Buku Petunjuk

Jurnal Payment - Bayar Tagihan dengan Virtual Account dan Kartu Kredit

Updated at: January 15, 2019
Last updated by: Sally

 

Setelah Anda mengaktifkan fitur Jurnal Payment, maka ketika Anda mengirimkan tagihan kepada pelanggan Anda, mereka sudah dapat membayar tagihan tersebut secara online.

 

  1. Sebagai contoh, Anda mengirimkan email tagihan kepada pelanggan Anda melalui fitur email di Jurnal seperti ini.

     
  2. Kemudian, di sisi pelanggan Anda akan melihat email seperti berikut.

     
  3. Pelanggan Anda dapat klik "Bayar Online Sekarang" untuk melunasi tagihan tersebut. Setelahnya, pelanggan Anda masih dapat mereview kembali tagihannya seperti gambar berikut.

    Notes : Tombol “Bayar Sekarang” hanya akan muncul apabila nominal invoice mencapai Rp. 10.000 atau lebih. Jika nominal invoice dibawah Rp. 10.000, maka pelanggan Anda tidak dapat melakukan pembayaran dengan Jurnal Pay.
     

  4. Untuk memproses pembayaran, pelanggan Anda dapat klik "Bayar Sekarang". Setelah itu, akan muncul 2 metode pembayaran yang dapat dipilih, yaitu Virtual Account atau Kartu Kredit. Lihat contoh gambar berikut.


     
  5. Jika pelanggan Anda memilih pembayaran dengan Virtual Account, maka mereka dapat memilih untuk mentransfer pembayaran dengan bank BNI, Mandiri atau BRI seperti contoh gambar di bawah ini.
    *jika diluar bank bni dan mandiri, pelanggan dapat memilih salah satunya saja dan melakukan transfer dari bank lainnya.


    Ketika sudah memilih salah satu bank, maka pelanggan Anda akan melihat informasi virtual account yang telah Anda setup sebelumnya seperti gambar di bawah ini.


    Pada tahap ini, pelanggan dapat langsung membayar tagihan dengan melakukan transfer ke nomor virtual account yang tertera.
     
  6. Jika pelanggan Anda membayar dengan kartu kredit, maka pilih Kartu Kredit dan isi informasi kartu kredit. 


     
  7. Setelah pembayaran, pelanggan Anda dapat menutup halaman ini dengan atau tanpa konfirmasi pembayaran. Sistem Jurnal dapat langsung mendeteksi pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan Anda dan mencatat pembayaran tersebut di akun Jurnal Anda secara otomatis, sehingga tagihan Anda langsung dianggap lunas.
     
  8. Jika sudah melakukan pelunasan, maka pelanggan Anda akan mendapatkan email bahwa pembayaran telah berhasil dilakukan.
     

Baca juga:

Cara aktivasi Jurnal Payment

Cara mengirim email penagihan penjualan

Back to Top