol “Bayar Sekarang” hanya akan muncul apabila nominal invoice mencapai Rp. 10.000 atau lebih. Jika nominal invoice dibawah Rp. 10.000, maka pelanggan Anda tidak dapat melakukan pembayaran dengan Jurnal Pay.

  2. Setelah klik “Bayar Sekarang” , akan tampil halaman pembayaran berikut. Pelanggan dapat memeriksa kembali tagihan yang diperoleh:
    • Klik ”Lihat Detail”untuk melihat tagihan yang diperoleh, atau
    • Klik ”Download Invoice” untuk mengunduh tagihan dalam bentuk pdf;
       
  3. Pelanggan dapat langsung memilih metode pembayaran yang diinginkan. Jurnal Pay menyediakan 2 metode pembayaran yang dapat dipilih, yaitu Transfer Bank atau Kartu Kredit
  4. Klik ”Transfer Bank”, lalu pilih Bank yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran seperti berikut;

    Anda dapat melakukan pembayaran melalui bank BCA, BNI, Mandiri atau BRI seperti yang tertera pada gambar di atas, misalnya pilih Mandiri;

    *Notes: Pelanggan juga bisa melakukan pembayaran melalui bank lainnya di luar bank yang telah disebutkan di atas dengan memilih bank BNI atau BRI terlebih dahulu, kemudian pilih petunjuk ”dari Mobile Banking Lainnya”.

  5. Selanjutnya, Anda akan melihat petunjuk pembayaran berikut;
    • Sistem akan menampilkan Nomor Rekening Virtual Account yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan. Pelanggan dapat langsung melakukan transfer ke Virtual Account tersebut;
    • Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan pembayaran melalui metode lainnya dengan mempelajari petunjuk yang telah disediakan.
       
  6. Pelanggan dapat klik pada “Pilih metode lain” untuk kembali ke tampilan sebelumnya bila ingin mengubah bank atau metode pembayaran;
  7. Jika pelanggan Anda membayar dengan Kartu Kredit, maka klik”Kartu Kredit” dan isi informasi kartu kredit yang digunakan, lalu klik Lanjutkan;

     
  8. Setelah pembayaran, pelanggan dapat menutup halaman ini dengan atau tanpa “konfirmasi pembayaran”. Sistem Jurnal dapat langsung mendeteksi pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan Anda dan mencatat pembayaran tersebut di akun Jurnal Anda secara otomatis, sehingga tagihan langsung dianggap lunas seperti berikut;

     
  9. Jika sudah melakukan pelunasan, maka pelanggan akan mendapatkan email bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan. Pelanggan dapat kembali melihat transaksi pembayaran dengan klik pada “Lihat transaksi pembayaran”.

Baca juga:
Cara aktivasi Jurnal Payment
Cara mengirim email penagihan penjualan

Back to Top